Sponsors Link

Fungsi Obat Batuk Benadryl yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sponsors Link

Benaryl merupakan golongan obat anihistamin. Antihistamin sendiri merupakan golongan obat yang digunakan untuk mencegah atau meringankan gejala demam dan jenis-jenis alergi lainnya. Selain tergolong obat antihistamin obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi serta menyembuhkan jenis-jenis batuk.

ads

Fungsi Obat Batuk Benadryl

Obat Batuk Benadryl sendiri memiliki dua varian, yaitu Benadryl original dan Benadryl batuk berdahak. Deri keduanya itu memiliki khasiatnya masing-masing dalam mengatasi  keluhan gangguan kesehatan pada saluran pernapasan. Berikut ini merupakan Fungsi Obat Batuk Benadryl, diantarnya:

  1. Benadryl original

Fungsi Obat Batuk Benadryl original ini digunakan sebagai cara ampuh mengatasi batuk. Benadryl  Origial memiliki kandungan zat aktif berupa Diphenhnydramine HCL dan Ammonium Chloride, dari komposisi keduanya tentunya mempunyai fungsi dan cara kerjanya masing-masing, berikut merupakan penjelasannya :

  • Diphenhnydramine HCL dapat digunakan untuk meredakan serta mengatasi alergi pada tubuh, misalnya mata merah, mata iritasi, mata gatal, dan juga mata berair. Bukan itu saja, bahan aktif ini juga dapat berfungsi dalam mengatasi bersin-bersin, pilek, serta batuk karena adanya iritasi tenggorokan ringan mau pun saluran pernapasan. Diphenhnydramine HCL juga tergolong sebagai obat antihistamin, obat dengan cara kerja untuk menghentikan atau memblokir aksi histamine, yaitu zat kimia alami yang terdapat dalam tubuh yang bisa mengakibatkan gejala alergi.
  • Ammonium Chloride merupakan salah satu bahan yang difungsikan untuk kandungan obat batuk. Ammonium Chloride ini memiliki efek ekspetoran.
  1. Benadryl Batuk Berdahak

Sesuai namanya fungsi Obat Batuk Benadryl Batuk Berdarah yaitu untuk meredakan batuk yang disertai dengan dahak. Benadryl Batuk Berdarah memiliki kandungan zat aktif berupa Bromhexine HCL dan Guaifenesin. Dari komposisi keduanya tentunya mempunyai fungsi dan cara kerjanya masing-masing, berikut merupakan penjelasannya :

  • Bromhexine HCL merupakan obat mukolitik yang memiliki kandungan kimia rendah, berfungsi untuk membantu meringankan serta meredakan penyebab batuk berdahak dengan cara menipiskan dahak pada saluran pernapasan.
  • Guaifenesin merupakan obat yang dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan dahak karena gangguan pada saluran pernapasan misalnya flu dan bronkitis. Obat ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak pada saluran pernapasan, alhasil pernapasan pun menjadi lega karena penyebab hidung tersumbat pun hilang.

Dosisi Penggunaan Obat Batuk Benadryl

Untuk memperoleh fungsi obat batuk Benadryl anda sebaiknya mengonsumsi obat batuk ini sesuai dengan anjuran atau resep dokter, adapun dosis yang umum digunakan untuk obat batuk Benadryl yaitu :

  • Obat Batuk Benadryl original, bagi usia diatas 12 tahun yaitu 10 ml (2 sendok takar). Untuk anak usia 6 hingga 12 tahun adalah 5 ml (1 sendok takar), atau sesuai dengan arahan dokter dan jangan melebihi memberikan dosis lebih dari 4 kali sehari. Minum obat ini setiap 4 jam sekali.
  • Obat Batuk Benadryl Batuk Berdarah, dosis untuk dewasa serta anak diatas 12 tahun yaitu 10 ml diberikan 3 kali sehari. Bagi anak usia 6 hingga 12 tahun adalah 5 ml diberikan sebanyak 3 kali sehari. Untuk anak usia 2 hingga 6 tahun diberikan 3,5 ml tiga kali sehari, dan bagi anak di bawah usia 2 tahun harus melalui resep dokter.
  • Resep terbaik berasal dari dokter, karena sudah disesuaikan dengan kondisi yang Anda miliki.

Fungsi Obat Batuk Benadryl dan dosis penggunanya sudah dijelaskan, untuk terhindar dari batuk ada baiknya menghindari makanan penyebab batuk berdahak dan makanan penyebab suara serak karena batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan