Sponsors Link

5 Khasiat Obat Batuk Pectorin yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Bagi sebagian orang terserang penyakit batuk sangatlah menganggu dan membuat kondisi menjadi tidak nyaman. Apalagi batuk biasanya tidak berdiri sendiri, terkadang terdapat gejala lain ikut menyertai, misalnya hidung tersumbat, bersin-bersin, serta pilek yang semuanya itu merupakan gejala adanya penyakit flu.

ads

Bila situasi semacam ini tak kunjung diatasi dapat menjadi masalah khususnya bagi orang dengan aktivitas yang membutuhkan interaksi dengan orang lain. Cara ampuh mengatasi batuk bisa menggunakan berbagai macam, salah satunya menggunakan obat-obatan khusus batuk. Obat batuk dipasaran banyak macamnya, obat batuk Pectorin merupakan contohnya.

Khasiat Obat Batuk Pectorin

Sebelum memahami khasiat obat batuk pectorin, penting kiranya mengetahui kandungan dalam obat ini. Obat batuk pectorin memiliki berbagai macam kandungan zat aktif didalamnya, berikut merupakan kandungan zat aktif pectorin, antara lain:

  • Dextromethorphan HBr
  • Glyceryl guaiacolate
  • Phenylpropanolamine
  • Chlorpheniramine maleate

Obat batuk pectorin sudah cukup terkenal dalam mengatasi berbagai macam gejala flu. Namun untuk lebih jelasnya perlu diketahui khasiat obat batuk pectorin yang akan dijelaskan sebagai berikut, antara lain yaitu :

  1. Meredakan Batuk

Khasiat obat batuk pectorin yang pertama adalah meredakan batuk. Kandungan berupa Dextromethorphan merupakan penyebabnya. Dextromethorphan adalah obat yang tergolong kedalam kelas morphinan, memiliki efek samping sebagai penenang, stimulan, dan juga disosiatif. Zat aktif ini berfungsi dalam menekan batuk, terutama batuk yang disebabkan karena iritasi tenggorokan dan bronkial tingkat ringan.

  1. Mengeluarkan Dahak

Glyceryl guaiacolate atau bisa disebut juga dengan guaiphenesin tergolong obat ekspektoran yang berfungsi untuk mengeluarkan dahak dari dalam saluran pernapasan khususnya pada infeksi saluran pernapasan tingkat akut. Cara kerja obat ini adalah dengan meningkatkan volume serta mengurangi viskositas mucus dari trakea dan juga bronkus, alhasil dahak pun lebih mudah dikeluarkan dari jalan napas melalui mekanisme batuk.

  1. Mengurangi Hidup Tersumbat

Khasiat obat batuk pectorin berikutnya adalah mengurangi hidung tersumbat karena flu, kandungan henylpropanolamine didalam obat ini berfungsi sebagai nasal dekongestan, stimulant, serta sebagai agen anoretik. Obat dekongestan berguna untuk menyusutkan pembuluh darah (arteri dan vena) dalam tubuh. Penyempitan pembuluh darah pada sinus, dada dan hidung akan membuat aliran dibagian yang sudah disebutkan tadi menjadi lancar, lalu mampet atau hidung tersumbat pun dapat diatasi.

  1. Mengobati Gejala Alergi

Kandungan Chlorpheniramine maleate dapat digunakan untuk mengatasi gejala alergi misalnya urtikaria, dan rhinitis. Chlorpheniramine maleate merupakan obat katagori alkilamina antihistamin generasi pertama. Bila dibandingkan dengan antihistamin generasi pertama lainnya, Chlorpheniramine maleate mempunyai efek sedatif yang terbilang relatif lemah.

Sponsors Link

  1. Mengatasi Bersin-bersin

Kandungan Chlorpheniramine maleate dalam obat pectorin juga bisa berguna untuk mengatasi sering bersin berkali-kali. Selain itu obat batuk pectorin bisa digunakan untuk mengatasi Pilek disertai batuk. Agar tehidar dari batuk sebaiknya menghindari makanan yang dilarang saat batuk, makanan yang dihidari saat flu dan makanan penyebab radang tenggorokan.

Setelah mengerti khasiat obat batuk pectorin dan khasiat obat batuk mucera ada baiknya memperhatikan hal-hal dibawah ini agar tak timbul situasi mengkuatirkan, berikut ini diantaranya :

  • Baca petunjuk penggunaan, bila diperlukan konsultasi dengan dokter atau ahli medis sebelum mengonsumsi obat ini.
  • Dilarang keras menggunakan dosis melebih anjuran pakai.
  • Hentikan penggunaan obat ini bila mana timbul reaksi alergi, contohnya gatal, ruam, sakit tenggorokan (baca : sakit tenggorokan saat menelan), demam, pucat, kesuiltan tidur, palpitasi alias pusing, arthralgia, atau adanya tanda-tanda lain yang membuat kuatir.
  • Pectorin bisa membuat kantuk, sebaiknya tak mengemudi atau melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi selama menggunakan obat satu ini.
  • Obat ini tidak disarankan digunakan untuk anak-anak dibawah 2 tahun, ibu hamil dan menyusui, kecuali ada resep dokter.

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa khasiat tentang obat batuk dari pectorin yang bisa anda ketahui juga bagaimana dosis takarannya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan