Sponsors Link

Khasiat Daun Miana Untuk Batuk yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Mungkin anda masih asing jika mendengar kata daun miana karena memang tidak banyak orang yang mengetahui tentang informasi yang berhubungan dengan daun miana. Daun miana sebenarnya memiliki beberapa nama yang terkadang antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya akan berbeda. Perlu anda tahu bahwa daun miana disebut juga sebagai daun iler, daun jawer kotok, dan lain sebagainya.

ads

Tanaman daun miana juga banyak digunakan sebagai tanaman hias karena memang tanaman ini memiliki bentuk daun yang lumayan unik yang membuat banyak orang menjadikannya sebagai salah satu pilihan tanaman hias yang bisa digunakan. Namun sebenarnya ada hal lainnya yang lebih penting dari hanya sekedar dimanfaatkan sebagai tanaman hias, yakni digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit.

Penyebab Batuk

Salah satu penyakit yang secara umum menggunakan daun miana sebagai pengobatannya adalah batuk. Meskipun batuk sebenarnya bukanlah sebuah penyakit karena memang merupakan sebuah reaksi tubuh terhadap benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh kita, namun jika kondisi tersebut tidak kunjung sembuh maka tentunya hal ini bisa menjadi sebuah penyakit.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda semuanya mengenai khasiat daun miana untuk batuk yang mungkin saja anda belum pernah mengetahuinya. Namun sebelum itu, anda harus tahu terlebih dahulu mengenai apa saja hal yang bisa menyebabkan anda mengalami batuk. Di bawah inni beberapa hal yang bisa menyebabkan anda mengalami batuk:

1. Alergi

Penyebab pertama anda mengalami batuk adalah karena disebabkan oleh alergi. Alergi di sini bisa berasal dari mana saja dan dalam bentuk apa saja. Namun, beberapa alergi yang sering muncul adalah seperti misalnya asap rokok, asap kendaraan bermotor, atau mungkin anda mengalami alergi karena menghirup bunga, atau bisa juga karena anda terkena debu. Anda juga harus mengetahui mengenai penyebab batuk tidak berdahak dan khasiat nanas untuk batuk.

Kemudian nantinya tubuh anda akan bereaksi dan berusaha mengeluarkannya melalui batuk. Batuk yang anda alami tersebut biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun jika dalam beberapa hari batuk tersebut tidak menunjukkan tanda – tanda kesembuhan, maka tentunya anda harus segera melakukan pengobatan.

2. Virus

Penyebab batuk yang kedua adalah bisa juga disebabkan oleh virus yang menyerang. Banyak hal yang bisa membuat anda terkena serangan virus, salah satuny adalah ketika sistem pertahanan atau sistem imunisasi anda sudah mulai menurun. Efek dari terkena virus ini awalnya akan berdampak pada kondisi lain yang akan anda alami seperti mengalami flu atau pilek dan kemudian nantinya akan mengarah pada batuk.

Khasiat Daun Miana Untuk Batuk

Setelah mengetahui tentang informasi tentang apa saja hal yang bisa menyebabkan anda mengalami batuk, maka selanjutnya kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai khasiat daun maiana yang harus anda ketahui.

Sponsors Link

1. Mengobati Batuk Berdahak

Khasiat daun maiana yang umum dimanfaatkan adalah untuk membantu mengobati batuk berdahak. Batuk berdahak merupakan suatu kondisi dimana ketika seseorang mengalami batuk maka akan disertai dengan mengeluarkan dahak atau lendir yang memiliki tekstur kental.

Kondisi ini disebabkan karena saluran pernapasan anda mengalami inflamasi diakibatkan banyaknya lendir atau dahak yang menumpuk. Jika sudah seperti ini, maka yang harus anda lakukan adalah segera mengobatinya dengan menggunakan daun maiana dan jangan membiarkannya begitu saja.

Adapun cara yang harus anda lakukan untuk mengobati batuk menggunakan daun maiana adalah seperti di bawah ini:

  • Anda siapkan beberapa lembar daun miana antara 3 sampai 7 dan kemudian anda cuci sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir.
  • Anda siapkan air sebanyak 2 sampai 3 gelas dan kemudian anda masak air tersebut dengan menggunakan api yang tidak terlalu besar.
    Sponsors Link

  • Ketika sudah mendidih, maka kemudian anda tinggal masukkan daun maiana ke dalam air panas tersebut.
  • Setelah itu, anda saring air yang sudah tercampur dengan daun maiana miana tadi.
  • Selanjutnya yaitu anda bisa mencampurkannya dengan menggunakan madu karena daun ini sebenarnya memiliki rasa yang sangat pahit.
  • Anda juga bisa menambahkan kuning telor jika memang diperlukan.
  • Yang terakhir adalah tinggal anda minum. Disarankan untuk meminum ramuan ini sebanyak kurang lebih 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore hari.

2. Mengobati Batuk Tidak Berdahak

Selain digunakan untuk membantu mengobati batuk berdahak, khasiat daun miana juga bisa anda gunakan untuk membantu mengobati batuk kering atau yang juga disebut sebagai batuk tidak berdahak. Batuk tidak berdahak merupakan sebuah kondisi yang mana ketika anda batuk tidak akan disertai dengan keluarnya dahak atau yang disebut sebagai lendir.

Meskipun awalnya kondisi ini biasa saja, namun jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka tentunya harus anda segera lakukan penanganan, salah satu yang bisa menjadi alternatif untuk anda adalah dengan menggunakan daun miana.

Untuk cara pengobatan yang harus anda lakukan tidak jauh berbeda dengan ketika anda menggunakannya untuk membantu mengobati batuk berdahak. Sementara itu, khasiat dari daun miana ini sama dengan ketika anda mengobati batuk dengan khasiat belimbing wuluh untuk batuk, khasiat bawang merah untuk batuk, dan juga mengenai khasiat daun sirih untuk batuk.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal