Sponsors Link

3 Khasiat Daun Sirih Untuk Batuk yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Siapa yang tidak tahu tentang daun sirih? Daun sirih merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia dan ada yang menyebutkan bahwa tanaman ini merupakan khas atau milik asli masyarakat Indonesia. Anda bisa menemukan tanaman ini merambat di tembok yang terbuat dari kayu.

ads

Terdapat beberapa jenis daun sirih yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa jenis dari daun sirih tersebut antara lain yakni daun sirih hijau, daun sirih kuning, daun sirih ungu, dan juga ada daun sirih yang berbentuk kecil atau yang disebut juga dengan daun sirih mini. Baca penyebab batuk tidak berdahak.

Daun sirih juga banyak dikenal karena merupakan salah satu tanaman yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Mengapa? Karena di dalam daun sirih terkandung minyak astiri seperti misalnya kavikol, eugenol, kadanen, tervinen, kariofolen, tervinen, dan juga sineol.

Memang sudah tidak perlu diragukan lagi akan manfaat yang ada di dalam daun sirih. Banyak sekali penyakit atau kondisi yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. Adapun beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun sirih antara lain seperti:

  • Radang tenggorokan
  • Mengobati penyakit asma
  • Mengobati penyakit demam berdarah
  • Melancarkan haid
  • Mengatasi masalah keputihan
  • Membantu mengobati penyakit bronkitis
  • Mengobati berbagai iritasi yang menyerang mata
  • Dan juga digunakan untuk membantu mengobati batuk

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan kepada anda semua yang berkaitan dengan khasiat daun sirih untuk batuk. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan anda bisa melakukan pengobatan batuk yang anda alami maupun juga memberikan saran kepada orang lain bahwa batuk bisa disembuhkan dengan menggunakan daun sirih. Baca batuk berdahak disertai mimisan.

  1. Khasiat Daun Sirih Untuk Batuk Bayi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun sirih ampuh untuk digunakan mengobati batuk, salah satunya adalah digunakan untuk membantu mengatasi batuk yang dialami oleh bayi maupun anak – anak. Cara ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat pada zaman dahulu untuk mengobati batuk yang dialami oleh bayi maupun oleh anak – anak mereka yang berusia dibawah 7 tahun.

Memang ketika seorang anak mengalami masalah seperti misalnya batuk, maka hal tersebut akan membuat setiap orang tua akan merasa khawatir dan bingung jika misalnya batuk yang dialami oleh anak mereka tidak kunjung sembuh. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengobati batuk yang sedang dialaminya adalah dengan menggunakan daun sirih.

Adapun cara yang harus anda lakukan untuk mengobati batuk anak anda dengan menggunakan dun sirih yaitu seperti di bawah ini:

  • Siapkan beberapa daun sirih dan kemudian anda cuci sampai bersih menggunakan air yang mengalir
  • Siapkan beberapa gelas air kemudian anda rebus air tersebut dengan menggunakan api sedang
  • Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan memasukkan daun sirih sebanyak kurang lebih 2 sampai 3 helai saja
  • Ketika daun sirih sudah layu, maka kemudian anda berikan balsem atau fix pada daun sirih
  • Kemudian anda letakkan satu helai daun sirih pada dada anak anda dan sehelai lainnya anda letakkan pada bagian punggungnya
Sponsors Link

Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk semakin meningkatkan khasiat dan semakin meningkatkan kesembuhan dari batuk yang sedang dialami oleh anak anda.

2. Khasiat Daun Sirih Untuk Batuk Tidak Berdahak

Khasiat daun sirih untuk batuk selanjutnya adalah digunakan untuk membantu mengobati batuk tidak berdahak atau yang disebut juga dengan batuk kering. Meskipun memang kelihatannya batuk kering merupakan batuk biasa dan tidak perlu dilakukan pengobatan apapun, akan tetapi jika misalnya kondisi ini dibiarkan begitu saja maka tentunya akan sangat mengganggu. Apalagi jika misalnya batuk yang dialami tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lumayan lama. Baca mengenai batuk karena masuk angin.

Maka dari itu, anda bisa menggunakan pengobatan daun sirih untuk batuk anda, dibandingkan dengan anda menggunakan atau mengkonsusmi obat – obatan yang di dalamnya mengandung zat kimia yang mana malah akan memberikan efek samping kepada penggunanya. Untuk cara yang dilakukan sebenarnya hampir sama dengan ketika anda menggunakan daun sirih untuk pengobatan bayi anda.

Sponsors Link

Yang terpenting dalam setiap pengobatan adalah anda selalu melakukannya secara rutin dan disarankan juga melakukannya diwaktu yang sama untuk nantinya semakin meningkatkan khasiat dari setiap pengobatan yang anda lakukan atau anda jalani.

3. Khasiat Daun Sirih Untuk Batuk Berdahak

Khasiat daun sirih untuk batuk juga bisa anda coba untuk membantu mengobati batuk berdahak atau batuk basah yang anda alami. Tentu batuk yang anda alami tersebut biasanya akan bermula karena sebelumnya anda mengalami flu yang kemudian lendir atau dahak tersebut masuk ke dalam tenggorokan anda.

Maka dari itu, jika ketika mengalami flu maka harus dilakukan penanganan agar tidak sampai terkena batuk berdahak. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda masih bisa mengobati batuk berdahak yang anda alami dengan menggunakan daun sirih.

Seperti halnya pengobatan batuk untuk bayi, anda bisa melakukan hal yang sama untuk mengobati batuk anda. Atau mungkin anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirih yang sebelumnya sudah anda saring. Anda juga bisa menambahkan madu, lemon, atau lain sebagainya untuk menambah cita rasa.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Kami menyarankan anda untuk membaca tentang cara membuat rebusan daun sirih untuk obat batuk dan juga khasiat jeruk nipis untuk flu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan