Sponsors Link

Keluar Dahak Setelah Makan : Penyebab – Bahaya – Pengobatan

Sponsors Link

Pernahkan Anda merasa seperti berdahak setelah mengkonsumsi makanan tertentu? Lendir (dahak) yang berada di antara saluran pernafasan dan saluran tenggorokan ini biasanya muncul saat kita sedang terkena penyakit flu, batuk atau pilek. Namun, bagaimana jadinya jika lendir ini muncul setelah mengkonsumsi makanan? Umumnya, orang yang berdahak setelah makan sebelumnya telah mengkonsumsi setiap habis makan keluar dahak  beberapa jenis makanan seperti makanan pedas dan makanan dingin.

ads

Penyebab Keluar Dahak Setelah Makan

Dahak adalah suatu cairan yang kental dan dikeluarkan ketika seseorang mengalami infeksi pada saluran THT. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena alergi makanan tertentu, seperti kacang-kacangan dan olahan susu. Namun, jika penyebab munculnya lendir setelah makan ini bukan disebabkan oleh makananya, bisa jadi orang tersebut memang menderita penyakit saluran pernafasan seperti sinusitis.

Bahaya Keluar Dahak Setelah Makan

Jika indikasi keluarnya dahak setelah makan ini bukan  olahraga untuk sinusitis disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi, maka keluhan penyakit lainya yang mungkin adalah penyakit pada saluran pernafasan seperti sinusitis. Penyakit ini biasanya disertai gejala lainya seperti :

  • Mengalami sakit kepala
  • Mengalami sakit gigi
  • Mengalami demam
  • Mengalami hidup tersumbat
  • Mengeluarkan nafas berbau
  • Terdapat dahak di area tenggorokan

Jika keadaan yang dialami, berupa keluar dahak setiap sehabis keluar darah pasca operasi sinus  makan tidak kunjung sembuh maka segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Pengobatan Dahak

Dahak yang terdapat pada area tenggorokan biasanya akan membuat kita tidak nyaman. Dahak tersebut dapat menimbulkan batuk berdahak atau juga dapat mengental hingga sulit dikeluarkan. Namun, Anda tidak usah khawatir karena beberapa cara berikut ini dapat membantu untuk mengeluarkan dahak dengan cepat :

  • Minum Teh Madu Lemon

Madu dan lemon merupakan dua hal yang sering digunakan anak makan es krim saat batuk pilek  dalam dunia pengobatan sebagai obat alami untuk meringankan gejala penyakit. Dalam hal menghilangkan dahak, Anda bisa menggunakan teh lemon dengan cara mencampurkan 2 sendok teh jus lemon dengan air hangat. Lemon yang rasanya masam ini dapat memecahkan dahak yang kental. Tambahkan sesendok madu agar tenggorokan tetap sejuk.

  • Meminum Cairan Hangat

Ketika terdapat dahak yang kental di area tenggorokan, kita bisa bantu untuk menguranginya dengan cara meminum cairan hangat. Beberapa jenis makanan dan minuman cair seperti sup ayam, teh hangat dapat menghancurkan lendir yang terdapat di sekitar tenggorokan. Tidak hanya itu, nutrisi bagi tubuh kita juga tetap terpenuhi.

  • Hindari Hal-Hal yang Membuat Dahak Meningkat

Ternyata ada beberapa hal yang membuat produksi lendir (dahak) dalam saluran tenggorokan menjadi meningkat, yaitu kebiasaan tertentu seperti merokok, minum susu dan sering terkena paparan uap serta zat kimia tertentu. Sebaiknya hindari atau kurangi hal-hal tersebut agar dahak cepatcbenarkah makan gorengan bikin batuk  disembuhkan.

  • Buang Dahak Setiap Kali Batuk

Jangan lupa untuk membuang dahak yang tertahan di tenggorokan setiap kali batuk, bukan malah menelanya. Hal tersebut juga dapat membantu dahak lebih cepat keluar.

Dahak yang terdapat di tenggorokan setiap kali selesai makan, bukan pertanda penyakit serius jika memang jarang terjadi. Namun, jika hal tersebut terjadi secara berulang dalam kurun waktu yang lama, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk diagnosis penyakit lebih lanjut. Keluar dahak setelah makan bukan hal yang berbahaya, namun harus tetap diwaspadai gejalanya.

, , ,