Sponsors Link

5 Khasiat Selasih Untuk Batuk yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sponsors Link

Pada waktu pergantian musim atau biasa disebut dengan pancaroba tidak sedikit orang yang terjangkit penyakit batuk. Batuk memang bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa atau pun anak-anak. Tak jarang batuk kering maupun yang berdahak dapat menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

ads

Umumnya, untuk mengatasi kondisi gangguan kesehatan itu, banyak yang memilih menggunakan obat pereda batuk, baik obat yang banyak dijual dipasaran, maupun berasal dari resep dokter. Akan tetapi mengonsumsi obat pereda batuk dengan bahan kimia biasanya menyebabkan efek samping, oleh sebab itu terdapat bahan alami yang bisa dijadikan sebagai pereda batuk, tentunya minim efek samping. Bahan itu adalah tanaman selasih.

Khasiat Selasih Untuk batuk

Tanaman selasih sekilas hampir menyerupai kemangi, tak jarang terkadang bila sulit membedakan antara keduannya. Hal ini tak bisa dilepaskan karena tanaman selasih dan kemangi masih dalam satu kelas. Tanaman dengan nama latin ocinum ini sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan obat alternatif, khususnya di Cina. Selasih dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bagian-bagian tanaman selasih dapat digunakan sebagai bahan untuk pengobatan yaitu batang, daun, tangkai dan bunga, biji serta minyak atsiri.  Semua bagian tanaman satu ini berkhasiat dalam mengobati bermacam-macam penyakit, baik psikis atau pun fisik. Berikut merupakan khasiat selasih untuk batuk yang akan dijelaskan dibawah ini, antara lain :

  1. Meredakan Batuk

Daunya diyakini mempunyai khasiat selasih untuk batuk yang hampir sama dengan aspirin dan ibuprofen. Akan tetapi, selasih tak membuat perut menjadi iritasi dan mempunyai unsur yang bisa mencegah perlukaan pada tubuh.

Untuk memanfaatkan daun selasih sebagai cara ampuh mengatasi batuk dapat melakukan langkah meremas atau menumbuk daun selasih hingga mengeluarkan cairan atau saripatinya. Lalu ambil cairan tersebut, kemudian seduh menggunakan air panas dan minum. Selain daun, khasiat selasih untuk batuk bisa diambil dari bijinya. Kandungan antispasmodic pada biji selasih dapat menyembuhkan batuk rejan.

  1. Mengencerkan Dahak

Tak heran bila sudah tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan biji selasih untuk digunakan sebagai ekspektoran dan meredakan batuk dengan cara mencampurkan biji selasih bersama secangkir teh. Dengan menggunakan cara ini dahak pun bisa menjadi encer.

  1. Meredakan Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan seperti halnya asma dan juga bronchitis dapat diatasi dengan mencampurkan minuman jahe bersama campuran biji selasih serta madu. Untuk menjadikan selasih sebagai obat alami gangguan pernapasan dapat menggunakan langkah merebus jahe bersama biji ditambah segelas air, rebus kedua bahan tandi secara bersamaan kemudian tambahkan madu secukupnya, jangan terlalu berlebihan dan terlalu sedikit. Setelah semua bahan tercampur minun ramuan tadi pada kondisi masih hangat.

  1. Anti Radang

Batuk merupakan sebuah penyakit yang biasanya tidak berdiri sendiri, gangguan pada saluran pernapasan ini terkadang dibarengi dengan sakit tenggorokan saat batuk. Perlu diingat selasih mempunyai efektivitas hampir sama seperti ibuprofen dan aspirin. Dan tidak membuat perut menjadi iritasi serta mempunyai unsur yang bisa mencegah perlukaan pada tubuh. Saat radang atau sakit tenggorokan menyerang sebaiknya mengonsumsi makanan untuk sakit tenggorokan.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Khasiat selasih untuk batuk berikutnya adalah menyembuhkan sakit kepala. Tak berbeda dengan radang, sakit kepala biasanya timbul bersamaan dengan batuk, maka itu biji selasih bisa menjadi solusinya. Gunakan 5 gr biji selasih dengan cara merebus menggunakan air panas, kemudian tambahkan madu secukupnya.

Khasiat selasih untuk batuk sudah diterangkan diatas, alangkah baiknya sebelum gangguan penyakit datang menyerang lakukan pola hidup sehat, mengkonsumsi buah apel menghilangkan batuk, hindari makanan penyebab suara serak karena batuk, buah yang tidak boleh dimakan saat batuk dan  makanan penyebab radang tenggorokan.

, , , ,