Sponsors Link

Kenapa Keluar Darah Pasca Operasi Sinus? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Kenapa Keluar Darah Pasca Operasi Sinus? Apakah Berbahaya? Banyak sekali pertanyaan seputar ini saat penderita sinusitis melakukan operasi sinus. Keluarnya darah setelah tindakan operasi sinus merupakan hal yang umum terjadi pada pasien sinusitis dan tidak terlalu berbahaya. Keluhan keluarnya darah dari hidung ini biasanya berlangsung selama dua sampai tiga minggu. Terkadang, pendarahan terjadi bisa lebih lama dari tiga minggu. Hal ini dikarenakan oleh karena sinus pasien terjadi infeksi sekunder, alergi, atau komplikasi tindakan operasi sinus. Perlu diketahui juga dampak setelah operasi sinusitis.

ads

Tindakan operasi sinus adalah tindakan terakhir paling beresiko yang harus ditempuh oleh pasien penderita sinusitis kronis dimana metode penyembuhan dengan mengkonsumsi obat dan fisioterapi tidak menghasilkan dampak positif pada proses penyembuhan penyakit sinusitis. Berikut ini beberapa penyebab kenapa keluar darah pasca operasi sinus.

1. Efek Metode

Salah satu jenis operasi sinus yang dapat dilakukan oleh pasien adalah operasi FESS atau BSEF (Bedah Sinus Endoskopi Fungsional). Jika pengobatan berkala dengan cara pemberian obat tidak membawa hasil yang baik, penderita penyakit sinusitis kronis dapat melakukan operasi bahaya sinusitis ke otak dengan metode FESS. Dalam persiapan operasi sinus harus dilakukan terlebih dahulu observasi atau pemeriksaan kondisi penyakit sinusitis. Observasi dilakukan dengan cara rontgen atau CT scan dimana hasil observasi ini dapat diambil kesimpulan dibutuhkan atau tidaknya tindakan operasi sinus.

Alat operasi sinus FESS yang digunakan berupa selang yang dilengkapi oleh kamera untuk memeriksa peradangan yang terjadi pada sinus. Bius lokal dibutuhkan agar pasien operasi FESS tidak merasakan sakit saat operasi berlangsung. Resiko pendarahan yang mungkin terjadi setelah proses bedah FESS membuat cara operasi ini tidak disarankan bagi pasien penderita sinusitis yang mempunyai kelainan pada peredaran darah seperti penyakit hipertensi atau anemia. Dari macam-macam operasi sinus kita jadi semakin tahu kenapa keluar darah pasca operasi sinus?

2. Efek Pembedahan

Operasi sinus lainnya adalah operasi killian, dimana dilakukan pembedahan di bagian frontal sinus. Tidak berbeda dengan operasi FESS, observasi dilakukan dengan cara endoskopi dan atau CT scan. Operasi killian biasanya dilakukan berbeda-beda menurut tingkat infeksi maupun pembengkakan sinus frontal. Sayatan kecil sebagai aliran aerial dan mengikis semua gumpalan lendir yang mengeras di bagian frontal sinus dilakukan sebagai opeasi killian.

Terdapat bahaya sinusitis frontalis dan diperlukan tindakan operasi jika diperlukan. Tindakan pengikisan mempunyai resiko pendarahan. Kondisi kesehatan pasien sebelum operasi harus diteliti dan dipastikan tidak mempunyai resiko lain pasca operasi. Observasi ini dilakukan setidaknya dua minggu sebelum operasi dilangsungkan.

3. Pendarahan

5 dampak setelah operasi sinusitis yang wajib anda perhatikan salah satunya terjadinya pendarahan yang cukup mengganggu. Kemungkinan efek samping lain dari operasi sinus dapat terjadi dan perlu diperhatikan. Rasa nyeri di sekitar hidung bisa terjadi setelah operasi sinus dilakukan. Facial pain, atau nyeri di wajah biasanya terjadi di sekitar hidung tenggorokan.

Karena pusing karena sinusitis adalah penyakit yang berhubungan dengan hidung, cairan kuning dan berbau dapat terjadi setelah operasi sinus. Rasa lemas setelah operasi pasti dialami oleh setiap pasien yang melakukan operasi. Rasa lemas ini dikarenakan karena terjadinya pengurasan terhadap sistem kerja yang terganggu sementara. Penambahan asupan energi dari makanan dan istirahat yang cukup untuk pemulihan sangat diperlukan. Pengonsumsian makanan yang bergizi perlu dijalankan dengan teratur agar membantu proses pemulihan.

Sponsors Link

4. Aktivitas Fisik

Pasca operasi sebaiknya memperhatikan kegiatan sehari-hari agar pendarahan dapat dihindari seminim mungkin terjadi dan proses penyembuhan pasca operasi tidak terganggu. Makanan yang baik untuk dikonsumsi sebaiknya berupa sayur dan buah karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sebanyak minimal makanan untuk flu yang dapat juga membantu penyembuhan pasca operasi sinus. Makanan berlemak perlu dihindari  agar proses penyembuhan tidak terganggu.

Jika ingin mengkonsumsi sayuran yang mendukung penyembuhan sinus, terdapat sayuran yang bagus untuk flu. Minum air yang banyak sangat dianjurkan karena air putih sangat membantu mengencerkan darah yang bertugas sebagai pembawa senyawa. makanan yang berlemak dan mengandung minyak jika dikonsumsi oleh tubuh dan tidak dapat dicerna lemak ini akan mengalir dan mengendap pada sinus. Hal ini menyebabkan terjadinya pengendapan pada sinus dan proses penyembuhan sinus akan terhambat.

Sponsors Link

Bahayakah atau Tidak Keluar Darah Setelah Operasi Sinus?

Kenapa Keluar Darah Pasca Operasi Sinus? Apakah Berbahaya? Dari penjelasan di atas, keluar darah dari hidung dan lendir sudah umum terjadi pada pasien penderita sinusitis akut. Jika dibiarkan dan tidak ada pencegahan dari keluarnya darah bisa jadi berbahaya, namun tindakan-tindakan pencegahan seperti penyumbatan dan makan makanan yang tepat sangat membantu.

Untuk menghindari kambuhnya sinus, dapat dibaca penyebab sinusitis. Pola hidup sehat dengan mengurangi kolesterol, gula, dan berbagai macam makanan yang mengandung dua hal tersebut dapat menghindarkan para pasien penderita sinusitis akut dari terganggunya proses penyembuhan setelah operasi. Olahraga yang secukupnya dapat dilakukan agar badan tetap fit, makanan yang dikonsumsi dapat dibakar oleh tubuh menjadi energi dan tidak mengendaa dalam tubuh serta menjadi penyakit di kemudian hari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan