Sponsors Link

Hidung Mampet Setiap Malam: Bahaya dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pada malam hari di negara tropis seperti Indonesia pasti bersuhu dingin. Kondisi hidung tersumbat atau mampet di malam hari sangat tidak menyenangkan karena akan mengganggu kondisi tidur Anda. Kondisi hidung yang mampet juga dapat membuat Anda susah untuk bernafas. Oleh sebab itu Anda harus mengatur posisi agar tidur Anda nyaman sehingga dapat bernafas secara nyaman pula. Kondisi hidung tersumbat atau mampet ini juga berbahaya jika tidak kunjung sembuh. Hal ini akan berdampak timbulnya penyakit baru berupa peradangan. Pada artikel ini akan menjelaskan secara tuntas dan mendalam tentang pertanyaan hidung mampet setiap malam? apakah berbahaya?.

ads

Hidung mampet setiap malam? 

Pada daerah dataran tinggi,seperti gunung atau bukit, kondisi setiap malam di tempat ini selain bersuhu dingin yang dapat menyebabkan hidung mampet, juga terdapat kelembaban udara yang rendah. Faktor kelembaban inilah yang membuat hidung memproduksi banyak lendir. Banyaknya lendir atau ingus yang terbentuk akan secara langsung menjadikan hidung tersumbat alias mampet.

Artikel lainnya:

Apakah berbahaya?

Kondisi hidung mampet terjadi ketika jaringan lapisan rongga hidung dan pembuluh darah mengalami peradangan. Kondisi seperti ini akan berdampak pada pembengkakan dari cairan yang menumpuk secara berlebihan. Berikut ini beberapa penyebab hidung mampet di malam hari, antara lain:

  • Sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga hidung tepatnya di bagian dinding sinus manusia. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dengan gejala berupa batuk, menurunnya kinerja indera penciuman, hidung berair, sakit kepala, demam, serta rasa nyeri.

  • Asap rokok/debu

Hidung mampet dapat terjadi ketika tidak sengaja menghirup asap rokok atau debu. Ketika asap rokok atau debu tidak langsung terhirup maka hidung akan mengeluarkan lendir atau cairan sebagai bentuk pertahanan diri dari asap rokok atau debu tadi.

  • Asma

Kondisi orang yang terkena asma akan menyebabkan sistem pernapasan terhadap. Oleh sebab itu akan berdampak domino terjadinya hidung mampet.

  • Kondisi hamilan

Pada kondisi hamil, wanita sering mengalami gejala – gejala penyakit ringan seperti flu atau masuk angin. Kondisi seperti ini memungkinkan pula mengalami hidung mampet karena pilek.

  • Obesitas

Penyebab hidung mampet lainnya adalah obesitas alias kegendutan. Karena obesitas ini dapat menekan sistem didalam tubuh dan mengganggu sistem pernafasan. Oleh sebab itu obesitas akan berdampak pada tersumbatnya hidung. Kondisi obesitas ini merupakan kesalahan dalam mengelola gaya hidup seperti makan tak beranturan, tanpa diimbangi olahraga, dan jarang beristirahat.

  • Obat – obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan yang salah atau berlebihan dapat menciptakan efek samping yaitu hidung mampet. Beberapa jenis obat yang menyebabkan hidung mampet antara lain obat jenis tiroid, pil kb, obat hormon estrogen, obat yang mengandung calcium, channel blocker atau obat yang mengandung beta blocker.

  • Tumor

Penyebab hidung mampet di malam hari ini memang jarang terjadi tetapi perlu kita pahami, yaitu tumor. Tumor disini bertempat di rongga hidung, sehingga secara langsung dapat menghambat sistem pernapasan di rongga hidung. Kondisi seperti ini dapat diobati dengan cara mengangkatan tumor melului tindakan medis operasi.

Cara mengatasi hidung mampet di malam hari

Ada beberapa cara dalam mengatasi hidung mampet di malam hari. Waktu malam hari merupakan waktunya untuk beristirahat, sehingga apabila mengalami hidung mampet maka akan sulit untuk berisitrahat. Berikut ini cara mengatasi hidung mampet di malam hari, antara lain:

  1. Mandi dengan air hangat serta minum minuman yang masih hangat agar membuat tubuh menjadi rileks.
  2. Terapi uap yaitu dengan menghirup uap air panas yang telah diberi minyak angin yang beraromakan menthol ke dalam baskom. Cara ini dipercaya manjur dalam menghilangkan hidung tersumbat dan melegakan pernapasan.
  3. Menghirup balsam, minyak angin, atau inhaler yang mengandung menthol untuk menghilangkan hidung mampet dan melegakan pernapasan.
  4. Mengkompres hidung dengan handuk kecil yang telah dicelupkan ke dalam air hangat.
  5. Mengganti bantal yang lebih tinggi agar posisi kepala lebih tinggi pada saat tidur.
  6. Mengatur kelembaban dan suhu kamar, dengan cara mengecilkan suhu AC atau mengurangi volume kipas angin.
  7. Teteskan air larutan air hangat dicampur garam kedalam rongga hidung untuk menjaga kelembaban pada rongga hidung.
  8. Tidak membuang ingus secara kencang – kencang, karena dikhawatirkan akan mengalami peradangan di dalam rongga hidung
  9. Tidur dengan posisi setengah duduk
  10. Mengkonsumsi obat dari dokter.

Artikel lainnya:

Nah, demikianlah penjelasan singkat tentang pertanyaan hidung mampet setiap malam? apakah berbahaya?. Penjelasan diatas meliputi penyebab hidung mampet di malam hari, bahaya hidung mampet serta cara mengobati hidung mampet. Bagi Anda yang sering mengalami hidung mampet setiap malam hari maka Anda dapat mencoba cara mengobati hidung mampet seperti yang telah dijelaskan diatas. Selain itu Anda juga wajib memperhatikan penyebab terjadinya hidung mampet di malam hari, agar Anda mampu mencegahnya. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , ,