Sponsors Link

3 Khasiat Gambir Untuk Pilek yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mendengar tentang khasiat tanaman gambir? Gambir ini merupakan jenis tanaman getah yang asalnya dari ekstrak daun dan ranting Uncaria gambir Roxb yang diremas. Umumnya, tanaman ini sering digunakan untuk menyirih, yang dilakukan para orang tua zaman dulu. Selain itu gambir juga cukup sering dijadikan sebagai bahan penyamak dan pewarna kulit. Gambir ternyata perhatikan cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih agar bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk obat pilek.

ads

Pilek yang dialami anak-anak maupun dewasa biasanya merupakan salah satu gejala flu yang cukup berat. Namun, pilek juga biasa dialami sebagai efek dari infeksi saluran nafas bagian atas yang penyebabnya adalah virus rhinovirus menular. Umumnya pilek sering terjadi saat musim dingin atau sedang musim hujan. Pilek dapat diobati dengan bahan alami, salah satunya dengan gambir.

Pilek dan Gejalanya

Pilek yang dialami oleh dewasa maupun anak-anak, umumnya memiliki beberapa keluhan gejala yang hampir sama.  Saat pilek, biasanya kita akan mengeluarkan ingus berupa lendir yang bening warnanya saat awal pilek melanda. Setelah itu, lendir akan berubah warna dan lebih menebal minum obat batuk sebelum makan secara medis sebagai tanda ada perlawanan infeksi virus dalam tubuh. Berikut ini beberapa gejala pilek secara umum:

  • Merasa sakit tenggorokan, namun akan hilang dalam waktu satu hingga dua hari
  • Hidung menjadi tersumbat dan berair
  • Mengalami bersin
  • Mengalami batuk berdahak warna kuning atau warna hijau
  • Kondisi badan menjadi lemas

Gambir dan Kandunganya

Gambir sudah digunakan sejak zaman dulu untuk pengobatan tradisional dan ampuh mengatasi beberapa jenis penyakit. Bagian daunya memiliki duri yang berbentuk oval agak bulat. Ujung tanaman ini berbentuk runcing sama seperti tanaman sereh. Bagian tangkai daunya memiliki jenis obat pilek untuk bayi 2 bulan dengan warna mahkota bunga berbentuk pink dan memiliki biji.

Terkait dengan kesehatan, daun gambir memiliki kandungan  senyawa yang berkhasiat untuk atasi penyakit. Beberapa kandungan zat penting tersebut seperti antaralain , dihidro tannin dan okso tannin. Kandungan lain yang tidak kalah penting adalah gambir juga mengandung katekin dan juga senyawa Flavonoid. Usahakan daun gambir yang digunakan selalu tetap bersih agar terhindar dari kuman dan manfaatnya baik untuk memulihkan sakit seperti keluhan pilek.

Khasiat Gambir untuk Pilek

Gambir merupaka salah satu cara pengobatan tradisional, untuk khasiat bodrex flu dan batuk  dalam mengatasi pilek yang banyak digunakan untuk anak-anak. Daun gambir sendiri memang sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu yang ampuh atasi berbagai penyakit. Lalu apa saja khasiat daun gambir untuk pilek? Berikut ulasanya:

  • Sebagai antioksidan , gambir yang memiliki kandungan katekin memiliki manfaat sebagai sumber antioksidan alami yang dapat menyerang sistem radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. antioksidan juga dapat membuat penyakit dalam tubuh menjadi lebih cepat sembuh.
  • Sebagai Penurun panas, saat terserang pilek biasanya ini merupakan tanda flu yang juga disertai dengan demam. Daun gambir yang dicampur air asam jawa, dapat membantu meredakan pilek dan menurunkan panas sekaligus.
  • Mengurangi Lendir, khususnya pada anak-anak yang sedang menderita pilek, khasiat daun gambir ini ampuh untuk mengurangi lendir yang menyumbat area hidung. Cukup tumbuk daun gambir dan tambahkan air hangat, lalu oleskan di kening dan area hidung anak, maka pilek akan berangsur pulih.

Pilek merupakan jenis sakit ringan yang jika dilakukan pengobatan yang tepat, maka akan khasiat jahe untuk batuk yang akan segera pulih. Pengobatan yang dilakukan umumnya adalah pengobatan alami seperti pemanfaatan khasiat gambir untuk pilek. Semoga lekas sembuh.

, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal