Sponsors Link

Makan Bakso Saat Batuk: Bahaya, Akibat Dan Pengobatannya

Sponsors Link

Apakah anda pernah mengalami batuk? Sebenarnya batuk bukan dikategorikan sebagai sebuah penyakit karena memang kondisi ini wajar dan bisa dialami oleh siapa saja. Mengapa? Karena pada mulanya batuk merupakan sebuah reaksi dari sistem kekebalan tubuh anda untuk melawan benda atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan dan kemudian akan mengeluarkannya melalui batuk.

ads

Batuk memang akan sembuh dengan sendirinya meski anda tidak memberikan atau mengkonsumsi obat batuk apapun. Akan tetapi, jika batuk tersebut tidak kunjung sembuh dan malah semakin bertambah parah, maka hal ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwasanya anda mengalami sebuah penyakit tertentu yang tidak boleh anda remehkan.

Sebenarnya ada dua pembagian batuk berdasarkan tingkat keparahannya. Yang pertama disebut dengan batuk kronis dan yang kedua disebut dengan batuk akut. Batuk kronis merupakan sebuah penyakit batuk yang sudah dialami dalam kurun waktu 8 minggu atau lebih untuk orang dewasa dan untuk anak – anak, batuk ini telah dialami sejak 4 minggu atau bisa juga lebih.

Sementara untuk batuk akut merupakan sebuah penyakit batuk dimana penderitanya sudah menderita batuk jenis ini sejak 12 minggu atau bahkan lebih untuk orang dewasa dan untuk anak – anak selama 8 minggu atau bisa juga lebih. Kedua jenis batuk ini harus segera ditangani dengan pengobatan herbal maupun anda juga bisa menggunakan pengobatan medis yang memang terbukti ampuh mengatasi batuk kronis seperti yang telah dijelaskan Cara Mengobati Batuk Kronis dan juga tentang Obat Tradisional Batuk Akut.

Bolehkah Makan Bakso Saat Batuk?

Selain anda melakukan penanganan dengan cara melakukan beberapa pengobatan terhadap batuk yang anda alami, baik batuk kronis maupun batuk akut ataupun pengobatan batuk berdahak dan batuk kering, anda juga harus paham tentang apa saja makanan dan minuman yang menjadi pantangan seseorang yang mengalami batuk.

Jika anda tidak menghiraukan pantangan tersebut dan tetap makan makanan atau minuman yang dilarang bagi penderita batuk, maka tentunya anda akan sulit untuk sembuh dari batuk yang anda derita sekalipun anda telah mengkonsusmi obat – obatan yang memang terbukti manjur dalam mengobati penyakit batuk.

Dan apakah makan Bakso saat batuk termasuk hal yang dilarang? Sebenarnya untuk menjawab hal ini ada dua kemungkinan. Yang pertama, Bakso akan dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita batuk jika misalnya digoreng terlalu lama atau menggunakan minyak goreng bekas atau jelanta.

Mengapa? Karena Bakso tersebut nantinya akan membuat penumpukan dahak di dalam tenggorokan anda sehingga batuk yang anda alami juga akan semakin parah. Maka dari itu disarankan untuk tidak mengkonsumsi Bakso goreng terlalu sering ketika anda sedang dalam kondisi batuk.

Akibat Makan Bakso Saat Batuk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya salah satu dampak yang akan ditimbulkan dari mengkonsumsi Bakso goreng telalu sering ketika anda sedang batuk adalah bisa menyebabkan penumpukan dahak di dalam tenggorokan. Selain itu, ada beberapa hal yang juga bisa anda alami sebagai akibat dari makan Bakso saat batuk.

1. Radang Tenggorokan

Ketika lendir atau dahak di dalam tenggorokan anda semakin banyak akibat makanan yang digoreng seperti Bakso, kemungkinan besar anda bisa menderita radang tenggorokan. Radang tenggorokan merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun juga virus yang menyerang saluran pernapasan anda, dalam hal ini yaitu menyerang tenggorokan.

Sponsors Link

Radang tenggorokan disebabkan oleh banyaknya lendir yang sudah mengalami infeksi dan menumpuk di tenggorokan anda. Maka dari itu, anda tidak dianjurkan mengkonsusmi makanan yang digoreng terlalu berlebihan karena hanya akan menyebabkan batuk yang anda alami akan sulit sembuh.

2. Batuk Berdahak

Jika sebelumnya anda menderita batuk kering atau batuk tidak berdahak dan kemudian anda sering makan Bakso goreng, maka kemungkinan besar anda bisa menderita batuk berdahak. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang digoreng akan membuat produksi lendir di saluran pernapasan anda akan semakin banyak.

Kondisi ini anda biarkan saja dan kemudian akan menyebabkan terjadinya penumpukan lendir sehingga bisa menyebabkan anda menderita batuk berdahak. Seseorang yang menderita batuk berdahak tentu akan membuatnya sangat terganggu karena tidak bisa melakukan aktivitasnya dengna baik.

Maka dari itu, bagi anda yang menderita batuk berdahak, kami menganjurkan untuk mengetahui informasi penting seperti Antibiotik Untuk Batuk Berdahak dan juga Obat Batuk Berdahak Untuk Ibu Hamil.

3. Batuk Kronis

ads

Akibat makan Bakso goreng terlalu sering ketika anda sedang batuk juga bisa berakibat fatal, yakni bisa menyebabkan anda menderita batuk kronis. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa batuk kronis merupakan penyakit batuk yang sudah dialami dalam jangka waktu 8 minggu untuk orang dewasa.

Sementara anak – anak bisa dikatakan menderita batuk kronis jika ia telah menderita batuk selama minimal 4 minggu atau lebih. Sama halnya dengan batuk berdahak, batuk kronis disebabkan oleh produksi lendir yang ada di saluran pernapasan anda yang disebabkan oleh terlalu sering makanan makanan yang digoreng.

Jika sudah seperti ini, maka tentu anda harus segera melakukan pengobatan batuk maupun sakit tenggorokan yang anda alami sehingga kondisi anda tersebut tidak semakin parah.

Pengobatan Batuk

Ada banyak pengobatan yang bisa anda lakukan, mulai dari pengobatan herbal sampai dengan pengobatan medis. Namun kami lebih menganjurkan untuk menggunakan pengobatan herbal terlebih dahulu karena tanpa menimbulkan efek samping, selain memang pengobatan herbal untuk batuk juga terbukti ampuh.

1. Jahe

Pengobatan batuk yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Jahe memang merupakan rempah – rempah yang sering sekali digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan saluran pernapasan, salah satunya adalah berfungsi mengobati batuk. Kandungan yang ada di dalam jahe akan berperan dalam mengencerkan dahak yang menjadi sebab anda menderita batuk berdahak maupun batuk kronis. Untuk cara yang harus anda lakukan tentu sangat mudah dimana anda hanya perlu menyiapkan 1 buah jahe yang sudah anda potong kemudian anda masukkan ke dalam gelas.

Setelah itu, anda harus menuangkan air panas ke dalam gelas tersebut dan anda aduk secara perlahan – lahan sampai merata. Anda bisa menambahkan gula sedikit untuk menambah citarasanya. Yang terakhir adalah anda hanya perlu meminumnya minimal dua kali dalam sehari untuk meningkatkan efek dari pengobatan ini. Selain mampu mengobati batuk, dengan rutin meminum jahe maka jahe tersebut akan menghangatkan tubuh anda sehingga anda akan tampil lebih segar dari biasanya.

2. Daun Sirih

Daun sirih juga bisa menjadi alternatif pengobatan untuk batuk yang sedang anda alami. Mungkin anda hanya tahu bahwasanya daun sirih lebih sering digunakan untuk membantu menjaga organ intim wanita agar tetap bersih dan segar karena mampu melawan bakteri jahat.

Namun dibalik itu semua, daun sirih bisa bermanfaat sebagai obat batuk yang terbukti ampuh. Untuk pengobatannya sendiri sangat mudah dimana anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih kemudian anda minum air rebusan daun sirih tersebut secara rutin. Disarankan untuk menyaringnya terlebih dahulu sebelum meminumnya. Anda bisa menambahkan jahe maupun bahan – bahan lainnya untuk meningkatkan cita rasa maupun meningkatkan khasiat dari daun sirih tersebut.

3. Menggunakan Kencur

Kencur merupakan salah satu rempah – rempah yang wajib berada di dapur karena kencur banyak digunakan sebagai tambahan pada bumbu makanan. Selain itu, kencur juga memiliki manfaat untuk mengobati masalah pernapasan seperti batuk maupun juga hidung mampet atau pilek.

Sponsors Link

Untuk cara pengobatan yang harus anda lakukan sangatlah mudah. Anda harus menyiapkan beberapa minimal 2 buah kencur dan kemudian anda kupas lalu anda parut. Setelah itu, anda peras sampai sarinya benar – benar sudah tidak ada lagi. Setelah itu, anda harus menambahkan garam dan juga air kemudian anda campurkan semuanya sampai benar – benar merata. Dan yang terakhir adalah anda harus meminumnya secara rutin minimal dua kali dalam sehari untuk meningkatkan khasiat yang akan anda dapatkan.

4. Madu dan Jahe

Pengobatan batuk selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan campuran madu dan jahe. Kedua bahan ini memang sudah terbukti dan telah digunakan sejak dahulu untuk membantu mengobati batuk kering, batuk berdahak, pilek, atau bahkan mengatasi masalah pada tenggorokan. Madu dan jahe akan berperan sebagai anti inflamasi yang akan melawan peradangan. Kedua bahan ini nantinya akan berperan dalam melawan bakteri maupun virus yang menyebabkan anda menderita batuk maupun masalah tenggorokan yang lainnya.

Untuk pembuatannya sendiri sama ketika anda hanya menggunakan jahe untuk pengbatan batuk, namu anda hanya perlu menambahkan madu minimal satu sendok teh dan kemudian anda aduk secara merata. Minum ramuan tersebut minimal dua kali dalam sehari.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang bolehkah makan Bakso saat batuk. Semoga informasi ini bemanfaat bagi kita semuanya. Kami juga menyarankan anda membaca informasi lainnya seperti obat batuk berdahak tradisional dan makanan yang dilarang saat batuk. Sekedar informai bagi anda bahwa memakan Bakso malah disarankan ketika seseorang menderita flu. Di dalam Bakso mengandung vitamin D yang akan berperan dalam mengembalikan sistem kekebalan tubuh anda. Yang terpenting adalah anda tidak boleh memakannya terlalu berlebihan.

, , , ,