Sponsors Link

4 Fungsi Obat Batuk Epexol yang Ampuh Mengatasi Gangguan Pernapasan

Sponsors Link

Epexol merupakan obat yang umumnya difungsikan untuk mengobati gangguan kesehatan yang terjadi pada bagian pernapasan, baik akut maupun kronis. Obat ini memiliki kandungan berupa Ambroksol yang bertugas sebagai monografik obat. Penggunaan obat Epexol tergolong ke dalam kelas terapi mukolitik ini berfungsi sebagai cara menghilangkan dahak dengan mengencerkan mucus (dahak) pada kondisi batuk disertai dengan dahak kental.

ads

Epexol memiliki tiga varian yang dijual dipasaran, yaitu Epexol tablet, Epexol sirup, dan Epexol drop. Obat ini termasuk golongan obat resep yang harus melalui saran dokter untuk dapat menggunakannya.

Fungsi Obat Batuk Epexol

Kandungan zat aktif berupa Ambroxol memiliki fungsi obat batuk Epexol sebagai agen mukolitik alias pengencer dahak yang sudah terbukti secara klinis. Obat ini berkerja dengan cara memecah serat-serat mukopolisakarida yang menjadi penyebab dahak kental. Kondisi itu, akan membuat dahak yang kental menjadi longgar dan juga encer sehingga mudah dikeluarkan melalui batuk.

Selain itu, kandungan ambroxol dalam obat batuk Epexol juga mampu meningkatkan produksi surfaktan yang memiliki peran penting dalam membersihkan patogen atau kuman lainnya yang bersarang pada saluran pernapasan. Fungsi Obat Batuk Epexol ini juga memperkuat rambut halus pada broncus (silia) yang mempunyai peran menggerakkan kotoran-kotoran pada saluran nafas kemudian mengeluarkannya.

Bukan itu saja, salah satu hal baik dari fungsi obat batuk Epexol yaitu, ambroxol yang terkadung dalam obat ini bekerja dengan cara tidak menekan batuk, alhasil kerja obat ini tak mengganggu respon batuk alami tubuh. Mekanisme inilah yang membuat dasar, obat batuk Epexol digunakan untuk mengatasi serta meredakan penyebab batuk berdahak.

Selain mampu mengatasi batuk berdahak, obat Epexol juga dapat difungsikan untuk meringankan batuk berdahak pada penyakit saluran pernapasan, misanya bronkitis, bronkiektasis, emfisema, asma bronkial dan lainnya. berikut merupakan penjelasannya :

  1. Meringankan Batuk Berdahak Karena Bronkitis

Fungsi Obat Batuk Epexol adalah mengatasi batuk berdahak dikarenakan bronkitis. Penyakit bronkitis atau juga dikenal dengan sebutan flu dada adalah peradangan pada bagian saluran pernapasan yang berada pada bagian paru-paru. Bronkitis disebabkan karena virus, sama halnya virus penyebab flu. Tak jarang flu juga dapat menyebabkan bronkitis akut.

Penyakit Bronkitis memiliki dua macam, dan berikut merupakan penjelasannya :

  • Bronkitis akut. penderita Bronkitis jenis ini biasanya bisa pulih dalam waktu beberapa hari saja, namun akan mengalami batuk yang dapat berlangsung lebih dari beberapa minggu.
  • Bronkitis kronis, bronkitis ini merupakan kondisi batuk disertai dahak yang sudah terjadi berhari-hari dan berlangsung cukup lama, minimal 3 bulan selama 2 tahun berturut-turut. Penyakit bronkitis kronis ini menjadi salah satu penyabab Penyakit Gangguan Paru-Paru Obstruktir Kronis (PPOK).
  1. Meringankan Batuk Berdahak Karena Bronkiektasis

Bronkiektasis merupakan gangguan kesehatan dimana saluran bronkus pada paru-paru mengalami kerusakan, pelebaran, dan penebalan secara permanen. Kejadian ini bisa terjadi lebih dari satu cabang bronkus.

Kerusakan pada bronkus ini menjadi penyebab adanya bakteri dan cairan mucus menjadi lebih mudah berkumpul yang dapat memicu adanya penyumbatan saluran udara. Penderita Bronkiektasis akan lebih mudah terpapar infeksi bakteri yang dapat membuat kerusakan bronkus menjadi lebih parah.

  1. Meringankan Batuk Berdahak karena Emfisema

Emfisema merupakan gangguan kesehatan yang sangat umum menyerang penderita Penyakit Gangguan Paru-Paru Obstruktir Kronis (PPOK). Penyakit Emfisema ini merusak kantung-kantung udara alias alveoli yang terdapat di dalam paru-paru, kerusakan ini menjadikan alveoli menjadi kehilangan elastisitasnya secara permanen.

  1. Meringankan Batuk Berdahak karena Asma Bronkial

Fungsi Obat Batuk Epexol berikutnya adalah meringankan batuk berdahak karena Asma Bronkial. Asma bronkial adalah penyakit asma umum yang dikarenakan oleh adanya peradangan pada bronkus alias saluran udara. Adanya peradangan ini selanjutnya menyebabkan bronkus menjadi bengkak serta menyepit, dan memproduksi lendir secara berlebih.

Fungsi epexol sudah dijelaskan, ada baiknya mengetahui informasi tak kalah pentingnya seperti, obat batuk berdahak tradisional, cara mengobati  pilek, cara mengobati asma, cara mengobati batuk berdahak, dan cara mengobati batuk dengan pijatan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan