Sponsors Link

6 Gerakan Yoga Untuk Menghilangkan Batuk Secara Alami

Sponsors Link

Batuk bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti influenza, serta alergi tertentu. Kondisi cuaca seperti saat ini, yang terkadang kurang menentu juga bisa membuat batuk mudah dialami oleh sebagian orang, terutama yang memiliki sistem imun yang rendah. Selain itu, Negara Indonesia yang cenderung beriklim tropis juga menjadi salah satu faktor sakit batuk ini mudah dialami masyarakat kita.

ads

Batuk juga bisa menular jika penyebabnya adalah virus. Virus ini akan menyebar melalui udara dan ketika kita tidak tahu cara menghilangkan lendir di tenggorokan yang menyebabkan batuk, berinteraksi dengan orang yang sedang mengalami flu, peluang untuk terserang penyakit tersebut sangat besar. Batuk memang mudah disembuhkan, jika gejalanya masih ringan. Salah satu cara menghilangkan batuk adalah dengan melakukan gerakan Yoga.

Yoga Untuk Menghilangkan Batuk

Keadaan tubuh yang fit biasanya akan mampu menangkal cara mengatasi batuk setelah operasi usus buntu serta berbagai penyakit yang menyerang tubuh seseorang. Untuk membuat tubuh selalu fit, kita harus rajin mengkonsumsi makanan yang penuh gizi dan nutrisi serta melakukan olahraga secara teratur. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dipilih untuk membuat tubuh agar lebih sehat dan seimbang.

Dalam olahraga yoga, sebenarnya terdapat teknik khusus untuk membantu menghilangkan stress dengan melakukan beberapa gerakan yang lembut. Gerakan dalam yoga tersebut, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit, salah satunya dari sakit influenza serta sakit tenggorokan yang menyebabkan batuk.

Seperti apa khasiat madu tj untuk batuk serta bagaimana  gerakan-gerakan yoga untuk menghilangkan batuk, berikut ulasanya:

  • Downward Facing Dog

Gerakan yoga ini membuat tubuh kita berada di posisi seperti telungkup, namun posisi kaki dan tangan diluruskan, membentuk huruf V terbalik. Gerakan ini dapat membantu menggerakan sel darah putih melalui tubuh untuk menguras saluran sinus.

  • Standing Forward Bend ( berdiri membungkuk)

Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri kemudian membungkuk secara perlahan hingga tangan menyentuh kedua kaki. Gerakan yoga ini dapat membantu meredakan batuk, rasa cemas, mengurangi sakit kepala hingga melancarkan pencernaan.

  • Take Breathe Deep

Batuk berkaitan dengan saluran pernafasan atas, maka dari itu maksimalkan gerakan yoga dengan menarik nafas dalam-dalam melalui hidung kita, kemudian tahan nafas selama mungkin namun tidak memaksakan diri untuk menahan nafas terlalu lama. Setelah itu, keluarkan nafas melalui cara yang sama melalui hidung. Lakukan gerakan ini secara duduk atau berdiri.

  • Seated Forward Bend (duduk sambil membungkuk)

Gerakan yoga selanjutnya adalah duduk sambil membungkuk. Posisi ini cukup mudah dilakukan dengan posisi duduk. Gerakan ini bisa membantu mengurangi batuk, sakit kepala, rasa cemas berlebihan hingga kelelahan.

  • Melakukan Pernafasan Dada

Gerakan pernafasan ini dilakukan dengan cara menarik nafas dalam-dalam melalui hidung. Kemudian, perlahan-lahan buang udara melalui mulut dalam hitungan yang sama ketika menghirup udara di awal tadi. Lakukan selama 15 menit sehari untuk menghilangkan batuk yang mengganggu.

  • Viparina Karani

Gerakan yoga ini dilakukan dengan cara duduk pada samping dinding. Lalu berbaring dengan posisi bokong yang menyentuh dinding dan kedua kaki tegak menyentuh dinding. Biarkan tangan terlentang di sisi kanan dan kiri, lalu tarik nafas dan buang kembali. Gerakan ini dapat meringankan gejala batuk setelah minum air dingin serta pilek karena flu.

Olahraga yoga ternyata memiliki banyak manfaat untuk membuat tubuh lebih sehat, salah satunya melakukan gerakan yoga untuk menghilangkan batuk secara alami. Pastikan Anda melakukan gerakan ini dengan hati-hati agar manfaat yang didapat lebih maksimal.

, ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan