Sponsors Link

Hidung Berair Setiap Pagi: Penyebab, Bahaya, dan Penanganannya

Sponsors Link

Hidung berair setiap pagi tentunya akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas selanjutnya. Hidung berair inipun sebaiknya tidak diremehkan. Sebisa mungkin Anda perlu mengatasi gangguan ini. Jika ingin tahu lebih jelas, simak berikut penjelasannya termasuk penyebab, bahaya dan cara menanganinya.

ads

Penyebab

Beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini antara lain sebagai berikut.

  • Adanya alergi. Batuk akibat alergi susu menjadi faktor utama penyebab hidung berair setiap pagi. Anda bisa saja alergi terhadap debu, serbuk bunga, udara dingin, dan lain sebagainya sehingga mengalami pilek.
  • Reaksi tubuh secara alami. Suhu tubuh kita akan turun saat kita tidur. Suhu tubuh akan naik lagi setelah kita bangun. Perubahan suhu yang terjadi dalam tubuh setelah bangun tidur bisa saja membuat Anda mengalami pilek tapi tidak keluar ingus.
  • Tingginya sensitivitas. Umumnya seseorang mengalami sensivitas tinggi terhadap cuaca dingin di sekitarnya. Sensitivitas yang terlalu berlebihan memicu terjadinya pilek atau hidung berair.
  • Kinerja silia yang berubah-ubah. Silia adalah bulu halus yang terdapat dalam rongga hidung. Kinerja silia yang melambat saat Anda tidur dapat menyebabkan pilek saat di pagi hari.
  • Penyakit sinusitis. Sinusitis adalah peradangan di dalam hidung yang menyebabkan adanya gejala batuk pilek disertai bintik merah bagi penderitanya.

Bahaya

Berikut ini beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh hidung yang berair di setiap pagi.

  • Sistem kekebalan tubuh melemah. Hal ini dapat membuat kekebalan tubuh Anda menjadi semakin lemah. Akibatnya Anda bisa saja dengan mudah terserang penyakit apapun.
  • Munculnya flu disertai demam serta sakit kepala. Hidung berair atau pilek dapat membuat Anda merasakan sakit pada telinga dan kepala. Kebanyakan orang mengeluhkan pusing dan sakit kepala yang hebat saat mengalami pilek.
  • Turunnya berat badan. Kondisi tersebut akan membuat nafsu makan Anda menjadi menurun. Hal ini pun lama-kelamaan dapat membuat berat badan Anda menjadi turun sehingga kekebalan tubuh melemah.
  • Mengalami dehidrasi. Cairan yang keluar dari tubuh secara terus-menerus dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi bila tidak segera diatasi dapat menimbulkan resiko kematian.
  • Adanya penyakit serius. Kondisi ini bisa saja merupakan gejala dari adanya penyakit serius. Sebagai contoh adalah penyakit penyebab paru-paru sakit jika batuk. Tentu saja hal ini tidak boleh disepelekan.

Penanganan

Hidung yang berair di setiap pagi ini pun sebenarnya perlu segera ditangani agar tidak menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Adapun penanganan yang dapat Anda lakukan kurang lebih sebagai berikut.

  • Melakukan terapi dengan menggunakan uap panas. Uap panas dapat mengurangi hidung tersumbat atau meredakan pilek. Uap panas juga dapat mengencerkan dahak berwarna putih kental.
  • Rajin membersihkan kamar atau tempat tidur. Untuk mencegah terjadinya pilek karena alergi, ada baiknya bila Anda selalu membersihkan kamar dan tempat tidur Anda.
  • Olahraga secara rutin. Olahraga secara rutin setidaknya selama 20 menit dapat meredakan pilek dan hidung berair. Olahraga juga dapat mempertahankan stamina dan kebugaran tubuh.
  • Konsumsi minuman hangat. Hidung yang selalu berair, batuk pilek disertai diare, serta ingus yang mengental cenderung mereda pada saat kita minum minuman hangat
  • Berkonsultasi dengan dokter THT. Anda sebaiknya segera memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter THT apabila mengalami pilek yang tak kunjung sembuh.

Itulah beberapa penjelasan hidung berair setiap pagi. Dengan mengetahui penyebab, bahaya dan cara menangani yang jelas, maka penyakit dapat cepat dipulihkan. Sehingga aktivitas sehari-hari tidak lagi mengalami masalah.

, , , ,
Oleh :