Sponsors Link

Lendir Di Tenggorokan Akibat Asam Lambung: Bahaya, Akibat Dan Pengobatannya

Sponsors Link

Saat ini memang sedang berlangsung musim pancaroba yang mengakibatkan beberapa orang akan mengalami masalah kesehatan, terlebih jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun dan ditambah lagi ia memiliki riwayat penyakit tertentu seperti asam lambung.

ads

Penyakit asam lambung atau yang juga dikenal dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya rasa nyeri yang terdapat pada ulu hati atau ada juga yang merasakan seperti dadanya terbakar yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus.

Esofagus atau yang lebih dikenal dengan kerongkongan merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara mulut dengan lambung. Penyakit ini memang merupakan salah satu penyakit umum yang dialami kebanyakan orang, terlebih jika orang tersebut memiliki pola makan atau pola hidup yang kurang sehat.

Lendir di Tenggorokan Akibat Asam Lambung

Dalam beberapa kasus yang lebih parah akan menyebaban penumpukan lendir yang terdapat pada tenggorokan sehingga akan menyebabkan penderitanya kesulitan untuk menelan sesuatu. Maka dari itu, anda tidak boleh membiarkan kondisi ini semakin berlarut – larut yang malah akan menyebabkan anda terkena penyakit lainnya yang mungkin saja bisa lebih parah.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang akibat serta bagaimana cara mengobati lendir di tenggorokan akibat asam lambung. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan anda bisa segera melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan dini ketika anda terindikasi mengalami masalah tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lendir yang terdapat pada tenggorokan yang disebabkan oleh asam lambung merupakan kondisi yang tidak bisa anda anggap remeh begitu saja karena hal tersebut bisa menjadi pemicu anda mengalami beberapa masalah yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Beberapa akibat lendir di tenggorokan karena asam lambung adalah seperti di bawah ini:

1. Mengalami masalah pada esofagus

Lendir yang menumpuk di tenggorokan bisa menjadi sebab anda mengalami masalah yang berhubungan dengan esofagus atau saluran yang menghubungkan antara mulut dan lambung. Pada beberapa kasus asam lambung yang parah ditemukan bahwa esofagus penderita bisa mengalami luka atau borok yang tentunya akan menimbulkan rasa yang amat sakit, terutama jika digunakan untuk menelan.

Ketika luka tersebut sudah mulai sembuh, maka esofagus anda akan mulai mengalami penyempitan dan kemudian akan mengalami perubahan bentuk seolah – olah menjadi sel – sel kecil yang ada pada perut ketika terjadinya beret. Kondisi ini tidak boleh anda biarkan begitu saja karena akan semakin mengancam kesehatan anda. Untuk kasus yang lebih parah bisa menyebabkan anda mengalami kanker esofagus. Maka dari itu, tindakan pencegahan dini dirasa sangat perlu dilakukan agar supaya anda tidak mengalami berbagai macam kondisi yang bisa mengancam nyawa anda.

2. Masalah pada pita suara dan tenggorokan

Dampak selanjutnya akibat lendir di tenggorokan karena asam lambung adalah anda bisa mengalami gangguan pada pita suara maupun juga tenggorokan anda. Kondisi ini biasanya akan disertai batuk yang mengeluarkan lendir bening namun memiliki tekstur yang kental.

Sponsors Link

Ketika pita suara anda terganggu, maka anda akan mengalami kesulitan untuk berbicara atau bahkan mengalami rasa sakit tiap kali anda berbicara. Jadi mungkin anda akan disarankan untuk diam sambil melakukan pengobatan yang tepat terhadap pita suara dan tenggorokan anda.

Seperti yang kita tahu bahwa pita suara merupakan bagian yang sensitif dibandingkan dengan esofagus maupun juga jika anda membandingkannya dengan daerah yang ada di sekitar perut anda. Untuk kondisi yang lebih parah dilaporkan bahwa orang tersebut bisa menderita suara serak atau bahkan mengalami batuk kronis.

3. Masalah pada paru – paru

Lendir di tenggorokan akibat asam lambung juga bisa berdampak pada terjadinya gangguan pada paru – paru anda, seperti mengalami asma. Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa seseorang yang menderita asam lambung ditambah dengan penumpukan lendir yang ada di tenggorokan bisa mengakibatkan terjadinya asma.

Asma merupakan sebuah penyakit jangka panjang yang terdapat pada saluran pernapasan dimana penyakit ini bisa anda ketahui dengan adanya peradangan maupun juga penyempitan yang terjadi pada saluran pernapasan sehingga mengakibatkan penderitanya mengalami sesak nafas.

ads

Kondisi ini memang sering dikaitkan dengan penyakit asam lambung. Selain itu, masih ada beberapa penyakit yang lebih parah yang juga ada hubungannya dengan penumpukan lendir di tenggorokan seperti pneumonia atau bronkitis atau bahkan emphysema jika kondisi ini tidak segera dilakukan pengobatan secara cepat dan tepat.

4. Mengalami masalah pada sinus

Apakah anda tahu apa itu sinus? Sinus merupakan rongga yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara dimana di dalam wajah kita terdapat 4 rongga sinus seperti yang ada di pipi atau juga dahi. Perlu anda tahu bahwa akibat penumpukan lendir yang disebabkan oleh penyakit asam lambung nantinya bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada tuba eustacia.

Tua eustacia merupakan sebuah penghubung antara telinga dan tenggorokan. Jika seseorang mengalami gangguan pada tuba eustacia, maka orang tersebut akan mengalami masalah infeksi yang terjadi pada saluran telinga bagian tengah. Seperti halnya penjelasan sebelumnya bahwa masalah kali ini juga tidak boleh anda anggap remeh dan harus segera dilakukan pengobatan untuk mencegah dari hal – hal yang tidak diinginkan yang akan semakin mengancam kesehatan anda.

Pengobatan Lendir Di Tenggorokan Akibat Asam Lambung

Setelah kita semua membahas mengenai apa saja akibat yang bisa ditimbulkan dari lendir di tenggorokan karena asam lambung, maka selanjutnya kami akan memberikan penjelasan kepada anda menganai apa saja pengobatan yang bisa anda lakukan seperti yang telah dijelaskan pada obat batuk karena asam lambung tinggi.

1. Memperbanyak minum air putih

Pengobatan lendir di tenggorokan akibat asam lambung adalah dengan memperbanyak minum air putih. Sebenarnya cara ini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan sebelum nantinya kita beranjak pada pengobatan yang lain.

Air putih memang sudah terbukti mampu membantu mengencerkan dahak atau lendir yang menumpuk di tenggorokan anda. Selain itu, seseorang yang menderita asam lambung memang membutuhkan cairan untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuhnya serta membantu meredakan peradangan atau inflamasi. Anda bisa membiasakan diri anda meminum air putih minimal 6 – 8 gelas setiap harinya guna meredakan dahak yang mengental dan menumpuk di tenggorokan anda. Cara ini juga terbukti ampuh seperti mengobati batuk pada penjelasan cara mengobati batuk GERD.

2. Hentikan kebiasaan merokok

Cara pengobatan selanjutnya yang harus anda lakukan adalah untuk tidak merokok. Kebiasaan merokok juga bisa menjadi sebab timbulnya banyak lendir di tenggorokan anda sehingga kondisi ini akan menyebabkan terjadinya radang tenggorokan atau bahkan bisa memicu terjadinya sinusitis.

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa rokok banyak menimbulkan berbagai macam penyakit, khsusnya yang berhubungan dengan saluran pernapasan, bahkan tidak banyak orang yang mendukung aksi pengharaman rokok karena memang rokok sudah banyak menimbulkan masalah. Maka dari itu, jika anda ingin sembuh dari penumpukan lendir di tenggorokan, maka kami sarankan agar anda berhenti merokok dan melakukan aktivitas yang lebih bemanfaat. Biasanya seseorang yang sulit berhenti merokok akan menggunakan permen mint sebagai ganti mulutnya yang terasa kering atau pahit.

3. Meminum sari kencur

Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, kencur juga memiliki banyak manfaat di dunia kesehatan, salah satunya adalah bisa digunakan sebagai obat untuk lendir di tenggorokan bagi penderita asam lambung. Selain itu, kencur juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan batuk berdahak di malam hari karena memang zat yang terkandung di dalam kencur bersifat anti inflamasi sehingga mampu digunakan mengatasi penumpukan lendir.

Sponsors Link

Anda disarankan untuk meminum sari kencur secara rutin minimal dua kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari guna mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal sehingga anda akan cepat sembuh dari kondisi anda yang sangat mengganggu tersebut.

4. Madu dan jahe

Pengobatan selanjtunya yang juga bisa menjadi alternatif bagi anda adalah dengan mengkombinasikan bahan – bahan herbal seperti madu dengan jahe. Kedua jenis bahan ini memang terbukti sangat ampuh mengobati berbagai masalah yang ada kaitannya dengan saluran pernapasan seperti batuk kering disertai pilek dan juga madu sering dijadikan sebagai obat batuk herbal untuk bayi.

Yang harus anda lakukan sangat sederhana dimana anda hanya perlu membuat air jahe hangat yang anda tambahkan dengan madu secukupnya. Minum ramuan ini secara rutin minimal 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal.

5. Anti decongestan

Jika pengobatan herbal di atas tidak mampu mengatasi penumpukan lendir di tenggorokan, maka cara lain adalah dengan memanfaatkan obat medis yaitu dengan mengkonsumsi anti decongestan. Obat ini memang sudah terbukti mampu mengatasi batuk serta penumpukan dahak yang menyebabkan terjadinya peradangan.

Anda tidak perlu khawatir karena anti decongestan merupakan obat yang aman untuk lambung anda sehingga tidak akan menyebabkan gangguan apapun pada lambung. Hanya saja, anti decongestan diketahui bisa menyebabkan beberapa efek samping ringan seperti gatal, batuk, dll.

Beberapa obat medis lainnya yang kami rekomendasikan untuk anda konsumsi adalah Guaifenesin dimana obat ini memiliki peran atau fungsi yang tidak jauh berbeda dengan obat anti decongestan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

, , , , , ,