Sponsors Link

Inilah 9 Khasiat Daun Jarak Untuk Batuk Bagi Kesehatan Paling Lengkap

Sponsors Link

Banyak yang belum mengetahui apa  sebenarnya Daun jarak itu? Daun jarak merupakan tanaman atau tumbuhan liar yang dapat ditemukan di hutan, tanah kosong, daerah pantai maupun perkebunan. Daun jarak ini, banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, daun jarak juga kerap kali digunakan bukan hanya bagi kecantikan tapi juga bekerja bagi kesehatan, terutama pada pengobatan batuk setelah minum obat.

ads

Batuk yang Anda alami kini dapat diatasi dengan menggunakan daun jarak saja. Khasiat daun jarak untuk batuk ini terbukti efektif dalam melegakan tenggorokan yang disebabkan oleh batuk. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat Daun Jarak

Anda dapat mengetahui khasiat daun jarak untuk batuk yang cukup efektif dalam mengatasi batuk hingga peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Berikut ini beberapa khasiat dari daun jarak.

  1. Daun jarak ini terbukti ampuh menyembuhkan ciri-ciri batuk karena masuk angin, Anda cukup merebus beberapa lembar daun atau akar jarak, lalu diminum selagi hangat untuk tiga kali sehari. Ini juga dapat mengencerkan dahak yang menyumbat di tenggorokan ataupun pada hidung. Cukup dengan merebus beberapa lembar daun jarak dengan air sebanyak 7 gelas. Minum air rebusan tersebut setiap pagi dan sore hari hingga Anda merasakan khasiat dari rebusan tersebut.
  2. Daun jarak juga mengandung quercetin, kaempfrol, nicotiflorin yang mana mampu mencegah, menyembuhkan serta meringankan beberapa penyakit, termasuk obat batuk untuk penderita hiv. Hal ini juga dapat mencegah efek samping serta gejala-gejala yang disebabkan oleh batuk.
  3. Daun jarak juga begitu bermanfaat bagi balita yang terkena penyakit seperti batuk, flu, ataupun pilek. Cukup dengan memetik beberapa lembar daun jarak, ditumbuk halus lalu dicampurkan dengan minyak telon yang nantinya akan dioleskan pada tubuh balita.
  4. Selain itu, daun jarak ini juga dapat menurunkan demam pada balita maupun pada orang dewasa yang disebabkan oleh obat batuk berdarah alergi ataupun pilek dan flu.
  5. Daun jarak juga mampu mengatasi pendarahan, yang mana ini dapat dilihat ketika Anda batuk yang disertai darah. Penyakit ini dapat disebut hemosiderosis yang membuat tenggorokan terasa gatal.
  6. Rebusan daun jarak juga terbukti mampu mengatasi cara mengatasi hidung meler terus tersumbat dan batuk kering. Daun jarak ini akan berfungsi dalam melegakan tenggorokan, serta mendinginkan saluran pernapasan agar Anda dapat bernapas dengan lega.
  7. Selain itu, rebusan daun jarak ini mampu bekerja dalam mengatasi peradangan yang disebabkan oleh batuk kering yang terus menerus muncul.
  8. Dengan mengonsumsi daun jarak pagar ini yang dapat bekerja sebagai anti inflamasi mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan batuk, seperti cairan sinusitis keluar, bronkhitis ataupun rhinitis.
  9. Daun jarak pagar bermanfaat untuk mencegah berbagai komplikasi yang mungkin terjadi dari gejala batuk. Seperti kanker, tumor, dan mencegah infeksi terutama pada tenggorokan. Cukup meminum rebusan air daun jarak sesuai takaran setiap hari  sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebelum mengonsumsi daun jarak, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengecek apakah daun jarak cocok untuk Anda konsumsi jika dilihat dari riwayat kesehatan Anda. Hal ini sebagai langkah untuk mencegah efek samping dari gerakan yoga untuk menghilangkan batuk lebih bertambah dan menjadi komplikasi penyakit berbahaya. Demikianlah khasiat daun jarak untuk batuk yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk mengobati berbagai jenis penyakit terutama batuk. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal