Sponsors Link

3 Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Batuk yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Ketika sudah memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini akan membuat sistem kekebalan pada tubuh kita mengalami penurunan jika kita tidak mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan serta minuman yang berfungsi untuk menjaga stamina serta daya tahan tubuh.

ads

Ketika sistem kekebalan tubuh pada seseorang sudah mulai menurun maka akan membuatnya rentan terserang berbagai macam penyakit maupun kondisi lainnya yang mengganggu. Salah satu kondisi atau gangguan yang menyerang seseorang yang mengalami daya tahan tubuh menurun yaitu batuk. Tentunya setiap orang pernah mengalami batuk, baik yang disebabkan oleh daya tahan tubuh menurun maupun disebabkan karena ia kemasukan benda asing seperti debu, asap, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian masyarakat, batuk merupakan suatu kondisi yang wajar yang bisa dialami oleh siapa saja. Kondisi ini lebih banyak menyerang anak – anak dan memang batuk biasanya akan sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa dilakukan pengobatan apapun. Namun anda juga harus waspada karena batuk bisa menjadi sebuah pemicu bahwa pada waktu itu anda mengalami penyakit tertentu.

Maka dari itu, daripada anda terus – terusan menderita batuk, alangkah baiknya jika anda melakukan tindakan pengobatan yaitu dengan cara mengkonsumsi belimbing wuluh yang akan kami jelaskan di bawah ini. Sebelum itu, kami menyarankan anda untuk membaca beberapa informasi, antara lain:

Seputar Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga disebut dengan belimbing asam. Mengapa? Karena memang rasa dari belimbing ini asam dan banyak orang yang tidak menyukai rasa tersebut. Konon, belimbing wuluh merupakan tanaman yang berasal dari Benua Amerika, akan tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa belimbing wuluh merupakan tanaman khas dari Kepulauan Maluku.

Meskipun belimbing wuluh termasuk ke dalam jenis buah, akan tetapi sangat jarang orang yang mengkonsumsi belimbing wuluh secara langsung. Malah kebanyakan orang – orang terutama ibu rumah tangga lebih menggunakan belimbing wuluh untuk penyedap makanan maupun tambahan rasa pada makanan. Hal inilah yang menyebabkan belimbing wuluh juga disebut dengan belimbing sayur.

Selain itu anda juga harus tahu bahwa belimbing wuluh sangat ampuh digunakan untuk mengobati batuk. Banyak orang – orang lebih memilih menyembuhkan batuk yang sedang diderita dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai media untuk kesembuhannya. Dan mungkin hal ini baru anda ketahui karena umumnya dalam penyembuhan batuk orang – orang menggunakan jahe, madu, maupun juga lemon.

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai khasiat belimbuh wuluh untuk batuk yang perlu anda ketahui.

1. Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Batuk Bayi

Khasiat belimbuh wuluh untuk batuk yang pertama adalah digunakan untuk membantu mengobati batuk pada bayi. Semua orang tua tentunya akan khawatir ketika buah hati kecilnya mengalami batuk. Batuk yang menyerang bayi disebabkan karena sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna yang kemudian menyebabkan bayi tersebut mudah terserang berbagai gangguan, salah satunya batuk.

Sponsors Link

Belimbing wuluh memang ampuh untuk membantu mengobati batuk pada bayi. Namun kebanyakan orang lebih menggunakan kembang belimbing wuluh yang akan kami jelaskan berikut ini.

  • Yang pertama adalah anda harus menyiapkan beberapa bunga atau kembang belimbuh wuluh yang masih mekar dan kemudian anda cuci bersih menggunakan air mengalir.
  • Siapkan air sebanyak kurang lebih 5 gelas dan kemudian anda rebus air tersebut dengan menggunakan api kecil.
  • Yang ketiga adalah anda masukkan kembang belimbuh wuluh yang sudah anda cuci tadi dengan juga menambahkan gula batu ke dalam air rebusan tersebut. Tunggu sampai nanti airnya berubah warna menjadi merah.
  • Anda aduk terus sampai airnya nanti akan berubah warna menjadi merah tua dan airnya tersisa kira – kira sekitar dua gelas.
  • Setelah itu, anda matikan kompor dan kemudian tunggu sampai air tersebut agak dingin.
  • Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan menyaring air rebusan tadi dan siapkan tempat untuk menyaringnya.
  • Anda bisa langsung meminumnya atau mungkin bisa anda simpan terlebih dahulu di lemari es. Konsumsi ramuan ini minimal dua klai sehari untuk meningkatkan khasiatnya.

2. Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Batuk Berdahak

Sponsors Link

Manfaat atau khasiat belimbing wuluh untuk batuk yang kedua adalah untuk membantu mengobati batuk berdahak atau batuk basah. Seperti yang anda ketahui bahwa batuk berdahak identik dengan dahak karena memang batuk berdahak ini disebabkan karena dahak yang menumpuk di tenggorokan anda.

Maka dari itu, cara kerja dari belimbuh wuluh ini yakni meredakan dahak yang anda alami. Untuk cara yang harus anda lakukan kurang lebih sama dengan ketika anda mengobati batuk pada bayi. Perlu anda ingat bahwa yang terpenting dari pengobatan adalah anda menggunakannya secara rutin minimal dua kali dalam sehari.

3. Khasiat Belimbing Wuluh Untuk Batuk Kering

Selain digunakan untuk mengobati batuk berdahak, belimbuh wuluh juga ampuh digunakan untuk mengobati batuk kering atau yang disebut dengan batuk kering.

Yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Anda siapkan belimbing wuluh sebanyak kurang lebih 5 buah.
  • Cuci belimbuh wuluh sampai bersih dengan menggunakan air mengalir.
  • Kemudian anda rebus belimbing wuluh tersebut di dalam air sebanyak 5 gelas.
  • Anda bisa menambahkan garam ke dalam air rebusan tersebut.
  • Setelah itu, anda saring air rebusan tadi dan langsung diminum selagi masih hangat.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan khasiat belimbuh wuluh untuk batuk. Semoga informasi ini bermanfaat. Anda juga kami sarankan untuk membaca mengenai obat tradisional untuk batuk bronkitis dan ramuan tradisional untuk batuk berdarah.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan