Sponsors Link

4 Fungsi Obat Batuk Dextral yang Ampuh untuk Batuk

Sponsors Link

Batuk merupakan sebuah situasi dimana saluran pernapasan terganggu baik itu karena virus, bakteri, maupun iritan lainnya. Batuk sendiri merupakan pertahanan alami tubuh dalam membersihkan dan melawan infeksi ataupun bakteri dengan cara mengeluarkannya melalui saluran pernapasan. Batuk memang menjadi salah satu penyakit yang dikatagorikan dapat sembuh dengan sendirinya alias self limiting disease. 

Akan tetapi batuk kerapkali menjadi sebuah situasi yang cukup menganggu bagi sebagian orang. Maka itu perlu kiranya memberikan penanganan atau pengobatan, salah satu cara ampuh mengatasi batuk yaitu memanfaatkan fungsi obat batuk dextral. Dextral sendiri merupakan obat dengan kombinasi zat aktif berupa Dekstrometorfan HBr, Gliseril Guaiacolate, Klorfenirain Maleat, serta Fenilpropanolamin HCl yang sudah terbukti dalam meredaka batuk. Obat buatan Molex Ayus Pharmaceutical ini tersedia dalam bentuk tablet, tablet forte dan juga sirup.

Fungsi Obat Batuk Dextral

Selaih buah apel menghilangkan batuk, seperti yang sudah disebutkan tadi, fungsi obat batuk dextral adalah meredakan batuk. Bukan itu saja obat ini juga dapat mengatasi gejala-gejala lain yang biasanya menyertai penyakit gangguan saluran pernapasan itu, berikut merupakan penjelasannya:

  1. Mengatasi Batuk Kering

Tak jauh berbeda dengan khasiat lemon untuk batuk, fungsi Obat Batuk Dextral berikutnya yaitu megatasi serta meredakan batuk kering, hal ini tak bisa dilepaskan peran dari zat aktif berupa Dekstrometorfan HBr yang bekerja dengan menekan atau menghambat keinginan untuk batuk langsung dari pusat batuk yang berada pada otak. Kendati begitu, bagi anda yang memiiki batuk jangka panjang karena penyakit asma maupun kebiasaan merokok tidak disarankan mengkonsumsi obat ini. Dan berikut merupakan cara mengobati asma.

  1. Mengencerkan Dahak

Obat batuk Dextral memiliki kandungan berupa Gliseril Guaiacolate yang tergolong sebagai obat batuk ekspektoran dengan sistem kerja mengencerkan dahak pada bagian trakhea dan bronki, sekaligus merangsang dahak untuk dikeluarkan melalui faring.

  1. Mengatasi Batuk Alergi

Selain mampu mengatasi batuk kering dan juga mengencerkan dahak fungsi obat batuk dextral selanjutnya ialah mengatasi batuk alergi yang umumnya ditandai dengan gatal di bagian tenggorokan, hidung tersumbat, bersin-bersin, mata berair, terjadinya pembengkakan di bagian tertentu, serta ruam pada kulit. Hal tersebut dikarenakan Dextral memiliki kandungan berupa Klorfenirain Maleat, termasuk obat golongan Antihistamin yang dikenal mampu mengatasi masalah alergi.

  1. Mengatasi Hidung tersumbat

Obat Dextral juga dikenal mampu mengatasi penyebab hidung tersumbat, iritasi sinus, serta penyumbatan saluran nafas lainnya. Ini dikarenakan kandungan Fenilpropanolamin HCl yang bekerja dengan cara menyusutkan pembuluh darah di bagia hidung, saluran penapasan di paru-paru dan juga sinus. Dextral juga dikenal mampu mengobati hidung tersumbat karena influenza, meredakan pilek sekaligus juga mengatasi penyebab influenza. Berikut merupakan cara mengobati flu.

Efek Samping Dextral

Tak jauh berbeda dengan obat kimia lainnya, selain memiliki fungsi obat batuk Dextral, obat satu ini juga mempunyai efek samping yang biasanya terjadi, berikut merupakan penjelasannya:

  • Mengantuk
  • Adanya gangguan pencernaan
  • Adanya gangguan psikomotor
  • Tekikardia alias detak jantung menjadi lebih cepat
  • Gangguan detak atau irama jantung atau juga disebut dengan Aritmia
  • Mulut terasa kering
  • Sulit buang air kecil atau dalam bahas medis disebut dengan Retensi urin

Tak semua pengguna Dextral mengalami efek samping seperti diatas, bila anda mengalami situasi mengkhawatirkan serta keadaan batuk menjadi kian memburuk, langsung saja hubungi dokter supaya mendapatkan pertolongan medis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan