Sponsors Link

Wajib Tahu! Khasiat Jambu Batu untuk Segala Jenis Penyakit Batuk

Sponsors Link

Jambu batu atau lebih akrab disebut dengan jambu biji ini merupakan tanaman tropis asli dari Brasil, yang disebarkan ke Indonesia melalui Thaiand. Tanaman yang mempunyai nama lain jambu klutuk ini sudah dikenal sebagai tanaman yang bisa mengobati penyakit demam berdarah.

ads

Khasiat Jambu Batu untuk Batuk

Selain berguna untuk mengobati penyakit demam berdarah, tanaman bernama latin Psidiun Guajava  ini memiliki buah dan daun yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, diantaranya yaitu menurunkan hipertensi, mengobati diare, mencegah kanker dan juga khasiat daun jambu batu untuk batuk. Untuk khasiat daun jambu batu untuk batuk,  akan dijelaskan dibawah ini, antara lain :

  • Cara ampuh mengatasi batuk dan pilek. Ramuan daun jambu batu alias jambu biji dapat bermanfaat meredakan batuk dan juga pilek.
  • Obat bronkitis. Daun jambu dapat berkhasiat dalam membantu mengatasi bronkitis dengan cara membuka paru-paru, mengendurkan lendir dan juga meredakan batuk. Maka itu bila mengalami batuk serta dadak sesak, bisa menggunakan daun jambu. Untuk memanfaatkan khasiat daun jambu batu untuk batuk bisa menggunakan cara merrebus daunnya lalu diminum.

Sudah disebutkan diatas, selain mempunyai khasiat daun jambu batu untuk batuk, daun jambu biji bisa berguna untuk menyembuhkan penyakit lainnya. Ini dikarenakan adanya kandungan senyawa kimia yang ada pada daun jambu batu, senyawa yang dimaksud antara lain adalah karotenoid, flavonoid, polifenol, tannin, serta vitamin C, dan juga vitamin A yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit-penyakit lain, seperti :

  1. Mengobati Diare

Daun jambu batu sudah dari dulu dipercaya dapat mengobati diare, ini disebabkan karena adanya senyawa berupa anti bakteri yang kuat dalam mencegah pertumbuhan bakteri. Untuk bisa memanfaatkan daun jambu untuk diare bisa menggunakan cara merebus daunnya, kemudian meminum air rebusan tersebut.

  1. Mengatasi Alergi

Daun jambu batu bisa berfungsi dalam mencegah pelepasan histamine, yang terbukti efektif menghambat adanya reaksi alergi. Maka itu, daun jambu batu dapat menjadi obat alergi yang tak sulit ditemukan, sama halnya dengan obat untuk penyakit selesma, obat demam batuk pilek, merk obat batuk untuk penderita jantung, dan obat dahak untuk bayi 1 bulan.

  1. Mengobati Demam Berdarah

Selain khasiat daun jambu batu untuk batuk, daun jambu merupakan obat demam berdarah alami yang sudah banyak dikenal masyarakat. Ekstrak daun jambu batu bisa meningkatkan jumlah platelet dalam darah, yang mampu menjadikan menaikkan tombosit dengan cepat.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain berguna sebagai obat batuk herbal untuk bayi, daun jambu batu bisa juga untuk memperlancar proses pencernaan dengan cara kerja merangsang produksi enzim pencernaan. Antibakteri pada daun jambu dapat membunuh bakteri serta mengatasi sakit perut.

  1. Obat Sakit Gigi

Sifat anti-inflamasi alias anti peradangan pada daun jambu bisa membantu mengatasi penyakit gusi serta sakit gigi. Daun jambu batu  juga tebilang efektif dalam menyembuhkan sakit tenggorokan dan mulut.

  1. Memperbaiki Kondisi Penderita Prediabetes dan Diabetes

Jauh berbeda dengan batuk pada bayi 2 bulan, Prediabetes merupakan sebuah kondisi dimana tingkat gula darah lebih tinggi dari kadar normal, namun belum tergolong dalam katagori diabetes. Prediabetes kemungkinan bisa meningkat menjadi diabetes dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun bila tak diatasi. Selain khasiat daun jambu batu untuk batuk, memanfaatkan daun jambu batu bisa memperbaiki kondisi pendertia prediabetes.

Daun jambu yang dimasak menjadi teh bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada pederita prediabetes maupun diabetes,hal tersebut juga diperkuat dengan adanya beberapa penelitian. Akan tetapi, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas serta keamananya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal