Sponsors Link

3 Khasiat Madu Untuk Batuk yang Belum Banyak Diketahui

Sponsors Link

Madu merupakan salah satu pengobatan alami yang memang terbukti sangat ampuh untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang ada kaitannya dengan bagian tenggorokan anda, seperti misalnya saja batuk maupun gatal tenggorokan anda. Dan dalam penggunaannya pun biasanya madu akan dikombinasikan dengan bahan – bahan lainnya seperti lemon, bawang, maupun juga jahe untuk semakin menambah manfaat atau khasiat dari madu tersebut. Baca khasiat jeruk nipis untuk flu.

ads

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai bagaimana khasiat madu untuk batuk yang bisa anda coba, termasuk juga kami akan menjelaskan mengenai mekanisme dari madu tersebut.

Khasiat Madu Untuk Batuk

Perlu anda tahu bahwa ada beberapa ahli kesehatan yang berpendapat bahwa khasiat madu untuk batuk masih belum bisa dibuktkan secara ilmiah, akan tetapi kenyataannya memang madu sangat ampuh untuk membantu berbagai macam masalah yang terjadi pada sakit tenggorokan saat batuk anda, seperti batuk maupun gatal tenggorokan.

Beberapa ahli kesehatan yang mengatakan bahwa madu berkhasiat untuk mengobati batuk adalah seperti yang telah dijelaskan oleh beberapa ahli kesehatan yang tergabung ke dalam “he World Health Organisation”. Mereka berpendapat bahwasanya madu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi seseorang yang menderita batuk dan juga pengobatan ini telah dilakukan di banyak negara – negara berkembang.

Hal senada juga dikemukakan oleh Dr Ronald seperti dikutip dari ABC Australia, Ia mengatakan bahwa madu memang sangat efektif untuk membantu mengatasi batuk serta gangguan tenggorokan lainnya, terutama batuk yang dialami oleh anak – anak kecil. Baca mengenai obat batuk untuk penderita maag.

Untuk mekanisme dari madu yang digunakan sebagai obat batuk juga masih belum diketahui secara jelas. Namun ada beberapa orang yang berpendapat bahwa tekstur dari madu yang sangat halus di tenggorokan serta kandungan zat yang ada di dalam madu tersebut itulah yang sangat ampuh untuk mengatasi batuk yang sedang dialami, selain memang madu memiliki sifat anti bakteri yang mana sangat ampuh untuk mengobati bakteri yang menjadi sebab anda mengalami batuk.

Selain itu, jika misalnya anda sudah sembuh dari batuk yang anda alami maka anda masih tetap disarankan untuk mengkonsumsi madu selama beberapa hari. Hal ini tentunya sangat penting karena madu sangat bermanfaat untuk membantu menjaga tenggorokan anda agar supaya tidak terkena iritasi sehingga nantinya akan menyebabkan anda mengalami batuk maupun juga gatal tenggorokan. Baca mengenai obat batuk karena campak.

Apa Saja Khasiat Madu Untuk Batuk?

Di bawah ini merupakan beberapa khasiat madu untuk batuk yang perlu anda ketahui:

  • Madu bermanfaat untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh flu

Khasiat madu untuk batuk yang pertama adalah untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh flu. Perlu anda tahu bahwa sifat dari madu yang merupakan anti bakteri inilah yang bisa membuat anda mengalami batuk. Serta sifat madu yang lembut di tenggorokan akan membantu meredakan dahak yang anda alami.

  • Madu sangat bermanfaat untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh sakit tenggorokan

Madu juga bermanfaat untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan merupakan sebuah kondisi dimana tenggorokan anda mengalami kondisi yang tidak nyaman diakibatkan adanya benda atau zat asing yang masuk dan kemudian bisa menyebabkan anda mengalami batuk.

Maka dari itulah, dengan mengkonsumsi madu maka nantinya madu akan bekerja untuk mengurangi sakit tenggorokan anda dengan cara menghilangkan benda atau zat asing tersebut. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan batuk yang anda alami semakin lama semakin berkurang.

Sponsors Link

  • Madu juga bermanfaat untuk membantu mengatasi batuk yang disebabkan pilek

Khasiat selanjutnyad dari madu adalah bisa digunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh pilek. Sebenarnya hal ini berkaitan dengan batuk basah atau batuk berdahak. Biasanya madu akan dikombinasikan dengan obat lainnya seperti lemon untuk membantu mengurangi lendir yang ada sehingga kemudian batuk yang adna alami akan berangsur berkurang.

Bagaimana Pengobatan Menggunakan Madu Untuk Batuk?

Mungkin anda masih belum ada yang tahu mengenai khasiat atau manfaat yang terkandung di dalam madu. Dan juga seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya biasanya madu akan dikombinasikan edngan rempah – rempah lainnya seperti misalnya jahe untuk semakin meningkatkan manfaat atau khasiat dari madu tersebut.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan menggunakan khasiat madu untuk batuk yang harus anda ketahui:

ads

1. Mengkonsumsi Madu Secara Rutin Sebelum Tidur

Jika anda secara rutin mengkonsumsi madu sebanyak kurang lebih 1 sampai dengan 2 sendok sebelum tidur, maka hal tersebut berguna untuk meredakan batuk yang anda alami. Terdapat sebuah penelitan yang menjelaskan bahwasanya dengan rutin mengkonsumsi madu sebanyak 1 sampai 2 sendok sesaat sebelum tidur sangat efektif untuk membantu mengobati batuk jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat batuk yang mengandung bahan kimia. Selain itu, anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam segelas susu hangat ataupun air hangat untuk semakin meningkatkan rasa dan khasiat dari madu tersebut.

2. Mengkombinasikan Madu Dengan Jahe Untuk Batuk

Anda juga bisa menambahkan madu dengan jahe untuk pengobatan batuk anda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa jahe sangat bermanfaat juga untuk macam-macam gangguan yang berhubungan dengan tenggorokan, salah satunya adalah digunakan untuk mengobati batuk. Adapun cara yang harus anda lakukan tentunya sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sampai dua sendok makan madu ke dalam air jahe dan kemudian anda minum sesaat sebelum tidur. Selain itu, campuran dari kedua obat herbal tersebut juga sangat ampuh untuk membantu meredakan dahak.

3. Mengkombinasikan Madu Dengan Bawang

Khasiat madu untuk batuk selanjutnya yang mungkin juga bisa anda coba adalah dengan mengkombinasikan madu dengan bawang. Ramuan ini selain bermanfaat untuk mengobati batuk yang anda alami, juga sangat ampuh untuk membantu mengatasi dahak yang menumpuk di tenggorokan anda sehingga kemudian menyebabkan anda mengalami kesulitan menelan.

Adapun cara yang bisa anda lakukan sangatlah mudah karena anda tidak memerlukan teknik atau cara tertentu untuk bisa membuat ramuan ini. Terdapar dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati batuk yang anda alami.

  • Cara pertama yaitu anda bisa mencampurkan sebanyak 1 sampai 2 sendok teh madu ke dalam jus bawang untuk mengatasi batuk yang anda alami serta juga untuk mengurangi dahak atau lendir yang menyebabkan anda kesulitan bernapas.
  • Cara kedua adalah dengan merebus sebanyak 1 sampai 2 sendok makan madu dan kemudian anda masukan beberapa siung bawang putih. Selanjutnya anda hanya perlu merebus kedua bahan tersebut sampai kurang lebih 10 menit untuk kemudian anda minum. Konsumsi ramuan ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk semakin meningkatka kesembuhan batuk anda. Baca juga mengenai obat batuk karena amandel.

Demikian beberapa khasiat dari madu yang bisa anda ketahui, ternyata madu sangat membantu sebagai pengobatan dalam penyakit batuk.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Herbal