Sponsors Link

Hidung Mampet Kepala Pusing – Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Sponsors Link

Siapa yang tidak pernah mengalami hidung mampet atau hidung tersumbat? Sepertinya memang hampir semua manusia pernah merasakan hidung mampet yang tentunya bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman karena kita tidak bebas bernapas. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak – anak sampai dengan orang yang sudah tua sekalipun tak luput dari kondisi tersebut. Memang biasanya kondisi ini dalam beberapa kasus tidak perlu diobati karena nantinya bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi bukan berarti anda bisa santai begitu saja. Baca tentang batuk karena penyakit jantung.

ads

Pada saat anda mengalami hidung mampet kemudian anda meremehkannya, hal tersebut berpotensi anda terkena penyakit atau kondisi lainnya yang tidak menyenangkan. Salah satunya adalah pusing atau bahkan sakit kepala. Seseorang yang mengalami hidung mampet kepala pusing, tentunya dia tidak akan bebas untuk beraktivitas seperti biasanya karena tentunya kondisi tersebut sangatlah menganggu. Oleh karena itu, jika anda mengalami hidung mampet kepala pusing, maka hendaknya anda segera melakukan pengobatan terhadap kondisi anda tersebut agar nantinya tidak semakin parah karena jika anda biarkan begitu saja maka kemungkinan bisa membuat penyakit tersebut semakin parah. Baca penyebab batuk tidak berdahak.

Penyebab hidung mampet kepala pusing

Sebenarnya, penyebab dari hidung mampet kepala pusing adalah karena disebabkan oleh penyakit ringan. Yang dimaksud penyakit ringan tersebut adalah seperti flu, batuk, atau mungkin juga infeksi sinus. Penyakit – penyakit yang disebutkan sebelumnya merupakan sebab umum dari seseorang yang mengalami hidung mampet karena adanya suatu peradangan atau inflamasi pada saluran atau lapisan rongga hidung, dan jika dibiarkan terlalu lama maka bisa juga orang tersebut nantinya akan mengalami pusing.

Meskipun memang dalam beberapa kasus penyakit ringan tersebut nantinya bisa sembuh meskipun tanpa anda obati atau lakukan penanganan apaun, akan tetapi anda tidak boleh terlalu meremehkannya karena bisa jadi hal tersebut bisa juga sebagai sebuah indikasi bahwasanya anda terkena penyaki tertentu atau penyakit lainnya yang mungkin lebih parah dan penanganannya pun akan semakin sulit.

Dan perlu anda ketahui bahwa penyebab hidung mampet kepala pusing bisa juga merupakan sebuah indikasi bahwasanya anda sedang mengalami penyakit sinus karena memang orang yang mengalami penyakit sinus umumnya dia akan merasakan hidung mampet dan juga kepalanya akan terasa pusing. Maka dari itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai penyebab hidung mampet anda yang tak kunjung sembuh meskipun sudah anda berikan obat. Baca juga tentang cara mengobati salesma.

Gejala hidung mampet kepala pusing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya seseorang yang mengalami hidung mampet kepala pusing bisa merupakan sebuah indikasi bahwasanya dia sedang mengalami penyakit sinusitis. Karena gejala yang di alami oleh seseorang yang mengalami penyakit tersebut adalah seperti berikut ini:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Hidung mampet atau hidung tersumbat
  • Hidung berair
  • Merasa nyeri yang terjadi di area sekitar wajah, terutama jika misalnya ditekan
  • Batuk
  • Menurunnya kepekaan terhadap indra penciuman

Mungkin masih ada penyebab lainnya yang belum disebutkan di atas yang bisa terjadi kepada siapapun. Oleh karena itu, anda harus sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mengenai kemungkinan gejala yang sedang anda alami.

Pengobatan hidung mampet kepala pusing

Sponsors Link

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi hidung mampet kepala pusing.

  • Jangan buang ingus anda terlalu kuat

Disarankan ketika anda ingin membuang ingus anda yang merupakan sebab dari penyumbatan yang ada di rongga hidung, maka sebaiknya anda buang dengan pelan – pelan. Jangan membuang terlalu kuat karena jika anda membuang ingus anda terlalu kuat maka nantinya bisa mengakibatkan lapisan pada dinding pada hidung anda malah akan semakin mengalami peradangan yang pada akhirnya akan semakin membuang hidung anda mengalami peradangan.

  • Kompres hidung anda

Pengobatan kedua yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi hidung mampet kepala pusing adalah dengan cara mengompres hidung anda dengan menggunakan air hangat. Cara yang harus anda lakukan sangatlah mudah. Pertama anda masak air dulu, kemudian basahi kain lembut atau handuk anda dengan mengguanakn air hangat tadi. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menempelkan atau mengompres hidung anda menggunakan kain tersebut. Jika handuk anda sudah kering atau airnya sudah dingin, anda tinggal membahasi handuk anda tersebut menggunakan air hangat tadi. Lakukan cara ini secara rutin minimal dua kali dalam sehari.

Sponsors Link

  • Menghirup uap air 

Sebenarnya cara ini masih ada kaitannya dengan cara yang nomer dua. Uap air panas memang sangat ampuh digunakan untuk membantu meredakan hidung mampet. Pada saat anda memasak air dan ketika sudah mendidih, sebelum anda melakukan pengompresan, maka disarankan sebelumnya untuk menghirup uap panas dari air tersebut. Lakukan cara ini setiap kali dan sesaat sebelum anda mengompres hidung anda biar nantinya anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Baca mengenai cara menghilangkan suara dengkuran saat tidur.

  • Menghirup inhaler atau minyak kayu putih

Cara terakhir ini mungkin bisa dikatakan sebagai cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk membantu mengatasi hidung mampet mereka karena cara tersebut lebih praktis karena hanya tinggal menghirup bau atau aroma dari inhaler dan juga minyak kayu putih tersebut. dan tentunya anda bisa melakukannya dimana saja. Baca penyebab batuk berdahak disertai mengi.

Itulah beberapa ulasan mengenai hidung yang mampet terjadi karena kepala bisa pusing yang bisa anda ketahui beberapa penjelasannya dari gejala, penyebab sampai bagaimana pengobatannya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu