Sponsors Link

3 Khasiat Obat Batuk Dexyl yang Mujarab Atasi Batuk

Sponsors Link

Batuk merupakan mekanisme alami tubuh dalam merespon adanya benda asing yang masuk kedalam saluran pernapasan. Batuk juga menjadi pertahanan tubuh di bagian saluran pernapasan dan menjadi gejala dari suatu penyakit maupun reaksi tubuh dari adanya iritasi di tenggorokan karena benda asing misalnya lendir, makanan, asap, debu maupun lain sebagainya.

ads

Jenis-jenis batuk bermacam-macam, umumnya batuk yang terjadi adalah batuk berdahak dan batuk kering. Batuk merupakan salah satu penyakit dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus dilakukan penanganan khusus, akan tetapi bila batuk terjadi lebih dari 7 hari bisa saja menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya.

Selain itu, bagi sebagian orang batuk menjadi sangat menganggu, apalagi bila aktivitas sehari-hari Anda bersinggungan langung dengan orang banyak. Cara megobati batuk memiliki berbagai macam, salah satu cara ampuh mengatasi batuk dapat dilakukan dengan memanfaatkan Khasiat obat batuk Dexyl.

Khasiat Obat Batuk Dexyl

Obat batuk Dexyl merupakan obat batuk yang diformulasikan untuk mengobati batuk yang dikarenakan penyebab influenza, infeksi saluran pernapasan, dan juga batuk alergi pada anak maupun dewasa. Khasiat obat batuk Dexyl tak bisa dilepaskan dari adanya komposisi zat aktif berupa Dextromethorphan HBr, Ammonium Chloride, dan Chlorpheniramine Maleate.

Ketiga zat aktif tersebut tentunya mempunyai cara kerjanya masing-masing, berikut merupakan penjelasannya, antara lain :

  1. Dextromethrophan HBr

Tak jauh berbeda dengan batuk berdahak hijau, khasiat obat batuk Dexyl tak lepas dari Dextromethorphan HBr. Dextromethorphan HBr sendiri merupakan obat yang bisa digunakan sebagai pereda batuk kering karena adanya infeksi tertentu, contohnya flu atau sinusitis. Obat ini juga salah satu bahan yang kerapkali dicampurkan kedalam obat batuk untuk mengatasi flu dan juga pilek.

Cara kerja Dextromethorphan HBr yaitu dengan langsung menekan dorongan batuk yang bersumber dari otak. Zat aktif ini tak cocok digunakan untuk mengobati penyebab batuk bedahak. Obat ini juga tidak diperkanankan difungsikan sebagai obat batuk jangka panjang yang disebkan karena penyakit seperti asma, emfisema, bronkitis kronis, maupun batuk karena kebiasaan merokok.

  1. Ammonium Chloride

Ammonium Chloride merupakan salah satu bahan yang biasanya digunakan dalam kandungan obat batuk. Ammonium chloride merupakan senyawa yang terbentuk alami dan berasal dari pengunungan vulkanik.

Biasanya obat ini digunakan untuk mengatasi batuk, penyebab hidung tersumbat, dan cara megobati batuk berdahak, karena obat ini merupakan golongan ekspektoran yang bisa menjadi cara menghilangkan dahak. Ammonium chloride sangat mudah dicerna oleh tubuh, sehingga cara kerjanya melalui ekskresi pun mudah dilakukan

  1. Chlorpheniramine Maleate

Khasiat obat batuk Dexyl  memang tak bisa lepas dari adanya zat aktif Chlorpheniramine Maleate. Chlorpheniramine Maleate sendiri merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi berbagai macam gejala gatal, kemerahan, mata berair, besin, hidung gatal atau tenggorokan menjadi kering, dan juga hidung meler yang dikarenakan alergi, demam, dan juga flu biasa. Chlorpheniramine Maleate masuk kedalam golongan obat atihistamin, obat ini bekerja dengan cara menghalangi aksi histamine, yaitu suatu zat terdapat dalam tubuh yang menjadi penyebab adanya gejala alergi.

Dosis Penggunaan Obat Batuk Dexyl

Obat batuk Dexyl tergolong obat bebas terbatas, berikut merupakan dosis yang umumnya digunakan :

  • Dewasa : tiga kali sehari sebanyak 2 sendok teh
  • Anak usia diatas 2 tahun : tiga kali sehari ½ – 1 sendok teh

Nah, khasiat obat batuk dexy sudah dijelaskan. Agar terhindar dari batuk ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan penyebab batuk,

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan