Sponsors Link

5 Fungsi Obat Batuk Halmezin Ampuh Mengatasi Jenis Batuk

Sponsors Link

Helmezin merupakan obat yang berbentuk sirup, obat ini termasuk kedalam obat resep dokter dan tak bisa dijual belikan secara bebas, baik di apotik maupun toko obat lainnya. Halmezin merupakan obat pabrikan Cornet Crown yang memiliki kandungan zat aktif berupa komposisi Bromhexine HCl, Dextromethrophan HBr, Promethazine HCl, Ammonium Chloride, dan Natrium Choride.

ads

Fungsi Obat Batuk Halmezin ialah sebagai cara ampuh mengobati batuk yang dikarenakan iritasi, alergi maupun adanya dahak berlebih pada saluran pernapasan. Adapaun fungsi obat batuk Halmezin itu tak bisa dipisahkan dari adanya kandungan zat aktif Bromhexine HCl, Dextromethrophan HBr, Promethazine HCl, Ammonium Chloride, dan Natrium Choride yang mempunyai cara kerjanya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya tentang cara kerja zat aktif Bromhexine HCl, Dextromethrophan HBr, Promethazine HCl, Ammonium Chloride, dan Natrium Choride, berikut adalah penjelasannya, antara lain:

  1. Bromhexine

Bromhexine merupakan obat yang masuk kedalam golongan agen mukolitik dengan fungsi obat batuk Halmezin sebagai cara menghilangkan dahak. Penghilangan lendir tersebut dengan cara diencerkan. Zat aktif ini juga digunakan untuk pengobatan gangguan pada saluran pernapasan yang dikarenakan oleh mukus alias dahak yang diproduksi secara berlebih.

  1. Dextromethrophan

Dextromethrophan masuk kedalam kelas morphinan yang mempuyai efek penenang, disosiatif, dan juga stimulant. Zat aktif ini difungsikan sebagai obat penekan batuk, terutama pada batuk yang disebabkan iritasi tenggorokan dan bronkial ringan.

  1. Promethazine

Promethazine masuk sebagai obat antihistamin generasi pertama dari golongan fenotiazin. Zat aktif ini mempunyai efek sedatif yang kuat, bukan itu saja, Promethazine juga mempunyai efek antikolinergik dan antiemetic.

  1. Ammonium Chloride

Ammonium Chloride memiliki fungsi obat batuk Halmezin sebagai senyawa anorganik yang kerap digunakan sebagai agen ekspektoran obat batuk. Efek ekspektoran ini bekerja dengan cara mengiritasi mukosa bronkial yang dapat mempermudah pengeluaran dahak, dan menjadi cara pengobatan batuk berdahak.

  1. Natrium Choride

Kandungan zat aktif Natrium Choride dalam Halmazin memiliki peran dalam menetralkan kondisi asam yang berlebihan pada darah serta urin, dari peran itulah maka obat ini masuk kedalam agen alkalizing.

Efek Samping Penggunaan Obat Batuk Halmezin

Untuk memperoleh fungsi obat batuk halmezin penggunaannya harus melalui resep dokter, sebab obat ini termasuk golongan obat resep. Seperti obat kimi pada umumnya, Halmezin memiliki efek samping yang kemungkinan dapat terjadi pada penggunanya pada saat dikonsumsi, antara lain :

  • Mengantuk
  • Pusing
  • Mulut kering
  • Vertigo
  • Insomnia
  • Mual dan muntah
  • Diare, kembung pada perut, nyeri pada ulu hati
  • Rentensi urin
  • Eksitasi
  • Aritmia
  • Keringat berlebih
  • Gangguan pada psikomotor dan kenaikan enzim transaminase
  • Penggunaan dosis yang berlebih dapat meningkatkan risiko pendarahan lambung
  • Penggunaan dosis yang besar berpotensi menyebabkan serangan epilepsi

Tidak semua orang pengguna Halmezin mengalami efek samping yang sudah disebutkan diatas, bisa saja mengalami gejala lainya. Bila mana terjadi efek samping mengkhawatirkan serta kondisi batuk menjadi kian parah segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Agar tihindar dari penyakit batuk berdahak, batuk alergi dan iritasi ada baiknya mengertahui penyebab batuk berdahak, obat batuk berdahak tradisional, penyebab hidung tersumbat, makanan penyebab batuk berdahak dan makanan yang dilarang saat batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan