Sponsors Link

3 Karakteristik Virus Influenza yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Penyakit flu memang terkesan penyakit yang sepele dan dianggap mudah sembuh. Memang seperti itu, tapi penyakit ini membawa efek yang sama sekali tidak enak untuk tubuh karena sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Meskipun penyakit ini dirasa ringan, ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa sudah beberapa hari penyakit ini tidak kunjung sembuh.

ads

Anda kemungkinan besar ada virus influenza kuat yang sudah menyerang dalam tubuh.  Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tidak peduli tua atau muda dapat terkena penyakit ini. Virus influenza ini dapat menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Virus ini menyebar lewat udara dan tidak sengaja dihirup oleh orang – orang yang tidak kuat membantengi dirinya. Penyakit ini kerap dialami orang ketika musim seperti ini yaitu musim peralihan antara musim kemarau dan musim hujan.

Artikel Terkait:

Ciri – Ciri Orang Terkena Virus Influenza

Untuk memastikan Anda tertular virus influenza atau tidak, Anda harus perhatikan beberapa ciri – ciri orang terkena  virus influenza berikut ini:

  • Terasa nyeri di seluruh tubuh

Penderita yang telah terjangkit virus influenza maka akan merasakan nyeri diseluruh tubuh, sepeti di kepala, tangan, kaki dan badan. Biasanya penderita mengurangi rasa nyeri ini dengan mengoleskan minyak kayu putih atau balsam ke bagian yang nyeri tadi.

  • Tenggorokan terasa sakit

Virus influenza pasti menyerang tenggorokan sehingga tenggorokan merasa sakit akibat terkena virus influenza. Selain sakit,tenggorokan juga terasa gatal. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan minum teh hangat atau jahe hangat.

  • Susah bernafas

Ada beberapa kasus, pendirita yang terkena virus ini mengalami susah bernafas. Hal ini membuat dadanya sesak seperti halnya penyakit sesak nafas. Kalau sudah sampai hal seperti ini, penderita harus wajib dibawa ke dokter untuk diberikan tindakan medis selanjutnya.

  • Dehidrasi Berat

Pada umumnya orang sakit susah untuk makan. Selain makan, penderita yang terkena virus influenza ini sering juga susah minum. Apabila susah minum akan berdampak pada kekurangan cairan pada tubuh atau yang dikenal sebagi dehidrasi.

  • Demam
Sponsors Link

Tubuh penderita yang terserang influenza pasti mengalami demam. Kondisi demam ini merupakan perlawanan sistem imun dengan virus. Jika sistem imun menang maka demam akan segera turun. Apabila virus influenza yang menang maka bukan hanya demam bertambah tinggi tetapi juga akan timbul beberapa penyakit baru.

  • Batuk berdahak

Penderita yang terkena virus influenza pasti berdampak pada batuk -batuk berdahak. Penderita akan merasakan terdapat lendir di tenggorokannya.

Artikel lainnya:

Karakteristik Virus Influenza

Bahkan penyakit flu ini dapat mengakibatkan penderitanya berujung pada kematian. Ada 3 tipe virus influenza yang memiliki karakteristik yang berbeda dan penangannya pun berbeda pula. Berikut ini beberapa tipe virus influenza beserta penjelasan singkatnya.

  • Tipe A
ads

Influenza tipe A merupakan virus yang mampu menyerang hewan. Namun, virus ini juga sering menyerang manusia dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem pernapasan. Hewan yang sering terkena virus ini seperti jenis unggas. Virus influenza tipe A ini merupakan virus influenza yang tumbuh subur di negara – negara tropis seperti Indonesia. Hal ini dikarenakan virus tersebut mudah berkembang biak di tempat yang lembab.

  • Tipe B

Virus influenza tipe B merupakan virus yang hanya ditemui pada manusia. Virus tipe B ini memiliki tingkat bahaya yang lebih rendah dibandingkan tipe A, namun masih memiliki kemungkinan untuk berkembang biak menjadi virus mematikan.

  • Tipe C

Virus influenza tipe c merupakan jenis yang paling ringan apabila dibandingkan dengan tipe sebelumnnya. Virus tipe B ini hanya menyerang manusia dan tidak dapat menimbulkan kerusakan serius pada sistem pernapasan.

Berikut ini beberapa karakteristik virus influenza yang haru Anda pahami, antara lain:

  • Ukuran Sangat Kecil

Virus influenza ini memiliki ukuran yang sangat kecil ultra mikroskopis bahkan lebih kecil dari pada bakteri dengan ukuran virus influenza ini sekitar 20-300 nanometer. Oleh sebab itu, virus influenza dapat hidup dan berkembangan di dalam sel yang terkecil atau bahkan virus influenza ini mampu hidup dan menempel pada bakteri. Ukuran yang sangat kecil ini diperlukan bantuan mikroskop elektron untuk melihatnya.

  • Bentuk Virus Influenza

Virus influenza ini memiliki bentuk selubung. Dimana kapsidnya dilapisi oleh membran lipid atau selubung virus. Pada virus influenza, selubung ini bermanfaat untuk menghindari virus dari sistem kekebalan tubuh inangnnya. Selain virus influenza, bentuk selubung ini juga terlihat pada HIV.

  • Sifat Virus Influenza

Virus influenza memiliki sifat antara benda hidup dan tak hidup. Hal ini dikarenakan virus influenza melakukan perkembangbiakan dengan cara memperbanyak diri akan tetapi virus influenza ini tidak melakukan metabolisme dan tergantung pada hopesnya. Selain itu virus influenza hanya memiliki asam nukleat (DNA atau RNA) sehingga dapat hidup di dua fase yaitu fase di dalam sel hidup dan fase diluar sel hidup.

Nah, demikianlah beberapa karakteristik virus influenza yang dapat menyerang manusia. Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami penyakit flu maka segeralah berobat dan karakteristik virus influenza tersebut diharapkan mampu membantu Anda dalam mengidentifikasi gejala penyakit flu.

, ,