Sponsors Link

6 Fungsi Obat Batuk Ambroxol yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sponsors Link

Ambroxol merupakan sebuah obat golongan mukolitik, alias salah satu obat batuk dengan fungsi untuk mengencerkan dahak yang banyak serta kental hingga membuat saluran pernapasan menjadi tersumbat. Penggunaan obat batuk Ambroxol akan membuat dahak menjadi lebih encer hingga mempermudah proses pengeluaran dahak dari tenggorokan melalui batuk. Kondisi ini juga akan membuat pengguna Obat Batuk Ambroxol merasakan kemudahan pada waktu bernapas karena pipa saluran pernapasan lebih terbuka dan tak ada lagi penyumbatan di saluran pernapasan.

ads

 Fungsi Obat Batuk Ambroxol

Selain sebagai obat untuk mengatasi penyebab batuk berdahak, obat batuk Ambroxol umumnya digunakan untuk beberapa kondisi tertentu. Adapun fungsi obat batuk Ambroxol ialah sebagai berikut :

  1. Mengencerkan Batuk Bedahak

Seperti yang sudah dikatakan diawal, fungsi obat batuk Ambroxol yang pertama ialah sebagai cara mengobati batuk berdahak dengan cara mengencerkan dahak supaya lebih mudah dikeluarkan melalui batuk. Encernya dahak yang dikeluarkan melalui batuk menjadikan saluran pernapasan menjadi lega, ini dikarenakan tak ada lagi penyumbatan di saluran pernapasan.

  1. Mengobati Penyakit Bronkitis

Selain digunakan sebagai cara ampuh mengatasi batuk, fungsi obat batuk Ambroxol adalah mengobati penyakit Bronkitis. Bronkitis merupakan peradangan yang menyerang bronkus alias saluran utama pernapasan.

Brokus  merupakan saluran yang berfungsi membawa udara masuk dan keluar dari paru-paru. Orang yang terjangkit bronkitis biasanya memiliki gejala seperti munculnya batuk yang berlangsung dalam waktu satu minggu atau lebih, disertai dengan lendir menebal. Lendir pada penderit Bronkitis ini bisa berubah warna. Bila batuk berdahak hijau mulai muncul sebaiknya langsung menghubungi dokter.

  1. Bronkitis Asmatik

Bronkitis Amatik merupakan kondisi gabungan antara dua penyakit yaitu bronkitis akut dan juga asma. Kedua penyakit ini terjadi karena adanya peradangan pada bronkus, peradangan ini mengakibatkan terganggunya proses pernapasan dan menyebabkan adanya sesak napas.

Umumnya penderita Bronkitis Asmatik akan memiliki gejala-gejala seperti berikut ini :

  1. Sebagai Obat Emfisema

Berbeda dengan cara mengobati flu, Emfisema merupakan penyakit di bagian paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Emfisema ialah salah satu bentuk umum dari PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Penyakit Emfisema ini terjadi para waktu paru-paru mengalami pelebaran saluran karena adanya sumbatan yang terjadi dalam waktu yang lama (lebih dari satu tahun). Penyakit ini memiliki gejala sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Kesulitan untuk bernapas
  • Adanya batuk sebagai tanda awal
  • Tubuh menjadi kelelahan
  • Bagian dada terlihat menyerupai tong/barel.
  • Adanya Sianosis
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh.
  1. Sebagai Obat Bronkiektasis

Fungsi obat batuk Ambroxol selanjutnya biasanya digunakan sebagai obat Bronkiektasis. Berbeda dengan penyebab batuk alergi, Bronkiektasis merupakan kerusakan pada saluran bronkus yang membuat paru-paru menjadi melebar, melembek, serta menebal secara tidak normal. Kondisi ini membuat paru-paru kesulitan dalam membersihkan lendir yang ada didalamnya.

  1. Digunakan untuk Obat Tracheobronchitis

Bukan hanya mengatasi batuk baerdahak, fungsi obat batuk Ambroxol ialah mengobati penyakit Tracheobronchitis. Penyakit ini merupakan kondisi dimana saluran tenggorokan atau bronkus mengalami peradangan. Umumnya, Tracheobronchitis disebabkan adanya infeksi bakteri atau pun virus, penyakit ini juga bisa disebabkan karena iritasi, misalnya asap rokok.

Demikian beberapa fungsi dari obat batuk ambroxol yang bisa anda ketahui banyak agar penyakit batuk anda bisa segera anda obati.

, , ,




Oleh :
Kategori : Obat Obatan