Sponsors Link

Jenis Vaksin Influenza yang Paling di Rekomendasikan Dokter

Sponsors Link

Influenza adalah penyakit yang umum dialami masyarakat Indonesia, yang disebabkan oleh infeksi virus serta menyerang saluran pernapasan. Penularan tersebut dapat terjadi melalui udara maupun kontak fisik secara langsung dengan orang yang terkena influenza atau sedang flu. influenza disertai sakit kepala biasanya dianggap sebagai penyakit yang setelah beberapa waktu akan sembuh dengan sendirinya. Padahal, jenis penyakit ini bisa menjadi kambuhan, sehingga akan lebih baik jika dilakukan penanganan khusus seperti pemberian vaksin influenza.

ads

Penyakit influenza dapat dialami siapa saja, baik dewasa hingga anak-anak. Dilansir dari alodokter, menurut WHO yang merupakan badan kesehatan dunia, menyebutkan kejadian influenza ini sudah mencapai 5 juta kasus per tahun bahkan tercatat angka kematian hingga mencapai 500.000 kasus yang banyak diderita oleh anak-anak. seperti sepele, namun Influenza sebaiknya ditangani dengan tepat agar dapat meminimalisir resiko tertular. Pemberian vaksin influenza ini kini sudah direkomendasikan untuk bayi usia 6 bulan ke atas.

Jenis Vaksin Influenza yang Wajib Diketahui

Setelah mendengar berbagai keterangan mengenai influenza dan penularanya, kita harus mengakui bahwa vaksin influenza ini ternyata memang dibutuhkan. Beberapa orang tertentu dikategorikan sebagai orang yang harus menerima vaksinasi influenza ini. Vaksin influenza akan diberikan dengan cara disuntikan, minimal 1 tahun sekali. Hal tersebut dilakukan karena karakteristik virus influenza ini akan berkembang terus setiap tahunya.

Vaksin influenza itu sendiri ternyata memiliki 2 jenis yang direkomendasikan oleh ahli medis. Vaksin tersebut adalah jenis Trivalent dan Quadrivalent. Vaksin trivalent ini memiliki kandungan dua galur influenza A (H1N1 dan H3N2), beserta galur virus influenza B. Sedangkan quadrinvalent memiliki kandungan dua galur virus influenza A (H1N1 dan H3N2) serta dua galur virus influenza B.

Adapun perbedaan dari keduanya sebagai berikut:

  1. Vaksin Trivalent:
  • Suntikan vaksin ini adalah kombinasi yang bebas telur serta diberikan pada kelompok usia pasien yang lebih dari 18 tahun
  • Vaksinasi ini juga memiliki kandungan tambahan yang dikhususkan untuk pasien usia lanjut yang mengalami influenza.
  • Vaksin trivalent memiliki dosis tinggi dan biasanya diberikan untuk pasien usia lanjut, diatas usia 65 tahun

2. Vaksin Quadrinvalent

  • Vaksin ini ada juga yang diberikan khusus untuk anak usia 4 tahun keatas
  • Vaksin yang diberikan untuk pasien usia 18 hingga 64 tahun, diberikan suntikan vaksin quadrinvalent intradermal
  • Vaksinasi quadrinvalent diberikan berdasarkan kelompok usia tertentu

Efek Samping Vaksin Infleunza

Mengenai pemberian vaksin influenza tersebut kepada pasien, apakah menimbulkan ciri-ciri influenza dan efek samping tertentu? Vaksin untuk flu ternyata sama seperti vaksin jenis lainya, dapat menimbulkan efek samping tertentu seperti :

  • Merasa gatal di area kulit yang divaksin
  • Merasa nyeri di area suntik, bahkan menimbulkan rasa sakit hingga tubuh menjadi demam
  • Kondisi badan sedikit letih dan lesu
  • Muncul reaksi alergi hingga sulit bernafas

Vaksinasi influenza umumnya dilakukan sebagian besar orang yang merasa sakit flu nya lebih dari gejala influenza dan flu ringan. Jika Anda ingin melakukan vaksin influenza seperti ini, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter kepercayaan Anda. Hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir kemungkinan yang lebih buruk setelah vaksin diberikan.

Sponsors Link

Pemberian Vaksin Influenza

Setelah mengetahui tentang vaksin influenza yang ternyata direkomendasikan oleh para tim medis ini, mungkin Anda akan bertanya, siapa saja yang harus mendapatkan vaksin influenza disertai badan ngilu ini? Vaksin flu seperti ini sangat dibutuhkan oleh beberapa kalangan, seperti ibu hamil, orang yang sakit diabetes, anak-anak, para lansia, orang yang menderita asma, para tenaga medis serta masyarakat pada umumnya. Namun, peru diketahui juga bahwa ada beberapa orang yang malah sebaiknya tidak diberikan vaksin influenza ini, seperti:

  • Anak-anak yang berada di usia 6 bulan ke bawah
  • Orang-orang yang memiliki alergi terhadap telur
  • Orang-orang yang memiliki riwayat alergi yang cukup parah, dan alergi terhadap kandungan dalam vaksinasi tersebut, seperti antibiotic atau gelatin serta kandungan lainya.

Konsultasi sebelum pemberian vaksin influenza ini sangat penting. Selain Anda bisa mendapatkan pengobatan influenza yang tepat dan cepat, Anda juga bisa melakukan konsultasi lebih dalam, sebelum penggunaan vaksin dilakukan. Orang-orang yang memiliki riwayat GBS (Guillain barre syndrome) biasanya tidak diperkenankan untuk dikenakan vaksin ini.

Kedua jenis vaksin infeksi tersebut bisa dibilang ditawarkan dengan harga 200 hingga 500 ribu per satu kali vaksin.  Anda bisa mendatangi beberapa tempat layanan vaksin di beberapa tempat seperti rumah sakit, klinik atau prosehat ( lewat aplikasi khusus).

Vaksinasi influenza ini sebenarnya memiliki beberapa kelebihan bagi pasien yang menderita flu menahun atau flu yang cukup parah dan sering mengalaminya. Saat ini mendapatkan vaksin juga lebih mudah dan Anda hanya tinggal berkonsultasi dengan tim medis mengenai vaksin influenza ini.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan