Sponsors Link

Hidung Tersumbat Tapi Tidak Ada Ingus, Kenapa, Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Seringkali kita mengalami hidung tersumbat tapi tidak ada ingus, kenapa, apa penyebabnya? Hal ini tidak umum, karena biasanya saat hidung tersumbat sebelah maka yang terjadi adalah karena sumbatan lendir atau ingus. Sehingga ketika susah bernafas, namun di hidung tidak terdapat lendir, jadinya bertanya-tanyalah penderitanya.

ads

Apa yang menjadi penyebab hal tersebut. Sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir akan keadaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini. Penjelasan yang lebih akurat mengenai keadaan hidung tersumbat tapi tidak ada ingus, kenapa, apa penyebabnya.

Gejala

Biasanya hidung tersumbat terjadi dengan diikuti beberapa gejala yang umum, seperti misalnya:

  • Dapat terjadi bersama gejala flu disertai demam serta sakit kepala ringan yang terjadi selama beberapa hari dan tidak kunjung sembuh.
  • Mulai timbul rasa tidak nyaman di tenggorokan yang membuat terasa sakit dan susah untuk menelan.
  • Timbul rasa tidak nyaman di perut sehingga terasa mual dan ingin muntah.
  • Adanya gangguan pada sistem pernafasan yang terasa kurang lancar sehingga memiliki hambatan dalam bernafas.
  • Dapat disertai oleh batuk kering terus-menerus yang semula batuk kecil hingga lama-kelamaan membesar.
  • Nafsu makan menjadi menurun akibat kondisi badan yang kurang nyaman, sehingga berat badan juga menurun secara tidak langsung.

Penyebab

Biasanya kondisi hidung tersumbat tapi tidak ada ingus terjadi karena beberapa penyebab utama, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Gejala alergi, hal inilah yang paling mungkin terjadi jika terasa hidung tersumbat namun tidak ada lendir atau ingus di dalamnya. Oleh sebab itu perhatikan apa kira-kira yang menjadi pemicu alergi kondisi tersebut, supaya dapat diatasi dengan baik.
  • Peredaran darah yang kurang lancar, sehingga mengganggu jalannya sistem pada tubuh termasuk pada sistem pernafasan yang dapat membuat hidung terasa tersumbat tidak dapat nafas. Padahal karena kesulitan untuk memaksimalkan organ pernafasan seperti hidung maupun penyebab paru-paru sakit jika batuk.
  • Kelainan jantung atau paru, dimana penderita sering susah bernafas seolah hidung tersumbat.
  • Infeksi sistem pernafasan, dimana ada kalanya berupa batuk kering disertai pilek dan hidung tersumbat namun terjadinya di tengah saluran pernafasan. Hal ini akibat lendir yang menggumpal namun tidak mengalir pada hidung. Sehingga seolah tidak ada lendir, padahal ada sumbatan pada area saluran paru-paru.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi sumbatan pada hidung, maka ada beberapa langkah yang dapat diatasi:

  • Gunakan uap minyak kayu putih yang dicampur dengan air panas. Rasa panasnya dapat menyebar masuk ke dalam hidung sehingga pernafasan dapat lega kembali secara alami dan perlahan-lahan.
  • Gunakan obat gosok di bagian dada, leher dan di bawah hidung untuk membantu melegakan pernafasan dan memperlancar hidung mampet berkepanjangan yang tadinya terasa tersumbat.
  • Dapat pula dengan memakai obat semprot hidung atau yang berbahan dasar air untuk membantu mendorong benda asing apapun di dalam hidung yang tersumbat. Sehingga sistem pernafasan dapat kembali normal dengan seketika.
  • Dapat juga dengan parutan bawang merah yang diusap ke punggung atau perut supaya hangatnya dapat melegakan pernafasan.

Demikian keterangan singkat tentang kondisi hidung tersumbat tapi tidak ada ingus. Dengan memahami keterangan dalam artikel ini, maka sudah jelas apa saja penyebabnya. Kemudian bagaimana langkah yang tepat untuk mengatasi kondisi ini. Sehingga jika mengalami hal itu tidak perlu merasa panik. Segera saja diatasi supaya kondisi penyebab hidung tersumbat dapat cepat sembuh dan tidak kambuh lagi.

, ,
Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu