Sponsors Link

Hidung Tersumbat Setelah Operasi Sinusitis: Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gangguan hidung tersumbat setelah operasi sinusitis merupakan salah satu hal yang biasa. Operasi sinusitis sendiri merupakan tindakan medis yang bisa dilakukan jika penggunaan obat-obatan sudah tidak dapat memberikan hasil berupa kesembuhan bagi penderita. Namun ada kalanya beberapa orang mengalami gangguan hidung tersumbat sebelah tersebut. Jika ingin tahu lebih lanjut, simak berikut ini penyebab dan cara pengobatan hidung tersumbat setelah operasi sinusitis.

ads

Penyebab

Beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami hidung tersumbat setelah operasi sinusitis yaitu sebagai berikut:

1. Pendarahan

Keluarnya darah pasca operasi sinusitis sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun hal ini akan mengkhawatirkan apabila darah yang keluar tak kunjung henti. Darah pun bisa saja menggumpal di rongga hidung sehingga menyebabkan hidung tersumbat tapi tidak ada ingus.

2. Alergi

Hidung tersumbat dapat terjadi karena adanya alergi. Misalnya alergi terhadap debu, udara, atau lainnya. Alergi ini pun juga dapat terjadi pada Anda pasca operasi. Sebab umumnya kondisi badan akan melemah pada masa pasca operasi sehingga penyebab dari batuk alergi cenderung mudah dialami.

3. Infeksi

Infeksi yang menjangkiti Anda bisa saja menimbulkan gejala hidung tersumbat. Infeksi umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jenis patogen lainnya. Infeksi ini dapat menyebabkan luka bekas operasi gejala sinus paranasal kian tampak membesar atau bengkak.

4. Peradangan

Peradangan dapat terjadi karena adanya pendarahan, alergi, ataupun adanya infeksi pada hidung pasca operasi sinusitis.Peradangan ini pada dasarnya merupakan bentuk dari perlawanan tubuh pada penyakit yang menjangkit Anda.

5. Pembengkakan

Hidung yang tersumbat dapat disebabkan oleh adanya pembengkakan luka bekas operasi. Pembengkakan ini pun dapat terjadi karena luka tersebut meradang. Seringkali pembengkakan juga menimbulkan rasa nyeri pada luka bekas operasi Anda.

Pengobatan

Penyumbatan hidung yang mengganggu akibat dampak setelah operasi sinusitis tentunya dapat diatasi. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat meliputi konsumsi makanan dengan asupan gizi yang seimbang serta perawatan kebersihan dan kesehatan diri. Dengan memiliki pola hidup yang sehat maka stamina tubuh Anda akan tetap terjaga sehingga kondisi tetap baik meskipun pasca menjalani operasi.

2. Posisi Tidur Miring

Sponsors Link

Posisi tidur miring dengan bagian tubuh yang mengalami luka ada di bagian atas tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengatasi penyebab hidung tersumbat pasca operasi sinusitis. Jika bagian hidung kanan Anda yang mengalami operasi maka tidurlah dengan posisi badan miring ke kiri. Begitu pula sebaliknya.

3. Minum Obat Dokter

Umumnya dokter akan memberikan resep obat pada Anda setelah operasi sinusitis. Obat ini bertujuan untuk menghindarkan luka bekas operasi Anda dari infeksi ataupun penyakit lainnya. Obat dari dokter ini seharusnya diminum secara rutin sesuai dengan anjuran dokter.

4. Kontrol Tepat Waktu

Dokter tidak hanya memberikan resep obat setelah Anda menjalani operasi ciri-ciri sinusitis kambuh. Umumnya dokter akan memberikan jadwal kontrol. Anda pun wajib kontrol pada dokter sesuai dengan anjuran dokter. Dengan adanya jadwal kontrol ini maka Anda dapat menyampaikan keluhan yang mungkin terjadi pada pasca operasi. Dengan begitu, dokter dapat segera mengatasi keluhan yang terjadi dengan pengobatan yang sesuai.

Itulah beberapa penjelasan mengenai hidung tersumbat setelah operasi sinusitis, termasuk apa saja yang menjadi penyebabnya dan bagaimana langkah yang paling tepat untuk mengobatinya. Dengan demikian maka diharapkan kondisi hidung tersumbat dapat dihindari dan dapat segera disembuhkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sinus