Sponsors Link

3 Khasiat Obat Batuk Prospan dan Dosis Penggunaan yang Tepat

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami batuk disertai dengan dahak? Pasti di antara kita semua pernah mengalami gangguan kesehatan yang sering menjangkit manusia ini. Batuk sendiri merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh pada bagian saluran pernapasan, batuk  sendiri berguna untuk melindungi paru-paru dari adanya benda asing. Batuk juga berfungsi dalam membersihkan saluran pernapasan dari adanya iritan, misalnya asap, lendir (dahak), dan mencegah infeksi.

ads

Batuk berdahak kerap kali menjadikan penderitanya mengalami kondisi yang menyiksa, sebab batuk bedahak biasanya menyumbat saluran pernapasan yang ahkirnya menjadikan sulit untuk bernapas. Batuk berdak bisa menyerang siapa saja, tanpa terkecuali, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Untuk itu perlu mengetahui penyebab batuk berdahak.

Khasiat Obat Batuk Prospan

Terdapat berbagai cara ampuh mengatasi batuk, baik menggunakan obat batuk berdahak tradisional, hingga menggunakan obat-obatan kimia yang terbukti cepat mengatasi gangguan kesehatan pada saluran pernapasan ini.

Dari sekian banyak obat-obatan berbahan kimia yang beredar dipasaran, obat batuk Prospan merupakan salah satunya. Obat batuk  ini memiliki kandungan berupa ekstrak daun lvy kering, larutan sorbitol, orbate, dan Citric Acid ini sangat baik untuk membantuk mengatasi batuk berdahak. Dan berikut ini akan dijelaskan lebih detail tentang khasiat obat batuk Prospan, antara lain:

  1. Meredakan Batuk

Berbedan dengan sering flu dan sakit kepala, sudah disebutkan diawal tadi khasiat obat batuk Prospan yaitu sebagai cara mengobati batuk berdahak. Batuk sendiri merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh pada bagian saluran pernapasan, batuk juga berguna untuk melindungi paru-paru dari benda asing. Batuk juga berfungsi dalam membersihkan saluran pernapasan dari adanya iritan, misalnya asap, lendir (dahak), dan mencegah infeksi.

  1. Mengencerkan Dahak

Khasiat obat batuk Prospan berikutnya merupakan sebagai obat mukolitik, atau bisa disebut dengan golongan obat yang bekerja dengan cara memecah ikatan kimia mukoprotein serta mukopolisakarida pada dahak, yang kemudian menjadikan dahak lebih encer serta tidak lengket. Situasi ini membuat dahak menjadi lebih mudah keluar dari saluran pernapasan.

  1. Melegakan Saluran Pernapasan

Sama halnya dengan obat batuk berdahak tradisional, khasiat obat batuk Prospan berikutnya adalah melegakan dan melancarkan saluran pernapasan. Ini disebabkan karena obat Prospan tergolong dalam mukolitik, mukolitik merupakan golongan obat dengan sistem kerja memecah ikatan kimia mukoprotein serta mukopolisakarida pada dahak hingga menjadikanya lebih encer. Encernya dahak yang keluar melalui batuk akan membuat saluran pernapasan menjadi lega dan lancar, hal ini terjadi karena saluran pernapasan tak lagi tersumbat oleh dahak atau lendir.

Dosis Obat Batuk Prospan

Guna mendapatkan khasiat obat batuk Prospan, anda sebaiknya mengonsumsi minuman penghilang batuk berdahak dan menggunakan obat batuk Prospan ini sesuai dengan petunjuk penggunaan. Adapun dosis yang umum digunakan dalam obat ini adalah sebagai berikut :

  • Untuk dewasa, obat ini menggunakan dosis 5 hingga 7,5 mL. Diberikan 3 kali sehari.
  • Bagi remaja dan usia diatas 10 tahun, obat batuk Prospan diberikan dosis sebanyak 5 mL. Berikan 3 kali sehari.
  • Untuk anak usia 6 – 9 tahun, diberikan dosis sebanyak 5 mL. Diberikan 3 kali sehari.
  • Bagi anak usia 1 hinga 5 tahun diberikan dosis sebanyak 2.5 mL. Diberikan 3 kali sehari.

Demikian beberapa penjelasan tentang obat batuk prospan yang sudah dijelaskan tentang khasiat dan juga beberapa dosis yang sudah dijelaskan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan