Sponsors Link

Hidung Tersumbat Saat Tidur : Gejala – Bahaya – Penangananya

Sponsors Link

Saat hidung tersumbat akan membuat kita kurang merasa nyaman ketika melakukan aktifitas. Ada beberapa penyebab hidung menjadi tersumbat, bisa jadi dikarenakan iritasi ketika menghirup polusi udara di luar atau adanya jaringan yang terganggu di dalam hidung. Penyebab lainya bisa juga sinusitis kambuh setelah operasi  karena adanya sinusitis, alergi serta infeksi pada hidung seperti gangguan ISPA serta influenza.

ads

Gejala hidung tersumbat bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak hingga dewasa di segala usia. Tidak hanya aktifitas sehari-hari mereka yang akan menjadi terganggu, aktifitas beristirahat penting seperti tidur sekalipun menjadi terganggu. Padahal, tidur saat sedang sakit termasuk salah satu cara beristirahat yang maksimal untuk penyembuhan.

Gejala Hidung Tersumbat

Hidung yang menjadi tersumbat merupakan suatu tanda seseorang terkena penyakit. Penyakit tersebut biasanya berhubungan dengan saluran pernafasan dari hidung, tenggorokan hingga telinga. Berikut ini beberapa gejala penyakit yang dapat menimbulkan hidung tersumbat:

  1. Mengalami iritasi karena udara, rokok,  parfume dan lain sebagainya
  2. Menderita Rhintis alergi atau nonalergi
  3. Mengalami infeksi sinustitis kronis
  4. Memiliki alergi terhadap sesuatu (makanan, debu dll)
  5. Mengalami Rhintis vasomotor (flu berkepanjangan)
  6. Memiliki tumor hidung
  7. Memiliki tulang hidung yang bengkok
  8. Terdapat benda asing di dalam hidung

Gejala hidung tersumbat mungkin akan lebih luas, tergantung cara mengatasi pilek saat bangun tidur  dari keadaan orang yang mengalami gangguan tersebut.

Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung yang menjadi tersumbat ternyata memang disebabkan oleh beberapa gangguan yang terjadi pada saluran pernafasan, yang meliputi THT (telinga, hidung, tenggorokan). Apa saja gangguan yang dapat menyebabkan hidung menjadi tersumbat? berikut ulasanya:

  • Sakit Flu

Sakit flu atau dikenal dengan istilah Influenza terjadi karena serangan virus pada bagian sistem pernafasan manusia, yaitu paru-paru, hidung dan tenggorokan. Akibat gangguan tersebut, dapat menyebabkan hidung menjadi tersumbat. Sakit flu biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu.

  • Batuk dan Pilek

Sebelum mengalami hidung tersumbat, biasanya pasien juga mengalami gejala batuk dan pilek terlebih dulu. Batuk serta pilek dapat terjadi karena adanya infeksi atau peradangan pada saluran pernafasan. Sakit pilek disertai batuk dapat sembuh jika mengkonsumsi obat untuk mengatasi keduanya dan dapat sembuh setelah 10 hari umumnya.

  • Alergi

Sebagian orang ada yang memiliki keluhan alergi terhadap olahraga untuk sinusitis  suatu hal, entah itu debu, kotoran, cuaca hingga alergi makanan. Contohnya seperti pada pasien yang mengalami Rhintis alergi, produksi lendir yang dihasilkan dalam rongga hidung menjadi semakin meningkat dan menyebabkan bersin hingga pilek. Tentu saja hidung akan menjadi tersumbat.

  • Sakit Sinusitis Akut

Sinusitis ini juga dialami sebagian orang karena awalnya mengalami batuk dan pilek. Namun, gejala tersebut ternyata tidak  juga pulih setelah 10 hari. Sinusitis dapat terjadi dikarenakan jaringan yang terdapat dalam hidung mengalami suatu peradangan dan menyebabkan bengkak. Rongga hidung akan menjadi menyempit dan menyebabkan hidung tersumbat.

Bahaya Hidung Tersumbat

Hidung yang tersumbat disebabkan oleh beberapa keluhan penyakit keluar darah pasca operasi sinus  yang bisa dibilang masih ringan, sebab dapat disembuhkan dengan konsumsi obat. Namun, sebagian orang yang memiliki sistem imunitas yang kurang maksimal, bisa juga mengalami hidung tersumbat dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda menemukan kondisi, dimana hidung tersumbat yang dialami sudah lebih dari 2 minggu, bisa jadi bahwa itu merupakan tanda penyakit serius lainya.

Apa saja bahaya hidung tersumbat dalam waktu lama? Berikut penjelasanya:

  • Sinusitis Akut dan Kronis

Penyakit Sinusitis adalah suatu diagnose penyakit yang bisa dialami pasien, karena mengalami hidung tersumbat dalam kurun waktu yang cukup lama. Sinusitis sendiri merupakan peradangan yang terjadi di area dinding sinus, berupa rongga kecil yang isinya udara dan letaknya di bagian dahi serta pipi. Penyakit sinus dapat dialami pasien karena beberapa penyebab berikut ini:

  • Mengalami demam hingga suhu 38 celcius
  • Hidung tersumbat serta mengeluarkan cairan kuning kehijauan
  • Sulit untuk menggunakan indera penciuman
  • Memiliki nafas yang berbau
Sponsors Link

Penderita sinusitis akan cukup merasa kurang nyaman, terutama saat akan tertidur. Bernafas menjadi cukup sulit serta hidung terus tersumbat.

  •  Polip Hidung

Keluhan hidung tersumbat lainya yang terjadi dalam waktu relatif lama juga bisa disebabkan karena pasien mengalami polip hidung. Polip ini merupakan suatu tumor yang sifatnya jinak, namun tumbuh di bagian dalam hidung. Polip ini juga merupakan jaringan lunak dengan permukaan yang licin , serta berwarna putih. Gejala polip yang muncul pada pasien, umumnya seperti :

  • Hidung tersumbat terus menerus hingga berminggu – minggu
  • Mengeluarkan cairan ingus yang bening hingga menjadi kehijauan kental
  • Mengalami bersin
  • Mata menjadi gatal

Adanya polip seperti ini cukup membahayakan pasien dan harus segera diatasi dengan bantuan medis. Jika tidak, penderita polip bisa menjadi lebih parah dan sulit setiap kali hendak tidur.

  • Alergi

Hidung yang tersumbat dalam waktu yang lama bisa juga dikarenakan alergi. Alergi tidak separah seperti hal nya kanker atau tumor, namun karena adanya alergi dapat membuat keadaan tubuh menjadi kurang nyaman, termasuk saat akan tidur. Alergi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat dikarenakan alergi debu, hewan dan binatang peliharaan lainya.

Alergi membuat sistem kekebalan tubuh melepaskan hormone histamine serta bahan kimia yang menjadi allergen. Hal tersebut membuat hidung menjadi meradang, tersumbat hingga menjadi pilek. Gejala alergi juga muncul secara cepat ketika pasien atau penderita bersentuhan langsung dengan pemicu allergen.

Hidung tersumbat dapat membahayakan kesehatan pasien setelah pasien melakukan pemeriksaan dengan seksama kepada dokter. Terlebih jika gejala hidung tersumbat yang dialami sudah lebih dari 10 hari, diikuti dengan keluarnya ingus berwarna hijau dan merasakan demam di waktu bersamaan. Dokter THT dapat menjadi solusi untuk melakukan pemeriksaan dan rencana pengobatan.

Penanganan Hidung Tersumbat

Sebagian besar orang akan mengalami hidung tersumbat hingga ingus berdarah saat pilek  bersin dan pilek, ketika akan memasuki musim penghujan. Hidung yang menjadi tersumbat tentunya akan membuat kita tidak nyaman, terutama jadi sulit untuk bernafas. Hidung tersumbat bisa jadi karena terdapat lendir dalam saluran hidung kita yang mengendap dan tidak bisa dikeluarkan menjadi ingus.

Hidung yang tersumbat bisa diobati sendiri dengan mengkonsumsi obat yang khusus untuk flu dan hidung tersumbat. Dalam waktu beberapa hari hingga 1 minggu, biasanya hidung tersumbat akan pulih dengan sendirinya. Namun, jika tidak ingin mengkonsumsi obat kimia, Anda juga bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk penanganan hidung tersumbat:

  • Minum Air Hangat

Meminum minuman hangat berkhasiat untuk membuat lendir yang telah menumpuk di dalam hidung menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan. Air hangat yang diminum bisa berjenis air mineral atau bisa juga mencoba air teh hangat, minuman sari jahe hangat, teh lemon hangat, minuman mengandung mint dan minuman yang mengandung dekongestan.

Sponsors Link

  • Hidup Uap Air Hangat

Selain minum air hangat, Anda juga dapat mengatasi hidung tersumbat dengan uap air hangat. Uap tersebut dihirup  sehingga efeknya dapat membuat lendir menjadi cair dan mudah keluar. Coba masak air hingga mendidih, kemudian mendekat ke bagian atasnya lalu hirup uapnya. Sebaiknya hindari mendekatkan wajah terlalu dekat ke air panas, beri jarak.

  • Menghirup Air Hangat Dicampur Minyak Kayu Putih di dalamnya

Ingin lebih maksimal lagi, tambahkan campuran minyak kayu putih yang sudah terbukti menyebabkan hidung tersumbat menjadi lebih lega. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih Caplang ke air panas yang beruap tadi.

  • Kompres hidung dengan air hangat

Hidung tersumbat juga bisa diatasi dengan mengompres area hidung. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah menyiapkan handuk kecil , kemudian celup anduk saat air masih hangat dan tempelkan handuk hangat di atas hidung.

  • Buang Cairan ingus yang sudah menumpuk

Hidung tersumbat yang sudah mulai memiliki cairan lendir yang banyak, sebaiknya segera diperiksa dokter. Untuk mengatasinya, rajinlah membuang ingus yang terdapat pada hidung setiap kali perlu dibuang.

  • Pijat Hidung dengan Ringan

Hidung tersumbat juga bisa diatasi dengan memijat bagian hidung yang sedang tersumbat. Cara ini lebih mudah lagi untuk digunakan, cukup pijat bagian atas hidung dan gerakan seperti hal nya memutar hidung mn

  • Semprotkan Saline

Saline merupakan suatu larutan yang digunakan dengan cara disemprotkan ke bagian hidung, untuk membantu mengencerkan lendir pada hidung tersumbat. Larutan saline dapat dibeli di Apotek terdekat.

  • Tambahkan Bantal 

Saat hendak tidur, terkadang jenis bantal yang membuat kita sulit tidur saat hidung sedang tersumbat adalah bantal yang terlalu sejajar. Setelah adanya Gojek

  • Konsumsi Bawang Putih

Hidung tersumbat juga bisa diatasi dengan bawang putih. Zaman dulu, obat  posisi tidur saat pilek yang dipercaya adalah yang berasal dari tanaman asli. Bawang putih memiliki kandungan anti bakteri dan jamur

  • Makan Makanan Pedas

Bagi Anda yang suka makanan pedas, saat hidung sedang tersumbat adalah saat yang tepat untuk mengatasinya. Mengkonsumsi makanan pedas akan berpengaruh terhadap produksi lndir yang sama

Adapun penangananya lainya yang dapat dilakukan saat hidung tersumbat adalah:

Adapun penangananya lainya yang dapat dilakukan saat hidung tersumbat adalah:

  • Menghangatkan Badan dengan menghindari AC
  • Minum banyak Air putih
  • Mencuci hidung dengan air garam
  • Penggunaan humidifier (pelembab udara) khusus

Saat mengalami hidung tersumbat, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan keadaan yang kurang nyaman saat tertidur. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu