Sponsors Link

6 Khasiat Lemon Untuk Batuk Kering dan Berdahak

Sponsors Link

Batuk adalah gangguan sakit yang ringan dan merupakan cara tubuh kita untuk mengeluarkan benda asing atau lendir yang berasal dari paru-paru juga saluran nafas bagian atas. Batuk cukup sulit untuk ditahan, sehingga bisa terjadi kapan saja. Untuk mengurangi batuk, umumnya orang mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi obat batuk apotek maupun jenis obat batuk herbal batuk sampai mata merah yang bisa kita buat sendiri di rumah, seperti memanfaatkan lemon untuk batuk.

ads

Buah lemon atau disebut juga vitrun limun cukup mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Buah ini sering dimanfaatkan untuk meredakan gejala batuk . Lemon mengandung vitamin C yang tinggi serta bahan yang bermanfaat lainya seperti zat besi, mineral dan kalsium yang juga penting cara mencegah batuk untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus.

Cara Membuat Ramuan dari Lemon Untuk Batuk

Bagi Anda yang lebih menyukai pengobatan batuk dengan obat alami, dapat memanfaatkan lemon dengan campuran beberapa bahan lainya agar lebih efektif meredakan batuk yang sedang dialami. Yang terpenting, pilihlah jenis lemon dengan kualitas terbaik yang akan digunakan untuk pengobatan. Berikut ini beberapa bahan campuran lain yang dapat digunakan sebagai obat batuk alami dengan lemon :

  • Lemon dan Madu

Obat batuk alami yang dapat digunakan untuk obat batuk batuk kering disertai pilek adalah campuran lemon dan madu. Cara membuat ramuan obat batuk ini yaitu dengan menyiapkan satu cangkir madu lalu panaskan dengan api kecil saja. Kemudian, tambahkan 3 hingga 4 sendok makan perasan jeruk lemon segar, lalu masukan pada madu yang sedang dipanaskan. Jangan lupa tambahkan  1/3 cangkir air pada campuran tersebut, lalu aduk.

  • Lemon, Madu dan Bawang Putih

Lemon juga dapat dicampur dengan bawang putih, agar efektif mengatasi batuk. Seperti kita tahu bawang putih ini memiliki kandungan antibakteri, antiparasit, antivirus dan antijamur.

  • Lemon,Madu dan Jahe

Selain bawang putih tadi, bahan alami lainya yang bisa ditambahkan adalah jahe. Jahe adalah bahan alami yang biasanya digunakan untuk memperbaiki kondisi pencernaan dan ampuh mengatasi gejala mual dan muntah. Manfaat lainya dari jahe, ternyata efektif untuk meredakan batuk, seperti jenis batuk berdahak. Jahe berperan sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak.

  • Lemon, Madu dan Licorice

Licorice juga merupakan ekspektoran yang dapat membantu mengencerkan dahak (lendir) ketika sedang batuk berdahak. Licorice dapat dibeli di apotik sekitar.

  • Lemon dan Gliserol

Jika tidak ada madu, maka bahan pengganti yang dapat dicampurkan cara mengobati batuk berdahak  dengan ramuan lemon tersebut adalah Gliserol. Gliserol ini merupakan hasil olahan sayur yang tidak memiliki warna dan rasanya agak manis.

Khasiat Lemon Untuk Batuk

Setelah mengetahui beberapa cara untuk menjadikan lemon ramuan obat alami yang berkhasiat untuk mengatasi batuk, saatnya sekarang kita mengetahui tentang khasiat dari lemon tersebut. Berikut ulasanya:

  • Membantu Meredakan Batuk

Gejala batuk biasanya tidak berlangsung lama, namun jika batuk yang dialami ternyata cukup lama, Anda bisa mencoba salah satu olahan buah lemon tadi. Anda juga bisa meminum lemon dan air hangat setiap pagi serta sebelum tidur. Selain membantu penyembuhan batuk dengan cepat, minum air lemon saat pagi hari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

  • Membantu Meredakan Nyeri karena Batuk

Batuk kering maupun batuk berdahak yang terjadi dalam kurun waktu cukup lama, biasanya juga dapat menyebabkan nyeri seperti nyeri di bagian dada. Jika Anda juga merasakan nyeri seperti ini saat sedang hujan, maka buatlah ramuan air rebusan Lemon ditambahkan madu. Minum dengan campuran air hangat agar bisa menghilangkan nyeri. Selain batuk reda, jahe juga merupakan sistem imun yang baik.

  • Membantu Mencegah Batuk

Sebelum kita terkena batuk yang berdahak atau batuk kering ciri batuk berdahak akan sembuh sekalipun, sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan. Batuk juga dapat terjadi karena adanya perubahan cuaca yang ekstrem, sehingga membuat sebagian orang mudah terserang demam dan flu. Disarankan juga agar Anda meminum air lemon hangat setiap pagi hari.

Sponsors Link

  • Membantu Atasi Sesak karena Batuk

Batuk yang dialami, selain dapat menyebabkan nyeri pada dadak juga tidak sedikit menimbulkan sesak. Ha ini terjadi karena batuk terjadi dan keluar lewat saluran pernafasan. Jika saat batuk Anda juga mengalami sesak, manfaatkan ramuan buah lemon dengan campuran rempah seperti jahe, serai dan pala kemudian rebus dan minum air rebusanya setelah dingin.

  • Membantu Atasi Batuk karena Alergi

Sebagian orang yang mengalami batuk, juga disebabkan cara alami menyembuhkan batuk berdahak  karena alergi terhadap benda asing atau debu di sekitarnya. Dengan meminum ramuan buah lemon tadi, maka akan mengurangi reaksi alergi yang terjadi sehingga menyebabkan batuk kering.

  • Membantu Mengencerkan Dahak pada Batuk Berdahak

Saat mengalami batuk berdahak, Anda juga meminum teh lemon karena bermanfaat untuk mengencerkan dahak yang terkadang membuat bernafas menjadi kurang lancar. Usahakan minum teh lemon selagi hangat.

Pengobatan alami memang memiliki banyak manfaat karena dianggap lebih aman dan menyehatkan dibandingkan obat kimia. Dengan mengetahui khasiat lemon untuk batuk, kini Anda dapat mengatasi batuk lebih cepat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal