Sponsors Link

Jeruk Nipis untuk Batuk Kering : Khasiat dan Cara Penggunaanya

Sponsors Link

Batuk kering merupakan salah satu gejala batuk yang sering dialami oleh sebagian orang yang jika dibiarkan, dapat menyebabkan penyakit lain yang berbahaya. Bahkan beberapa penyakit seperti TBC, bronchitis dan penyakit lainya, memiliki gejala awal batuk kering yang cukup mengganggu. Batuk kering atau batuk lebih dari 3 bulan biasanya juga tidak ditandai dengan adanya lendir seperti batuk berdahak. Pengobatan batuk kering sendiri dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat resep dokter atau menggunakan pengobatan secara alami seperti dengan jeruk nipis.

Jeruk nipis yang mungkin sering Anda jumpai di pasar tradisional ini, ternyata merupakan jenis tumbuhan yang ampuh untuk mengatasi masalah batuk. Memiliki nama latin Citrus aurantifolia, jeruk nipis ini banyak tersebar di benua Asia hingga ke Amerika tengah. Jeruk nipis memiliki kandungan minyak atsiri serta zat-zat penting lainya, yang dapat mengontrol otot-otot di area pernafasan, sehingga pernafasan dapat kembali lega dan batuk kering bisa diatasi.

Khasiat Jeruk Nipis untuk Batuk Kering

Jeruk nipis ternyata memiliki beberapa khasiat yang ampuh untuk membantu pasien mengatasi batuk kering yang sedang dialami. bolehkah buah apel menghilangkan batuk atau buah Jeruk nipis yang sudah banyak digunakan sebagai bahan obat herbal, dengan kandungan Citrus aurantifolia, serta minyak astiri yang dapat membantu melegakan pernafasan ketika batuk. Apa saja khasiat jeruk nipis untuk batuk kering, berikut ulasanya:

  • Meningkatkan Imunitas

Mengapa seseorang bisa terkena virus atau bakteri dan terserang batuk kering, umumnya hal tersebut terjadi karena sistem imunitas yang kurang maksimal dalam tubuhnya. Jeruk nipis sama seperti buah jeruk pada umumnya, memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Saat terkena batuk kering, perasan jeruk nipis yang kita minum, juga mengandung antioksidan dan flavonoid, akan membantu untuk memacu sistem imunitas menjadi meningkat. Dengan begitu, kondisi tubuh akan lebih sehat.

  • Melembabkan Tenggorokan

Saat terkena batuk kering, tentu saja kita akan merasa area tenggorokan menjadi kering dan sakit karena terus-terusan batuk yang terkadang tidak berhenti dalam jangka waktu tertentu. Dengan menggunakan pengobatan alami jeruk nipis yang dicampur madu, dapat membuat khasiat obat batuk vicks untuk tenggorokan menjadi lebih lembab, sehingga batuk kering Anda menjadi berkurang.

  • Menghilangkan Batuk Kering

Dengan mengkonsumsi obat alami batuk kering, yaitu perasan jeruk nipis atau jeruk nipis dengan beberapa bahan alami lainya secara teratur, maka batuk kering akan lebih cepat pulih. Kandungan jeruk nipis yang tinggi akan vitamin C serta antioksidan, dengan campuran bahan alami lain seperti madu yang juga bersifat sebagai antibiotic, batuk kering yang disebabkan oleh bakteri dan virus akan teratasi tanpa kambuh.

Cara Penggunaan Jeruk Nipis untuk Batuk Kering

Saat sudah mengalami batuk kering, sebaiknya pengobatan tertentu segera dilakukan, agar dapat mengurangi reaksi batuk kering yang cukup mengganggu itu. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk pengobatan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat batuk kering yang alami dan aman. Jeruk nipis untuk batuk akibat berhenti merokok ini mudah didapatkan dan mudah diolah untuk menjadi obat. Lalu bagaimana cara penggunaan jeruk nipis untuk obat batuk kering, berikut ulasanya:

  1. Jeruk Nipis dan Madu

Campuran jeruk nipis yang sudah diperas airnya, kemudian dicampur dengan madu alami, ternyata dapat membantu mengatasi batuk kering. Berikut cara penggunaanya:

  • Siapkan jeruk nipis dan ambil 2 buah jeruk nipis yang sudah matang
  • Belah jeruk nipis menjadi dua, lalu peras airnya
  • saring perasan air jeruk nipis tersebut, lalu campurkan dengan madu satu sendok teh saja
  • campuran perasan air jeruk nipis dan madu ini sebaiknya diminum secara teratur minimal 2 kali sehari, hingga batuk reda.

  2. Seduhan Jeruk Nipis

Mungkin sebagian dari Anda kurang menyukai ramuan jeruk nipis yang dicampur dengan madu. Tidak masalah, Anda dapat membuat air seduhan jeruk nipis saja. Jeruk nipis itu sendiri, dapat membantu untuk melemaskan otot pernapasan dan mengatasi suara yang serak karena batuk kering.  Cukup peras jeruk nipis dan airnya masukan  ke dalam gelas, lalu seduh dengan air hangat. Air hangat itu sendiri, dapat memberikan efek melegakan tenggorokan. Namun, bagi Anda yang kurang suka rasa asam dari jeruk nipis, maka bisa tambahkan sedikit gula atau madu.

3. Jeruk Nipis dan Kecap

Banyak orang menganggap bahwa kecap selalu menjadi pendamping jeruk nipis untuk membantu meredakan batuk kering. Padahal, kecap ini hanya berfungsi untuk mengurangi rasa asam yang timbul dari jeruk nipis. Untuk membuatnya cukup mudah. Peras jeruk nipis dan masukan perasan airnya ke dalam gelas, tambahkan air hangat dan campurkan kecap. Anda juga memisahkan kecap manis tersebut, setelah minum air jeruk nipis hangat, baru mengkonsumsi kecap.

Batuk kering yang disebabkan oleh virus dan bakteri pada umumnya, sebenarnya batuk setelah makan pedas tidak dapat langsung sembuh dengan jeruk nipis untuk batuk kering saja. Sebaiknya, Anda periksakan dulu apa yang menjadi penyebab utama dari batuk kering tersebut. Adapun jeruk nipis untuk batuk kering hanya dapat membantu meredakan batuk kering saja.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal