Sponsors Link

15 Gejala Flu Pada Anak yang Wajib Diperhatikan Orang Tua

Sponsors Link

Gejala Flu Pada AnakInfluenza atau yang biasa kita sebut dengan flu adalah infeksi virus pada saluran pernapasan. Flu ini memang bukan penyakit yang berbahaya bagi manusia, namun dapat mengganggu aktivitas kita sehari-harinya. Seseorang yang terkena flu akan berlangsung selama 7 sampai dengan 10 hari dan biasanya tanpa kita mengkonsumsi obat flu akan sembuh dengan sendirinya.

ads

Flu ada yang ringan dan juga ada yang berat, flu yang ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Flu ringan disebabkan oleh virus yang diklasifikasikan sebagai virus A, B, atau C. Berbeda dengan flu ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya, flu berat dapat mengakibatkan penyakit serius hingga kematian, sebagai contoh virus H1N1 yang sangat mematikan. Meskipun flu dapat dapat sembuh dengan sendirinya, tidak ada salahnya jika kita memberikan penanganan lebih ketika gejala influenza mulai datang. Untuk pencegahan flu sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu gejala-gejalanya, berikut ini adalah gejala-gejala flu yang menyerang anak:

1. Sakit Tenggorokan

Virus flu yang masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit. Ciri awalnya adalah tenggorokan akan terasa sakit dan gatal, dan jika kita menelan makanan atau minuman akan terasa sakit yang sangat tidak enak dan mengganggu. Cara yang dapat kita lakukan untuk  mengatasi sakit tenggorokan yaitu dengan campuran lemon dan madu, caranya adalah peras satu buah lemon dan campurkan dengan madu (sesuai selera), lalu habiskan. Dan bisa juga dengan meminum kuah sup ayam, karena kuah sup ayam yang hangat akan meredakan sakit tenggorokan.

2. Tidur Yang Tidak Nyenyak

Gejala flu yang satu ini akan muncul meski sebelumnya tidak ada gejala yang terlihat. Tidur yang tidak nyenyak karena hidung tersumbat, batuk seperti mau muntah, dan bersin-bersin menjadi gejala flu yang dapat kita temui pada anak-anak. Jika anak tidak tidur dengan nyenyak, kita dapat menciptakan suasana yang nyaman agar anak dapat tidur dengan nyenyak, anda juga dapat memberikan pijatan lembut pada punggung maupun pada kepala si anak.

3. Anak Mudah Menangis

Anak akan lebih rewel dan lebih mudah menangis karena mereka merasa tidak nyaman. Agar anak lebih merasa nyaman, anda harus berada dekat pada anak. Yang bisa kita lakukan yaitu dengan tidak memarahinya, membuat suasanya menjadi menyenangkan, hindari menunjukan ekspresi sedih, dan berikanlah perhatian lebih karena anak yang sakit membutuhkan perhatian yang lebih dibandingkan dengan anak yang sehat.

4. Tidak Nafsu Makan

Anak menjadi tidak nafsu makan karena disebabkan hidung mampet dan tenggorokan berlendir yang sakit jika menelan minuman maupun makanan. Jika anak tidak nafsu makan maka akan berdampak pada berat badannya yang dapat menurun. Cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi anak yang tidak nafsu makan ketika sakit adalah pastikan perut anak tidak kosong dan jika anak sudah merasa baikan berilah makanan ringan yang dapat mengisi perut anak seperti agar-agar dan juga dapat memberikannya kue yang anak suka.

Sponsors Link

5. Kekurangan Cairan

Gejala flu pada anak selanjutnya adalah anak kekurangan cairan. Kekurangan cairan atau dehidrasi menjadi salah satu gejala flu yang dialami anak-anak karena virus dari akibat flu terlalu lama yang telah menyebabkan infeksi. Ketika virus baru ingin masuk kedalam tubuh maka anak akan lebih sering meminum air, namun jika virus sudah masuk maka keinginan anak untuk meminum air biasanya akan menurun. Jika hal ini terjadi maka disarankan untuk memberikan anak air putih hangat untuk diminum agar anak tidak kekurangan cairan.

6. Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat atau hidung mampet akan muncul setelah penyebab sering flu menyerang. Jika gejala ini terjadi pada orang dewasa mungkin tidak terlalu mengganggu, namun jika gejala ini terjadi pada anak-anak mereka akan rewel dan akan gelisah ketika tidur. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya adalah memberikan minyak kayu putih yang hangat, dengan meminum campuran jeruk hangat yang ditambah dengan madu dan kita juga bisa meminta anak untuk berbaring dengan posisi berlawanan arah dengan hidung yang tersumbat.

ads

7. Tubuh Menjadi Lemas

Ketika gejala flu muncul maka tubuh anak akan menjadi lebih mudah lelah dan menjadi lemas. Cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan meminta si anak untuk beristirahat dan tidur. Dan jangan lupa pula untuk terus menjaga waktu tidur anak agar anak tetap memiliki waktu tidur yang cukup baik siang maupun malam hari hindari memakan makanan yang mengandung minyak berlebih atau pun goreng gorengan karena makanan tersebut sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi ketika terserang sakit.

8. Demam

Pada balita dan anak-anak demam yang muncul menjadi salah satu gejala flu. Demam yang muncul pada balita maupun anak-anak biasanya berkisar antara 38 hingga 40 derajat celcius. Pada awal kemunculan demam akan muncul rasa menggigil pada tubuh dan akan merasa sakit saat melakukan aktivitas diluar tempat tidur. Cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi demam pada anak adalah dengan memijat anak dengan menggunakan ramuan herbal seperti campuran minyak kayu putih dengan bawang dan jeruk nipis, jika tidak ada minyak kayu putih kita dapat menggantinya dengan minyak kelapa. Selain dengan memijit anak menggunakan ramuan herbal kita juga dapat memandikan anak dengan menggunakan air hangat, jangan menggunakan air dingin karena hanya akan membuat anak menggigil kedinginan.

9. Batuk

Batuk menjadi salah satu gejala flu pada anak, jika anak batuk maka akan disusul dengan gejala pilek dan demam. Batuk ini disebabkan akibat virus yang menyerang tenggorokan sehingga menyebabkan produksi lendir meningkat. Cara alami yang dapat kita lakukan untuk mengurangi batuk pada anak yaitu dengan ramuan herbal seperti mecampurkan perasan jeruk nipis dengan kecap secukupnya lalu dihabiskan dan setelah itu minumlah air hangat. Ramuan ini telah dipercaya seecara turun-temurun untuk meredakan batuk pada anak maupun batuk pada orang dewasa.

10. Pusing

Pusing atau sakit kepala adalah gejala yang biasanya dibarengi dengan demam ini terjadi akibat virus yang telah menyerang tubuh. Cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi dan mengatasi pusing pada anak dengan meminta si anak untuk tidur yang cukup, berikan kompres panas dan juga dingin pada dahi anak, juga meminta si anak agar mengkonsumsi air putih yang cukup, memakan makanan dengan gizi yang seimbang, dan perbanyak untuk mengkonsumsi buah dan sayuran.

11. Gangguan Pada Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan diare dapat terjadi pada anak-anak yang terkena gejala flu. Berbeda dengan orang dewasa yang ketika mengalami gejala flu tidak terlalu terlihat, hal ini terjadi akibat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh pada anak masih sangat lemah. Cara yang dapat kita lakukan agar dapat mengurangi gangguan pencernaan adalah dengan memberikan minum air putih hangat, teh hangat atau pun jahe hangat agar dapat meredakan rasa mual pada anak akibat gejala flu.

12. Nyeri pada Otot

Gejala Flu Pada Anak selanjutnya adalah nyeri pada otot. Nyeri pada otot akan terasa ketika demam sudah muncul terlebih dahulu pada tubuh anak. Nyeri otot ini dapat menyebabkan linu pada kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya dan tak jarang anak juga akan merasakan sakit di sekujur tubuh. Kita dapat mengkompres pada bagian tubuh anak yang nyeri dengan menggunakan es batu, melakukan pijatan yang ringan, meminta anak untuk tidur yang cukup, dan meminta anak agar mengistirahatkan bagian tubuh yang nyeri.

Sponsors Link

13. Menjadi Cepat Lelah

Jika anak terlalu lelah dan kurang beristirahat juga dapat menyebabkan flu. karena sistem kekebalan tubuh pada anak masih belum terlalu kuat sehingga dibutuhkan istirahat yang cukup agar terhindar dari flu.

14. Tenggorokan akan sakit bila Menelan Makanan

Tenggorokan akan sakit bila Menelan Makanan juga dapat mengakibatkan flu pada anak. Cara mengatasinya adalah memberikan buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin C yang dipercaya dapat memelihara sistem kekebalan tubuh atau sistem imun, dan jangan lupa untuk meminta anak agar beristirahat dengan cukup.

15. Suara Serak

Suara yang serak dikarenakan tenggorokan yang sakit dan juga gatal sehingga menimbulkan suara serak pada anak. Jika hal ini terjadi maka berilah air hangat yang cukup pada anak untuk diminum dan ramuan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap juga ampuh untuk mengatasi suara serak pada anak.

Diatas adalah gejala flu pada anak. Sebelum gejala terjadi maka akan lebih baik jika kita mencegah flu dengan cara pola hidup sehat. Semoga informasi mengenai gejala flu yang menyerang anak ini dapat memperluas wawasan kita.

, ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu