Sponsors Link

Kepala Pusing Karena Flu: Penyebab – Bahaya – Penangananya

Sponsors Link

Flu merupakan suatu penyakit umum yang sering dialami oleh pasien dewasa dan anak-anak yang dapat menular. Penyakit flu ini juga biasa disebut influenza. Umumnya, orang sering menganggap flu adalah gejala pilek serta sekumpulan gejala lainya seperti bersin, dan batuk serta radang tenggorokan. Flu disebabkan oleh serangan virus dan mudah sekali menyerang pasien yang sering flu saat bangun tidur dalam keadaan sistem imunya sedang menurun.

ads

Jika ditelusuri, penyakit flu ini memiliki beberapa gejala awal yang biasanya dialami sebagian orang yang terkena flu. Salah satu gejalanya yang cukup membuat tidak nyaman adalah pusing. Pusing bisa digambarkan sebagai sensasi rasa seperti kehilangan keseimbangan, limbung hingga seperti mau pingsan. Umumnya, pusing banyak dirasakan oleh orang dewasa. Pusing adalah suatu gejala penyakit yang ringan, namun tetap harus dikonsultasikan terlebih dulu.

Gejala Pusing

Pusing merupakan salah satu gejala dari flu dan terkadang sinusitis kambuh setelah operasi yang cukup menganggu, jika dirasakan pasien dalam waktu cukup lama. Ketika merasakan pusing, pasien biasanya akan merasakan gejala lain seperti :

  1. Muncul sensasi kepala terasa berat dan mengambang
  2. Muncul rasa seperti limbung serta kehilangan keseimbangan
  3. Keadaan sekeliling seperti bergerak dan berputar
  4. Muncul rasa ingin pingsan

Penyebab Pusing Karena Flu

Seseorang yang mengalami pusing, sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun, dalam hal ini pusing yang terjadi disebabkan karena penyebab tenggorokan sakit saat batuk serta sakit flu. Jika sedang flu, virus yang menyerang saluran pernafasan bagian atas, bisa menjadi sebab kepala menjadi pusing. Selain itu, ada beberapa faktor lainya yang menyebabkan pusing, seperti:

  • Vertigo, terjadinya gangguan keseimbangan karena kelainan dalam proses pengiriman sinyak ke saraf menuju otak. Salah satu penyebabnya adalah migrain.
  • Sirkulasi peredaran darah, kondisi ini terjadi saat jantung tidak memompa darah dengan maksimal ke bagian otak. Efeknya akan terjadi penurunan tekanan darah, sehingga menimbulkan pusing
  • Pengaruh obat-obatan yang sedang dikonsumsi, beberapa jenis obat antidepresan, obat antikejang dan obat bius dapat menimbulkan pusing
  • Anemia, kekurangan darah umumnya membuat kondisi tubuh menjadi sakit dan pusing kepala
  • Gangguan saraf (Parkinson dan sklerosis), gangguan saraf seperti ini juga bisa jadi salah satu dari korbanya.
  • Dehidrasi, kekurangan cairan tubuh ketika cuaca sedang panas
  • Hipoglikemia, pusing dapat terjadi karena tubuh banyak kekurangan zat gula

Bahaya Pusing Karena Flu

Saat kepala pusing, mungkin sebagian orang akan menganggap bahwa ini adalah penyakit biasa yang akan sembuh dengan sendirinya. Sebaiknya, Anda minum vitamin untuk flu dan tidak menganggap sepele seperti ini karena pusing juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Bisa jadi Anda sudah mengalami pusing selama 2 tahun, namun karena sering mengabaikanya, setelah diperiksa ternyata Anda mengidap tumor yang berbahaya. Bahaya lainya yang bisa timbul karena pusing seperti :

  • Sering pusing selama beberapa menit, bisa menjadi tanda ada pendarahan di otak kecil
  • Sering mengalami pusing yang tidak tetap , bisa jadi pertanda migraine atau pembengkakan pembuluh darah di otak
  • Sering merasa pusing hingga menjalar ke bagian mata, bisa jadi merupakan pertanda sinusitis dan glaucoma
  • Sering pusing ketika usia diatas 50 tahun, sering terasa di bagian kanan atau kiri bisa jadi pertanda penyakit jantung (pada lansia)
  • Jika pusing setelah olahraga dan sudah berlangsung hingga waktu bulanan, bisa jadi ini merupakan pertanda stroke

Maka dari itu ketahui khasiat gambir untuk pilek dan perhatikan setiap gejala pusing yang terjadi saat flu dalam waktu yang lama, segera konsultasikan ke dokter.

Penanganan Kepala Pusing Karena Flu

Jika seseorang mengalami flu , biasanya setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan kondisi pusing yang dialami. Dokter akan memberikan obat yang berfungsi untuk khasiat bodrex flu dan batuk  dalam mengurangi rasa pusing seperti obat golongan antikolinergik , antikecemasan hingga obat untuk migrain. Bagi pasien dengan riwayat penyakit vertigo dokter akan memberikan obat antihistamin.

Sponsors Link

Selain pengobatan yang diberikan oleh dokter, beberapa pengobatan dengan terapi untuk mengatasi pusing juga bisa dilakukan. Salah satu terapinya adalah merubah posisi kepala bagi penderita vertigo yang disebut terapi maneuver epley. Jika memang sudah membahayakan kesehatan, dokter juga menyarankan penanganan lainya yaitu dengan prosedur operasi untuk beberapa kondisi tertentu. Salah satunya dengan labyrinhectomy untuk kasus pusing dan sakit tenggorokan sebelum flu serta gangguan pendengaran.

Selain itu, penanganan sederhana untuk mengatasi kepala pusing karena flu juga bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Hindari untuk berdiri secara tiba-tiba , karena biasanya pusing sering muncul karena berbaring atau duduk yang tiba-tiba langsung berdiri.
  • Batasi konsumsi minuman keras dan kebiasaan jelek merokok. Batasi juga minuman yang mengandung kafein agar gejala pusing berkurang
  • Perbanyak minum agar mencegah dehidrasi dan kepanasan yang terkadang bisa membuat pusing muncul
  • Makanlah dengan teratur, karena ada suatu kondisi dimana orang mengalami pusing dan pingsan karena sering melewatkan sarapan pagi
  • Jika merasa lelah dan mulai hilang keseimbangan, sebaiknya segera duduk, jangan dipaksakan untuk terus berdiri

Gejala pusing yang ringan yang disebabkan oleh sakit flu, biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, bisa jadi gejala pusing ini dapat mengindikasikan adanya penyakit lain yang berbahaya jika dibiarkan tanpa penanganan medis. Jika pusing yang dirasakan ternyata terjadi cukup lama, muncul tanpa sebab serta sering merasa kepala pusing karena flu, segera konsultasikan ke dokter agar diketahui penyebabnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Pra Batuk Flu