Sponsors Link

Hidung Berair Tapi Bukan Ingus: Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Kondisi Indonesia yang beriklim tropis membuat beragam bakteri dan virus tumbuh subur. Kondisi seperti ini yang membuat beragam penyakit ada di negara ini. Selain itu, kondisi udara yang tidak berkualitas alias kurang bersih maka berdampak pada terganggunya sistem pernapasan. Salah satunya yaitu hidung berair tapi bukan ingus.

ads

Kenapa hidung berair tapi bukan ingus?

Beragam alasan medis yang dapat dikemukan dari timbulnya hidung berair, antara lain:

  • Karena adanya alergi terhadap radikal bebas seperti debu, asap, bau – bauan dari parfum atau bumbu masakan.
  • Karena terdapat alergi terhadap bulu hewan seperti bulu kucing, anjing, hamster, musang dan lainnya.
  • Karena infeksi virus flu yang berdampak pada daerah sinusitas sehingga dapat menyebabkan peradangan atau infeksi.
  • Karena kurang istirahat sehingga daya tahan tubuh mengalami penurunan
  • Kurang minum air putih atu cairan dalam tubuh sehingga berdampak pada menurunnya kualitas daya tahan tubuh dan berdampak pada virus dan bakteri mudah masuk ke dalam tubuh
  • Karena terjadi perubahan musim dari musim hujan ke kemarau atau sebaliknya akan mempermudah virus atau bakteri tubuh kembang
  • Karena terlalu capek dan kurang istirahat menyebabkan daya tahan menurun

Apa penyebabnya?

Banyak hal yang menyebabkan munculnya hidung berair tapi bukan ingus. Berikuti ini beberapaa penyebab timbulnya hidung berair, antara lain:

  • Kondisi daya tahan tubuh manusia mengalami penurunan kekebalan tubuh dan mudah terserang pilek
  • Alergi yang disebabkan oleh rhinitis alergi atau alergi terhadap radikal bebas dan bulu hewan.
  • Tumbuhnya polip atau serangan virus dan bakteri yang lama menetap didalam rongga hidung sehingga menyebabkan peradangan dan infeksi

Selain penyebab hidung berair diatas, kebiasaan sering tidur terlalu malam dan begadang sehingga tubah akan mudah mengalami penurunan kekebalan tubuh secara bertahap. dapat memicu mudahnya virus flu masuk ke tubuh dan dapat menyebabkan pilek. Apabila kondisi tubuh mengalami kelelahan akibat beraktifitas seharian ini akan membawa kondisi yang lebih buruk lagi. Hal ini akan berdampak timbulnya beberapa penyakit yang berhubungan dengan penyakit pada pernapasan.

Artikel terkait:

Pada suhu udara dingin, beberapa orang mengalami hidung berair akibat berada terlalu lama di ruangan dingin. Hal ini dikarenakan pada kondisi udara dingin, akan meningkatkan produktifitas lendir didalam kelenjar hidung. Hal ini dikarenakan tubuh sedang berusaha mempertahankan kelembaban didalam jaringan hidung agar di dalam rongga hidung dalam kondisi yang kering. Adapula kondisi manusia yang mengalami duka cita. Kondisi duka cita ini dapat mengakibatkan menangis yang berlebihan.

Ketika dalam menangis maka jaringan hidung pada bagian dalam akan dipaksa untuk memproduksi lendir yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah pada jaringan dan akhirnya hidung berair. Kondisi terganggunya rongga telinga juga dapat menyebabkan hidung berair. Kondisi ini berawal dari serangan virus yang menyerang jaringan telinga bagian tengah dan dalam. Virus ini dapat menyebabkan peradangan dan rasa nyerinya dapat menjalar ke jaringan hidung. Kondisi seperti ini dapat meningkatan cairan yang berlebih pada jaringan hidung sehingga timbul hidung berair.

Sponsors Link

Cara pengobatannya hidung berair

Setelah kita mengetahui penyebab hidung berair ini, kita akan membahas cara pengobatan hidung berair. Banyak cara praktis dan tepat dalam mengobati hidung berair. Berikut ini beberapa cara pengobatan hidung berair, antara lain:

1. Menghirup uap kunyit

Cara pengobatan hidung berair yang mudah dan murah adalah menghirup uap air. Caranya, masukan kunyit secukupnya ke dalam baskom yang telah diisi air panas. Tunggu beberapa menit dan hidup uap pada air panas tersebut. Lakukan cara ini minimal 2 kali sehari.

2. Menggunakan semprotan hidung

Dengan menggunakan semprotan hdiung steroid maka akan menstabilkan kondisi hidung yang sedang tersumbat dan berair.

3. Minum ramuan jahe

Sponsors Link

Penderita hidung berair cara ini dirasa sangat manjur yaitu dengan meminum ramuan jahe. Caranya dengan air jahe ditambahkan madu dan air jeruk nipis lalu diminumkan ke penderita. Ramuan ini dapat menngurangi bahkan menyembuhkan hidung berari karena ramuan jahe ini mengandung kandungan anti inflamasi dan mempercepat penyembuhan pada penderita hidung berair.

4. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan, dengan membiasakan diri untuk minum air putih minimal 7 liter perhari maka akan mencegah bahaya dehidrasi bagi tubuh. Apabila tubuh mengalami dehidrasi maka berdampak buruk bagi menurunnya sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh melemah maka akan berakibat mudahnya virus dan bakteri masuk ke tubuh.

5. Tidak begadang

Apabila begadang tidak ada perlunya maka sebaiknya Anda tinggalkan. Hal ini dikarenakan begadang dapat menyebabkan kualits sel darah merah Anda menjadi berkurang dan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi sistem kekebalan tubuh yang menurun maka secara bertahap akan mempermudah bakteri, virus, kuman, jamur masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya adalah hidung berair.

baca juga:

Demikianlah penjelasan singkat dari pertanyaan kenapa hidung berair tapi bukan ingus? apa penyebabnya?. Bagi Anda yang terkena hidung berair , Anda dapat mencoba cara pengobatan seperti diatas. Dengan mengetahui penyebab hidung berair maka kita dapat berhati – hati dalam menjalankan kehidupan sehari – hari.

, ,




Oleh :
Kategori : Penyebab