Sponsors Link

12 Gejala Influenza Pada Anak dan Orang Dewasa dan Penyebabnya

Sponsors Link

Penyebab influenza berkepanjangan pada orang dewasa dasarnya adalah virus. Flu yang disebabkan oleh virus secara alamiah dapat sembuh sendiri. Namun begitu, tidak semua orang memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh yang sama terhadap virus, sehingga seringkali orang-orang mengalami flu berkepanjangan atau terus menerus.

ads

Artikel ini akan membahas tuntas permasalahan sebagian orang mengenai penyakit Flu atau influenza. (Baca juga: Penyebab Influenza Berkepanjangan)

Apa sih Influenza itu?

Pada dunia medis Influenza dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Seperti kita ketahui bahwa sistem pernapasan itu mencangkup hidung, tenggorokan dan paru-paru. Maka dari itu, ketika kita mengalami flu, bukan hanya hidung yang sakit dan mengeluarkan ingus, tetapi biasanya diiringi oleh sakit tenggorokan atau kesulitan dalam bernapas.

Baca Juga :

Gejala Penyakit Influenza

Flu sering disamakan dengan pilek. Namun keduanya berbeda dan tentunya memiliki indikasi atau gejala yang berbeda pula. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah, perkembangan virus flu dalam tubuh itu sangat cepat karena virus flu disebarkan oleh udara. Sehingga flu seringkali terkesan datang tiba-tiba. Padahal hal tersebut terjadi karena mekanisme penyebarannya yang cepat. Sedangkan pilek cenderung berkembang lebih lambat. Meski sebagian gejala flu sama dengan gejala pilek tetapi keduanya tidak dapat dikatakan sama. Gejala-gejala influenza flu lebih terasa berat karena diserta nyeri atau sakit.

Bagaimana cara kita mengenali Influenza? Gejala influenza penyakit ini biasanya di iringi oleh beberapa tanda diantaranya :

  1. Hidung berair/terus mengeluarkan cairan
  2. Hidung tersumbat
  3. Bersin-bersin
  4. Tenggorokan bengkak
  5. Demam lebih dari 38 – 40 derajat celcius pada anak-anak
  6. Daya tahan tubuh menurun / lesu / mudah lelah
  7. Gangguan mata (Mata terasa gatal, mata merah)
  8. Suara serak
  9. Gatal ditenggorokan dan atau telinga.
  10. Nyeri otot

Pada sebagian kasus yang menimpa anak-anak dan balita, flu juga ditandai dengan diare dan muntah-muntah. Yang paling mengganggu ketika kita mengidap flu ini adalah kurangnya produktivitas kita di siang hari karena tubuh kita akan cenderung melemah dan tidak bersemangat. Meski penyebaran virus pilek lebih lambat dibandingkan virus pada penyakit influenza, gejala-gejala pada penyakit flu justru berlangsung lebih lama dibanding gejala pilek. Maka dari itu kita akan merasa lebih sakit ketika terjangkit virus flu dibandingkan dengan ketika hanya mengalami pilek.

Sebagian kasus besar menyebutkan bahwa pasien dengan influenza akan sembuh selama kurang lebih 5 hari. Tetapi kita patut waspada jika flu yang kita alami menjadi berkepanjangan atau tidak sembuh-sembuh. Gejala-gejala yang patut di waspadai diantaranya :

  1. Gejala umum berlangsung lebih dari 2 minggu

Sebelumnya telah dikatakan bahwa flu biasa hanya bertahan mulai dari 3 sampai dengan 5 hari. Beberapa kasus lain menyebutkan gejala influenza atau flu dapat terjadi hingga 2 minggu. Hal ini dianggap wajar dikarenakan daya tahan tubuh, imunitas dan kemamuan recovery tubuh seseorang berbeda-beda. Tapi apabila gejala umum flu yang dialami melebihi batas waktu 2 minggu, anda patut waspada. Jika terus dibiarkan hal ini akan menyebabkan gangguan pernapasan yang lainnya seperti asma, pneumonia dan penyakit paru-paru lainnya.

Sponsors Link

  1. Mudah diserang Flu

Setelah berhari-hari menderita penyakit flu, anda akan sembuh dan kembali bersemangat seperti sedia kala. Tapi kok baru juga sembuh udah kerasa gak enak badan lagi? Anda patut waspada sekali, karena apa? Karena bisa jadi hal ini merupakan infesksi berkelanjutan dan lebih serius yang terjadi pada saat sistem imun melemah.

Infeksi berkelanjutan pada gejala influenza atau flu bisa berkembang menjadi lebih ganas menjadi sinusitis atau bronkitis, dimana kedua penyakit tersebut perlu sekali pengobatan dan pengawasan dokter.

  1. Ingus Warna-warni

Kok bisa ingus berwarna-warni? Jangan membayangkan warna pelangi ya, karena yang dimaksud bukan seperti itu. Hidung berair dan tersumbat ketika menderita flu merupakan hal yang biasa dan wajar terjadi selama cairan yang keluar dari hidung berwarna putih bening seperti air. Macam-macam warna ingus yang harus diperhatikan antara lain :

  • Ingus berwarna kuning muda menandakan bentuk pertahanan tubuh terdapat virus yang ada di dalam tubuh anda. Jika ingus berwarna kuning ini hanya terjadi dalam beberapa hari (2-3 hari) hal tersebut wajar, namun jika terjadi berlarut-larut atau berkepanjangan (>10 hari) dan disertai dengan demam, batuk dan pilek, anda harus segera memeriksakannya ke Dokter.
  • Ingus berwarna kuning kuat adalah tanda tanda penumpukan sel darah putih yang mari dan dikeluarkan oleh hidung. Berarti anda sedang mengidap penyakit yang lebih ganas dari flu.
  • Ingus berwarna hijau menandakan bahwa pasien flu juga terinfeksi oleh jamur dan jamur.
  1. Berat Badan Turun Drastis

Berat badan turun ketika menderita gejala influenza sebenarnya wajar, dikarenakan salah satu gejala flu adalah hilangnya nafsu makan. Namun, ketika anda tetap makan ketika sakit tetapi berat badan anda terus menurun anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Karena berat badan yang terus menurun tanpa sebab dan mengikuti gejala flu bisa menjadi tanda penyakit ganas lainnya, seperti kanker hingga HIV.

ads
  1. Sakit Kepala Parah

Flu yang disertai sakit kepala parah membuat otak kita tidak bisa berkonsentrasi sehingga kita menjadi lesu dan tidak produktif. Jika terus dibiarkan, sakit kepala parah tersebut bisa berkembang menjadi penyakit mematikan lainnya seperi meningitis. Jika hal ini terjadi, anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

  1. Sakit Dada

Flu yang menyebabkan sakit dada atau kesulitan bernafas (mengi, asma) menandakan bahwa flu yang diderita sudah berstatus parah. Dada sesak atau nyeri atau gangguan pernafasan lainnya ketika flu bisa mengindikasikan penyakit lain seperti bronkitis dan pneumonia. Langsuk cek ke dokter dan jangan sampai di biarkan berlarut-larut.

Baca Juga :

Penyebab Influenza Berkepanjangan pada Orang Dewasa

Virus flu dapat menyebar dengan mudah melalui udara. Jika anda terkena flu dan mencari sumbernya, lihatlah sekeliling anda, apakah ada orang yang berpotensi menyebabkan virus flu? Karena virus yang dikeluarkan seseorang ketika bersin saja dapat menyatu dengan udara untuk kemudian di hirup lagi oleh semua orang di sekelilingnya.

  • Flu disebabkan oleh tiga virus flu yang mencakup virus flu Tipe A, B dan C. Tipe B dan C biasanya menyabar pada cuaca dingin atau musim dingin, sedangkan tipe A merupakan virus yang menyebabkan flu mematikan.
  • Biasanya flu karena virus ini menyerang 10 sampai dengan 40 tahun sekali. Virus Tipe A juga ditemui pada hewan. Jadi, selain manusia, virus tipe A ini juga dapat menyerang hewan seperti burung.

Penyebab influenza berkepanjangan pada orang dewasa  dapat dikaitkan dengan gejala-gejala yang dialami. Seperti halnya ketika gejala yang dialami lebih dari dua minggu, hal ini dapat dikarenakan karena berbagai hal, contohnya :

  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah, atau yang paling parah adalah terdapat menyakit paru-paru lainnya dalam tubuh yang menyebabkan flu menjad jauh lebih parah dan lebih lama dari pada yang seharusnya.
  • Flu berkepanjangan juga dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehar sehingga virus flu yang menempel atau tersisa di sekeliling kita akan mudah terserap kembali oleh tubuh sehingga flu berlangsung terus menerus. (Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk)
  • Pengobatan yang tidak cocok atau tidak sesuai juga dapat menyebabkan flu tidak kunjung sembuh. Baiknya, ketika kita mengalami flu, kita harus banyak mengkonsumsi cairan dan vitamin yang dapat melarutkan virus-virus yang ada di dalam tubuh.
  • Ketika kita terjangkit flu dan tetap kekurangan cairan, kita akan terus merasa dehidrasi dan akhirnya flu yang diderita semakin parah.
Sponsors Link

Baca Juga :

Pencegahan Influenza Berkepanjangan

Benda-benda yang sudah terkontaminasi virus flu dapat menjadi media penularan, sehingga kita harus selalu menjaga kebersihan di sekeliling kita. Hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah flu berkepanjangan ini adalah :

  1. Selalu menjaga keberishan di sekeliling anda
  2. Gunakan masker atau penutup mulut dan hidung ketika berkendara
  3. Jangan lupa mencuci tangan sebelum makan
  4. Istirahat yang cukup
  5. Berolahraga secara teratus
  6. Makan makanan yang bergizi
  7. Menerapkan pola hidup sehat
  8. Jika sudah mengidap flu perbanyak meminum air putih
  9. Gunakan obat pereda flu
  10. Vasinasi jika perlu

Demikian Pembahasan tuntas mengenai penyebab Flu berkepanjangan yang mungkin selalu menjadi pertanyaan kita ketika mengalami hal tersebut. Pada dasarnya, segala hal yang menyangkut dengan kesehatan tubuh kita adalah kebersihan. Jika lingkungan kita sudah bersih, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit dan jika tubuh kita selalu di asupi oleh makanan yang bergizi maka sistem kekabalan dalam tubuh kita akan terus menjaga kita dari virus virus yang bisa datang kapan saja. (Baca juga: Cara Mengobati Pilek pada Bayi)

Influenza tidak perlu dibawa ke dokter namun anda wajib memeriksakannya ketika gejala berlangsung cukup lama. Jangan mengkonsumsi obat yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Terus jaga kesehatan anda, karena kesehatan adalah investasi yang sangat mahal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab