Sponsors Link

12 Khasiat Minyak Tawon Untuk Batuk Ringan yang Paling Efektif

Sponsors Link

Minyak ini sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu minyak gosok yang sangat baik khasiatnya bagi kulit. Minyak tawon merupakan minyak khas yang diproduksi di Makassar sejak dulu kala hingga sekarang telah tersebar di Indonesia hingga ke luar negeri, dan hanya diproduksi oleh PT. Tawon Jaya Makassar sejak tahun 1912. Bahan – bahan pembuat minyak tawon ini merupakan bahan – bahan herbal berkhasiat tinggi yang diolah hingga mampu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

ads

Kalangan masyarakat banyak yang mengandalkan minyak tawon sebagai obat gosok yang berkhasiat tinggi, tidak hanya kalangan bawah saja melainkan semua kalangan yang mengetahui tentang khasiat pengobatan tradisional. Minyak tawon telah diuji secara klinis di laboratorium sebelum dipasarkan sehingga aman untuk kulit balita serta dibuat melalui proses alami tanpa ditambah bahan pengawet. Khasiatnya untuk mengobati kulit secara tradisional berasal dari bahan dasar berupa minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, lada, jahe dan lainnya yang kemudian diramu hingga menghasilkan minyak tawon yang bertekstur cair dan mudah menyerap sehingga tidak perlu dioleskan banyak – banyak.

Manfaat Minyak Tawon

Minyak tawon merupakan salah satu produk andalan ibu – ibu  yang sudah memiliki anak karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan berikut ini:

  • Meringankan rasa nyeri pada persendian dari kandungan jahe yang ada di dalam minyak tawon.
  • Mengobati keseleo pada anak dan orang dewasa adalah khasiat minyak tawon dari kandungan ekstrak jahe pula.
  • Mengobati wasir atau ambeien
  • Mengobati jerawat pada wajah
  • Mengatasi Ruam pada Kulit berkat ekstrak bawang merahnya.
  • Meringankan peradangan pada jerawat dan bisul
  • Mengatasi gangguan kulit yang disebabkan oleh bakteri dan mikroorganisme, dan mencegah infeksi karena mengandung minyak kayu putih yang akan membantu penutupan luka.
  • Menghangatkan tubuh
  • Meredakan sakit kepala
  • Mengatasi gangguan pencernaan dan gangguan pernapasan
  • Menyembuhkan luka berkat kandungan minyak sereh yang akan membantu proses pengelupasan kulit.
  • Meringankan penyakit flu dan batuk.

Batuk merupakan respon alami dari tubuh yang menjadi pertahanan dari saluran napas jika terdapat benda asing dari luar di area tersebut. Respon berupa batuk ini fungsinya untuk membersihkan lendir dan benda asing pada saluran pernapasan. Batuk merupakan salah satu gejala flu. Orang yang mengalami flu biasanya akan mengeluarkan ingus terus menerus, bersin, batuk dan hidung tersumbat, sakit kepala, tenggorokan gatal atau sakit tenggorokan, badan nyeri, lelah, dan terkadang demam. Virus merupakan penyebab utama penyakit flu dan batuk dengan masa inkubasi selama 2-3 hari, ketika seseorang tanpa sengaja menghirup percikan air liur penderita flu dan batuk lainnya. Sejumlah faktor yang turut menambah resiko tertular virus flu dan batuk diantaranya yaitu:

  • Berada di tengah keramaian orang, misalnya kantor, kendaraan umum, pasar dan tempat umum lainnya.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh
  • Anak – anak lebih rentan tertular
  • Jarang mencuci tangan terutama sebelum memegang hidung, mulut, sebelum makan, dan lain – lain.

Pilek dan batuk merupakan penyakit yang tergolong ringan sehingga biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk meredakan gejalanya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain dengan berkumur air garam, meneteskan larutan garam ke hidung untuk menghilangkan hidung tersumbat, mengonsumsi vitamin C atau suplemen zinc, mengonsumsi obat yang dapat dibeli bebas di apotek, dan mengoleskan obat gosok untuk mengurangi gejala flu dan batuk, salah satunya dengan menggunakan khasiat minyak tawon untuk batuk.

Sponsors Link

Manfaat Minyak Tawon Untuk Penyakit Batuk

Kandungan jahe dan cengkeh pada minyak tawon dapat menimbulkan rasa hangat pada tubuh yang akan meredakan rasa ingin batuk ketika seseorang sedang menderita flu dan batuk. Khasiat minyak tawon untuk batuk dapat kita lakukan disini dengan menggosokkan minyak tawon pada bagian hidung, leher, serta memijat bagian dada serta punggung untuk meredakan berbagai gejala batuk dan flu, seperti nyeri otot, badan pegal, hidung tersumbat dan lain sebagainya. Khasiat minyak tawon untuk batuk berasal dari berbagai bahan alami di dalamnya yaitu:

  • Minyak Kelapa – Minyak ini berguna bagi kulit yang lembab dan lentur serta lembut karena mengandung vitamin A dan E. Selain itu minyak kelapa juga mengandung 80% asam lemak rantai pendek dan sedang yang memiliki molekul berukuran sedang sehingga memudahkan penyerapannya ke tubuh manusia.
  • Minyak Kayu Putih – Minyak tawon juga dapat menghilangkan dan mencegah infeksi kuman yang bisa menghambat penyembuhan luka di kulit dengan kandungan minyak esensialnya. Selain itu juga dapat menghangatkan tubuh dan menghilangkan rasa capek pada tubuh, juga menjadi cara meredakan hidung tersumbat.
  • Cengkeh – Tanaman ini dapat menghilangkan keluhan nyeri sendi dan juga memiliki sifat antiseptik. Ada pula khasiat bunga cengkeh untuk batuk dan cara membuat teh jahe untuk batuk.
    ads
  • Minyak Sereh – Merupakan salah satu minyak esensial yang dapat diperoleh dari berbagai macam serai, dapat menolak nyamuk dan juga meredakan nyeri sendi serta berguna sebagai antiseptik, menghangatkan tubuh dan melemaskan otot tubuh yang tegang.
  • Daun Lada, Jahe, Bawang Merah – Semuanya mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk anti kuman dan juga melancarkan sirkulasi darah. Ketahuilah juga cara mengobati flu dengan bawang merah dan juga cara mengobati pilek dengan bawang merah.
  • Kunyit – Dapat mengatasi masalah yang berhubungan dengan proses pencernaan dan pernapasan, manfaat kunyit untuk batuk dapat mengurangi rasa nyeri di tubuh dan berperan sebagai anti oksidan.

Khasiat minyak tawon untuk batuk dapat kita manfaatkan jika penyakit batuk tersebut tergolong ringan. Misalnya digunakan sebagai cara mengobati batuk pada bayi, cara mengatasi hidung tersumbat, cara mengobati pilek pada bayi atau cara mengatasi batuk pilek pada anak. Akan tetapi jika setelah beberapa lama batuk tersebut tidak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu kemungkinan penyebabnya. Bisa jadi itu merupakan pertanda adanya penyakit yang lebih serius di tubuh Anda, dan harus segera dilakukan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkannya. Waspadalah apabila batuk ringan berubah menjadi batuk yang disertai darah, sulit bernapas, sakit pada dada, penurunan berat badan mendadak, demam, terjadi pembengkakan di bagian tubuh atau muncul benjolan di leher.

Jenis Minyak Tawon

Bau atau aroma minyak tawon mungkin akan sedikit menyengat bagi orang yang tidak terbiasa dan mungkin juga tidak disukai, namun khasiat minyak tawon untuk batuk adalah salah satu kegunaannya yang luar biasa untuk tubuh kita. Pada umumnya yang diketahui orang hanya minyak tawon biasa dan hanya ada satu jenis yang kerap dijual di pasaran, namun minyak tawon ternyata memiliki dua macam kemasan yaitu:

  • Minyak tawon tutup putih – Minyak jenis ini terkenal karena jika dioleskan akan memberikan sensasi panas yang sangat terasa sehingga dapat lebih cepat meresap ke dalam tubuh. Minyak tawon jenis ini tidak disarankan untuk balita karena panasnya dapat merusak kulit anak yang masih lembut. Minyak ini akan lebih cocok untuk mengobati masalah terkilir atau pegal pada otot. Harganya relatif lebih tinggi daripada tutup merah.
  • Minyak tawon tutup merah – Merupakan jenis minyak gosok standar yang tidak membuat penggunanya merasa panas sehingga cocok digunakan untuk semua usia, dan paling banyak terdapat di toko – toko. Harga relatif terjangkau daripada tutup putih, karena itu banyak digunakan orang.

Ciri Minyak Tawon Asli

Sebelum memilih minyak tawon, Anda perlu mengetahui lebih dulu mengenai ciri – ciri minyak tawon yang asli dan yang palsu. Zaman sekarang ini sulit untuk membedakan produk asli dan palsu karena semakin canggihnya teknologi, sehingga produk palsu pun akan tampak sama dengan yang asli. Ketahuilah ciri – ciri minyak tawon asli untuk dapat membedakannya dengan yang palsu:

Sponsors Link

  • Cairan minyak tawon asli berwarna hijau kekuningan, sedangkan minyak tawon palsu cairannya berwarna hijau kecoklatan.
  • Pada kemasan minyak tawon asli selalu mencantumkan masa kadaluwarsa produk sedangkan masa kadaluwarsa tidak ada pada produk palsu.
  • Anda dapat memperhatikan nomor hak cipta dan pendaftaran serta nomor registrasi produk yang berukuran lebih kecil pada produk asli, sedangkan produk palsu mencantumkan huruf yang lebih besar.
  • Perhatikan stiker hologram asli pada minyak tawon yang berukuran besar pada minyak tawon asli, sedangkan pada produk palsu stiker tersebut berukuran kecil.
  • Minyak tawon palsu dapat menimbulkan reaksi iritasi pada kulit. Hentikan penggunaan apabila kulit Anda mengalami iritasi, itu berarti kemungkinan Anda menggunakan produk palsu.

Beberapa pihak menyarankan menggunakan khasiat minyak tawon untuk batuk dengan meminumnya, namun hal itu sebaiknya tidak dilakukan. Sebab, walaupun belum ada laporan kasus efek samping dari meminum minyak tawon sebagai cara ampuh mengatasi batuk, atau cara mengatasi batuk pada anak, namun juga belum  ada bukti bahwa meminum minyak tawon adalah hal yang aman bagi kesehatan tubuh sebab produk ini sejak awal hanya ditujukan untuk pemakaian luar saja. Untuk menghindari resiko kesehatan seperti keracunan, sebaiknya gunakan minyak tawon hanya sebagai obat oles luar saja. Pastikan Anda menggunakan minyak tawon yang asli dengan membelinya di toko yang terpercaya agar mendapatkan khasiat minyak tawon untuk batuk secara maksimal. Juga hindarkan penyimpanan minyak tawon dari suhu panas agar tidak merusak senyawa yang terkandung di dalamnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal