Sponsors Link

Hidung Keluar Darah Saat Buang Ingus, Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Padahal seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa manusia bergantung kepada proses pernapasan agar bisa melangsungkan hidupnya. Jika hidung anda mengalami suatu kondisi yang berbahaya, maka bahkan bisa mengancam keselamatan anda karena dalam beberapa kasus orang yang mengalami sakit yang amat sangat parah di hidung akan menyebabkan dia meninggal. Baca mengenai ingus berdarah disertai pusing. Mimisan bisa terjadi dengan jangka waktu yang bermacam – macam, ada yang berlangsung selama beberapa menit, atau ada juga yang mimisannya berlangsung cuma beberapa detik saja. Baca mengenai penyebab keluar dahak tanpa batuk.

ads

Adapun pendarahan terjadi biasanya terletak di bagian pembuluh darah yang mana letaknya yaitu di bagian hidung, yakni terletak pada bagian langit – langit mulut maupun pada rongga hidung. Seseorang yang mengalami pendarahan pada hidung sebelah kiri bukan berarti tanpa adanya sebab, melainkan hal tersebut bisa terjadi karena diakibatkan beberapa hal yang harus anda ketahui penyebabnya agar supaya nantinya anda bisa segera melakukan penanganan untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan. Terdapat beberapa faktor yang menjadi sebab seseorang mengalami hidung berdarah sebelah kiri. Barikut ini akan kami jelaskan beberapa hal tersebut. Baca batuk disertai sakit perut bagian bawah.

  • Disebabkan proses pembuangan ingus yang terlalu kencang

Flu tersebut akan mengakibatkan gangguan terhadap saluran pernapasan yang akan mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Dan nantinya menyebabkan seseorang tersebut mengalami bersin dan ingusan. Selanjutnya ingus tersebut semakin lama akan semakin menumpuk dan akan membuat anda risih dan ingin membuangnya segera. Akan tetapi, jika anda mengeluarkan ingus dari hidung anda dengan terlalu menekan sangat keras, maka besar kemungkinan lama kelamaan anda akan mengalami pendarahan pada hidung anda, entah itu sebelah kiri, sebelah kanan, dan bahkan bisa dua – duanya.

  • Hidung mengalami luka

Penyebab hidung berdarah sebelah kiri yang kedua yaitu diakibatkan anda mengalami luka pada hidung. Banyak orang yang sudah biasa atau bahkan memiliki kebiasan untuk mengorek hidung atau dengan kata lain dia memiliki kebiasaan untuk mengupil. Mengupil bisa dikatakan sebuah usaha yang dilakukan seseorang untuk mencari dan menemukan kotoran kering yang berada di dalam hidung, karena memang jika kotoran tersebut tidak segera di buang maka bisa menyebabkan risih dan terkadang seperti merasakan gatal pada hidung.

Akan tetapi perlu anda perhatikan bahwa ketika anda sedang mengorek terlalu dalam dan tidak berhati – hati, atau anda menggunakan benda – benda yang ujungnya lumayan tajam untuk mengorek hidung anda maka nantinya bisa mengakibatkan hidung anda atau lebih tepatnya hidung bagian dalam anda akan mengalami luka sehingga nantinya bisa mengakibatkan pendarahan pada hidung. Maka disarankan agar supaya anda selalu berhati – hati ketika ingin mengorek hidung anda, dan jangan benda apapun yang memiliki ujung yang lumayan tajam. Baca mengenai penyebab batuk sampai muntah.

  • Mengalami perubahan tekanan udara

Penyebab hidung berdarah sebelah kiri yang ketiga yaitu disebabkan oleh perubahan terkanan udara. Perubahan udara baik udara tersebut menjadi terlalu panas dan atau perubahannya terlalu dingin maka bisa mengakibatkan masalah terhadap hidung anda. Hal tersebut nantinya bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah yang terdapat pada bagian hidung yang pada akhirnya akan mengakibatkan hidung anda mengalami pendarahan. Adapun perubahan cuaca yang ekstrem tersebut biasanya meskipun terkadang jarang yaitu terjadi ketika anda sedang melaksanakan ibadah umroh maupun ibadah haji meskipun memang tidak semua orang akan mengalami resiko seperti ini karena juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan masing – masing.

Sementara itu, untuk mencegah agar supaya tidak terjadi pendarahan pada hidung sebelah kiri dan atau mungkin sebelah kanan, maka biasanya seseorang tersebut disarankan untuk memakai masker yang sebelumnya telah dibasahi dengan air sehingga hal tersebut nantinya dapat membantu untuk menghirup udara yang tidak terlalu kering karena air yang terdapat pada masker tersebut akan menyebabkan udara yang dihirup menjadi lembab.

Sponsors Link

  • Penggunaan obat – obatan tertentu

Penyebab hidung berdarah sebelah kiri yang keempat yaitu disebabkan karena seseorang mengkonsumsi obat – obatan jenis tertentu. Bukan sebuah rahasia lagi bahwa kebanyakan obat – obatan mengandung zat kimia yang terkadang tidak aman bagi kesehatan kita, terlebih lagi jika kita menggunakannya dalam jangka waktu yang relatif lama.

Kandungan bahan kimia yang terdapat pada obat – obatan ini lah yang nantinya bisa mengakibatkan pendarahan terhadap hidung. Adapun beberapa jenis obat – obatan yang bisa menjadi indikasi anda terkena pendarahan yang terjadi pada hidung anda yaitu seperti obat aspirin, antikoagulan, serta bisa diakibatkan karena anda menggunakan inhaler yang terlalu berlebihan. Disarankan agar supaya anda ketika ingin mengkonsumsi obat – obatan tertentu agar sebelumnya membaca panduan obat tersebut termasuk efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan supaya anda tidak mengalami pendarahan pada hidung atau tidak mengalami masalah lainnya.

  • Disebabkan penyakit sinusitis

Sinusitis memang bisa menjadi sebuah penyebab anda terkena hidung berdarah sebelah kiri. Penyakit sinusitis memang sudah banyak diakui bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya. Diketahui bahwa dampak dari penyakit ini yaitu nanti akan menggerogoti tubuh anda sehingga semakin lama tubuh anda akan semakin kurus dan menyusut. Penyaakit sinusitis ini pun juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami pendarahan pada hidungnya yang biasanya di awali dengan gejala – gejala seperti yang terjadi pada flu.

Sponsors Link

  • Alergi

Udara yang kotor seperti asap rokok dan atau asap kendaraan bermotor nantinya akan masuk melalui hidung secara tidak sengaja dan kemudian akan menyebabkan alergi terhadap hidung. Orang yang mengalami sensitifitas yang tinggi cenderung akan mudah terkena pendarahan pada hidungnya ketika dia terkena alergi yang awalnya tidak ia sadari. Maka dari itu, jika anda termasuk orang yang memiliki sensitifitas yang tinggi, jika anda ingin bepergian maka disarankan untuk memakai makser agar nantinya anda tidak akan mudah kemasukan debu atau polusi udara lainnya yang akan membuat hidung anda mengalami pendarahan. Baca mengenai anak batuk muntah saat tidur.

  • Iritasi

Penyebab hidung berdarah sebelah kiri yang terakhir yaitu karena disebabkan oleh iritasi. Iritasi merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan yang terjadi pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan karena orang tersebut terkena sesuatu yang berbahaya, entah itu berupa infeksi atau pun hal lainnya. Iritasi yang terjadi pada hidung biasanya terjadi pada bagian dinding hidung sebelah depan yang disebabkan hidung mengalami gatal dan atau hidung mengalami suatu pendarahan.

Adapun cara yang dilakukan agar anda tidak terkena iritasi, sama dengan cara yang harus anda lakukan untuk terhindar dari alergi yaitu dengan cara memakai masker ketika anda hendak pergi ke tempat yang mana di situ dimungkinkan terdapat banyak polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab