Sponsors Link

4 Khasiat Daun Sambiloto Untuk Sinusitis yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mendengar atau melihat daun sambiloto? Daun Sambiloto adalah tumbuhan atau tanaman yang kerap kali dimanfaatkan sebagai alternatif untuk pengobatan suatu penyakit. Terutama pada sinusitis. Anda dapat menggunakan daun sambiloto jika Anda tidak dapat mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Lalu apa saja khasiat dari daun sambiloto ini? Berikut penjelasan tentang khasiat daun sambiloto untuk sinusitis.

ads

Khasiat Daun Sambiloto

Daun sambiloto ini merupakan tumbuhan atau daun yang memiliki Andrographis Paniculata Ness, tumbuh setegak 90 cm dan telah digunakan manfaatnya sejak dulu. Di berbagai daerah, daun sambiloto ini dikenal dengan nama yang berbeda seperti Ampadu Tanah – di Sumatera Barat, Sambiloto, Ki Pait, Bidara dan Andiloto di Jawa Tengah, Ki Oray untuk Sunda, Pepaitan di Madura, dan nama asingnya ialah Chuan Xin Lien. Berikut ini penjelasan mengenai khasiat daun sambiloto.

  1. Khasiat daun sambiloto untuk sinusitis ini memiliki kemampuan tersendiri dalam menyembuhkan hidung yang terkena sinus. Dengan kandungannya seperti lakton diterpen, glikosida, b sitosterol d glucoside dan flavonoid dalam daun sambiloto – yang bekerja untuk mengatasi sinusitis. Beberapa kandungan tersebut bersifat anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan akibat sinusitis secara maksimal. Dan juga sifat anti inflamasi atau anti radang tersebut dapat meringankan berbagai gejala yang timbul karena sinusitis yang Anda alami.
  2. Selain itu, beberapa kandungan dan khasiat daun sambiloto untuk cairan sinusitis keluar tadi mampu menghambat produksi dan juga pelepasan histamin yang menyebabkan hidung meler dan mata berair.
  3. Daun sambiloto ini dengan kandungannya, selain bersifat anti histamin juga bersifat anti bakteri, anti viral, dan anti parasit yang bekerja langsung mengatasi infeksi akibat sinusitis tidak boleh minum susu.
  4. Pun dapat meningkatkan sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Anda pun tidak perlu khawatir, mengonsumsi daun sambiloto ini tidak akan merasakan efek samping atau ketergantungan karena sifatnya yang alami. Sebagai tambahan, daun sambiloto ini juga dapat mengobati beberapa gejala sinusitis ataupun komplikasi penyakit yang disebabkan oleh sinusitis, seperti dibawah ini:

  1. Radang paru atau pneumonia
  2. Radang saluran pernapasan atau bronkitis
  3. Radang tenggorokan
  4. Mengobati demam
  5. Sesak napas (asma)
  6. Batuk Renjan
  7. Hingga menyembuhkan tumor paru yang mungkin terjadi saat sinusitis karena infeksi gigi yang Anda alami tidak ditangani.

Lalu bagaimana cara mengonsumsi daun sambiloto?

Untuk dapat merasakan khasiat daun sambiloto untuk sinusitis, Anda juga perlu menggunakannya dengan benar. Berikut beberapa langkah penggunaannya.

  1. Siapkan beberapa lembar daun sambiloto sesuai keinginan Anda.
  2. Cuci daun sambiloto hingga benar-benar bersih.
  3. Setelah itu, rebuslah daun sambiloto dengan 2 gelas air.
  4. Rebuslah, hingga air rebusan tersebut hanya menyisakan 1 gelas air. Tiriskan, dan Anda hanya perlu mengambil air rebusannya saja untuk diminum.

Untuk mendapatkan hasil dari khasiat daun sambiloto untuk sinusitis ini, konsumsi-lah rebusan daun sambiloto sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam hari secara rutin. Ingat, untuk meminum-nya dalam kondisi panas atau hangat, karena Anda tidak akan merasakan khasiatnya saat mengonsumsi rebusan daun sambiloto dalam keadaan dingin. Cara ini cukup mudah untuk Anda lakukan dirumah tanpa perlu khawatir dengan efek samping penggunaannya walaupun saat dikonsumsi akan terasa pahit.

Atau Anda juga dapat meneteskannya secara langsung pada lubang penyebab hidung sakit saat flu yang terkena sinusitis. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati, tunggu hingga cairan tersebut keluar kembali. Cara ini juga berfungsi untuk membersihkan rongga hidung berair tapi bukan ingus Anda dari lendir-lendir yang menyumbat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat yang dimiliki daun sambiloto untuk menyembuhkan sinusitis yang terjadi pada Anda, yang sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman. Konsumsi ramuan daun sambiloto secara rutin hingga Anda merasa sinusitis tersebut telah mereda. Selain itu, tidak terdapat efek samping dan ketergantungan saat menggunakan daun sambiloto ini. Jika Sinusitis terus berlanjut, segeralah lakukan perawatan pada dokter sebelum hal tersebut semakin parah. Tetap jaga kesehatan dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal