Sponsors Link

Bolehkah Makan Buah Jeruk Saat Batuk? Bagaimana Cara Tepat untuk Mengkonsumsinya?

Sponsors Link

Anda sedang mengalami batuk saat ini? Dan mencoba untuk makan buah jeruk saat batuk tetapi Anda khawatir akan batuk yang semakin parah setelahnya. Memang benar, sebagian orang ada yang beranggapan bahwa buah jeruk ini tidak cocok jika dikonsumsi saat seseorang sedang batuk. Disamping itu juga banyak yang menganggap bahwa buah jeruk adalah obat alami yang mengandung banyak vitamin serta serat yang malah mempercepat proses penyembuhan saat batuk.

Buah jeruk sebetulnya sama dengan kebanyakan buah yang umumnya baik dikonsumsi untuk kesehatan kita. Jeruk yang identik dengan warna orange, hijau dan kuning dengan berbagai jenisnya, malah sering digunakan sebagai obat alami untuk batuk berdahak maupun batuk kering. Rasanya yang segar dengan tekstur bulirnya yang berair bahkan menyimpan banyak nutrisi dan vitamin untuk tubuh, yaitu vitamin C dan benarkah bayi batuk boleh makan jeruk  juga harus diteliti lebih dulu.

Makan Buah Jeruk Saat Batuk

Buah jeruk umumnya dikenal dengan kandungan vitamin C tinggi, yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan system daya tahan tubuh serta melancarkan peredaran darah. Dengan mengkonsumsi buah jeruk, kondisi tubuh kita akan lebih segar dan sehat di setiap harinya.Buah jeruk memiliki kandungan serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, terutama untuk kelancaran proses pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga baik untuk kita yang sedang menjalankan program diet sehat.

Makan buah yang boleh dimakan saat batuk seperti buah jeruk, sebetulnya tidak berbahaya dan belum tentu akan menambah kondisi batuk menjadi semakin parah. Tetapi, jenis buah jeruk yang dimakan langsung biasanya terdiri dari beberapa jenis, seperti jeruk mandarin atau jeruk kino misalnya.Ketika makan buah jeruk, terlebih makan buah jeruk saat batuk, sebaiknya lebih berhati-hati.

Mulailah dengan mengambil bagian daging jeruknya, lalu kupas bagian putih pada buah jeruk tersebut. Setelah itu, keluarkan biji jeruk di dalamnya dan Anda sudah bisa makan jeruk tanpa khawatir akan memicu batuk. Jeruk yang banyak terdapat di pasaran ternyata bukan hanya jeruk yang bisa langsung di makan. Beberapa jenis jeruk seperti jeruk lemon dan jeruk nipis, malah sering diambil airnya untuk pengobatan batuk yang alami, juga untuk kebutuhan diet.

Jeruk nipis yang merupakan buah pereda radang tenggorokan dengan berwarna kulit hijau dan memiliki rasa yang masam, sering dimanfaatkan airnya untuk menjadi ramuan alami obat radang tenggorokan serta batuk pada dewasa dan anak-anak.Jeruk nipis hanya tinggal dibelah menjadi dua bagian, lalu peras salah satunya dan campurkan dengan kecap manis. Kecap manis disini berfungsi hanya sebagai pengurang rasa masam pada jeruk nipis yang berlebih.

Ada pula jeruk lemon yang memiliki warna kulit lebih kuning dan rasanya lebih masam atau kecut. Jeruk lemon juga banyak dimanfaatkan sebagai ramuan obat batuk alami, yang berkhasiat untuk meredakan gatal di area tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhan batuk.Menurut penelitian, jeruk lemon ini memiliki sifat diuretic, artinya sifat ini dapat membantu untuk membuang racun yang terdapat dalam tubuh, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Mengkonsumsinya, hanya cukup dicampurkan dengan madu dan satu cangkir air hangat.

Bahaya Makan Buah Jeruk Saat Batuk

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa makan jeruk saat batuk khususnya buah jeruk yang banyak dipasaran saat ini, sebenarnya memiliki manfaat untuk membantu menyembuhkan batuk yang cukup efektif. Manfaatnya bisa didapat tidak hanya dari makan buah jeruk saat batuk secara langsung, tetapi juga dengan ramuan obat batuk dari buah jeruk.Namun, dilansir dari bolehkah.com, Buah jeruk ini ternyata memiliki kandungan suatu zat asam yang disebut sitrus atau sitrat. Disebutkan bahwa kandungan zat asam tersebut dapat menjadi penyebab batuk menjadi lebih parah, terlebih yang sedang mengalami radang tenggorokan.

Zat asam sitrus ini awalnya dapat memicu rasa gatal di area tenggorokan. Setelah itu, batuk bukanya lebih cepat sembuh, malah bisa menjadi semakin parah.Maka dari itu, jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan disertai batuk yang sudah berlangsung cukup lama, sebaiknya tidak dulu mengkonsumsi buah jeruk dari berbagai jenis. Meskipun kandungan vitamin C nya tinggi, Anda masih bisa mencari alternatif buah lainya yang juga memiliki kandungan vitamin C tinggi. Beberapa buah tersebut seperti jambu biji, pepaya, kiwi, strawberry, mangga dan nanas.

Kesimpulan buah yang tidak boleh dimakan saat batuk yaitu untuk makan buah jeruk saat batuk apakah berbahaya atau tidak, jawabanya adalah menjadi berbahaya jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan dan kondisi tenggorokan Anda sedang gatal sehingga menyebabkan ingin batuk berketerusan. Untuk segala kondisi yang berkaitan dengan makan buah jeruk saat batuk, sebaiknya konsultasikan pada dokter yang bersangkutan. Dengan begitu, Anda dapat memastikan apakah sebaiknya mengkonsumsi jeruk (berbagai olahan jeruk) atau menghindarinya terlebih dulu.

Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Perlu Anda ketahui bahwa buah jeruk ternyata tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk membuat ramuan obat batuk alami. Buah jeruk juga memiliki beberapa manfaat lainya untuk kesehatan. Dilansir dari travel.tribunnews.com, berikut ulasanya:

  • Manfaat Kesehatan Jantung

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa buah jeruk yang dikonsumsi akan membantu menurunkan resiko penyakit yang disebut kardiovaskular yang lebih rendah. Makan buah jeruk saat batuk, ternyata dapat bermanfaat untuk mencegah sakit jantung juga.

  • Mencegah Penyakit Mata

Masalah penyakit mata biasanya identic dengan kandungan vitamin A, seperti bolehkah buah apel menghilangkan batuk dan mencegah penyakit mata. Namun hasil penelitian baru-baru ini ternyata menunjukan bahwa buah jeruk yang menjadi menu diet secara teratur memberikan manfaat sebesar 60% untuk kemungkinan penyakit degenarasi macula atau penglihatan kita.

  • Menjaga Fungsi Otak lebih Baik

Mungkin makan buah jeruk saat batuk harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan tenggorokan terlebih dulu. Namun, dengan mengkonsumsi jeruk tersebut, sebenarnya kita telah membantu untuk meningkatkan fungsi kognitif. Meski begitu, mengkonsumsi buah jeruk juga jangan berlebihan.

Memperbaiki Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar

Jeruk memang memiliki kandungan serat. Sementara itu, kandungan serat yang tidak larut bisa membantu untuk menarik air ke area usus besar. Sementara serat yang larut dapat menarik air sehingga menghilangkan kelebihan cairan pada usus. Kedua jenis serat ini ada pada jeruk.

  • Menyehatkan Kondisi Tubuh

Sumber vitamin C pada buah jeruk, juga termasuk makanan berenergi. Meskipun makan buah jeruk saat batuk sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi, namun dengan makan buah jeruk, dapat membantu tubuh menyembuhkan luka serta mencegah terjadinya infeksi.Misalnya, pada peserta yang sedang berolahraga, jika ia mengkonsumsi sekitar 400 mg vitamin C setiap harinya, maka akan terjadi peningkatan fungsi otot serta mengurangi rasa sakit setelah berolahraga.

  • Melawan Infeksi Virus

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C, dengan kemampuan untuk menjaga system imun tubuh, serta dapat dengan ampuh melawan infeksi secara maksimal. Kandungan polifenol dalam jeruk juga berperan sebagai anti virus dan akan membasmi anti virus tersebut.

  • Tulang dan Gigi Menjadi Kuat

Tulang dan gigi kita juga menjadi lebih ternutrisi, dengan mengkonsumsi dan makan buah jeruk. Meskipun vitamin D lebih berperan dalam hal ini, namun buah jeruk juga memiliki vitamin D unuk menjamin penyerapan kalsium.Selain tulang, Buah jeruk juga dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikatnya. Buah jeruk akan melapisi gigi serta mencegah terjadinya korosi. Nafas juga akan semakin segar dan tidak menyebabkan bau mulut.

  • Mencegah Kanker

Jeruk juga merupakan agen antioksidan yang memiliki tingkat kekebalan terbaik. Jeruk juga memiliki kandungan zat limonene sebagai penghambat terjadinya kanker dalam tubuh. Zat ini dapat mendeteksi sel kanker dan menghancurkanya.

Cara Makan Buah Jeruk  Saat Batuk

Bagaimana cara Anda makan buah jeruk saat batuk? Mungkin kebanyakan orang akan memakan buah jeruk dengan mengupasnya terlebih dulu menggunakan tangan. Menggunakan cara ini sebenarnya tidak salah, namun tidak sedikit yang mengalami lecet dan perih pada tanganya, jika harus makan buah jeruk dalam jumlah yang cukup banyak. Lalu bagaimana cara mengupas dan makan buah jeruk saat batuk dengan benar, berikut ulasanya:

  1. Jeruk Nipis

Cara makan buah jeruk nipis yang benar adalah dengan membelah buah ini secara melintang. Setelah terbagi dua sama besar, potong kembali bagian kanan dan kiri dari potongan tersebut. Buah jeruk nipis sering dimanfaatkan sarinya, maka dengan cara tersebut, Anda dapat mengambil air jeruk nipis lebih maksimal.

  2. Jeruk Mandarin

Jika ingin makan buah jeruk saat batuk, dan memilih buah jeruk mandarin dan sejenisnya, maka kupas dengan cara berikut ini:

  • Potong bagian atas buah jeruk secara tipis dengan pisau
  • Kemudian, iris bagian kanan atau kiri buah jeruk dengan sehingga buah jeruk menjadi terbelah. Jangan memotong hingga terputus.
  • Setelah itu, coba lihat, Anda akan menemukan jejeran buah jeruk yang siap dimakan

3. Jeruk Lemon

Jika jenis jeruk lemon yang ingin dikonsumsi, maka cara yang tepat untuk makan buah ini adalah dengan memotong buah lemon secara melintang. Gunakan garpu di bagian tengahnya (ditusukan). Setelah itu peras air lemonya dengan memutarkan garpu tersebut, agar air perasan yang dihasilkan lebih banyak.

Saat sedang batuk dan ingin makan buah jeruk saat batuk, sebaiknya dihindari dulu jika memang kondisi tenggorokan sedang radang dan gatal. Konsultasikan dengan dokter agar batuk yang dialami segera sembuh.

, , ,
Oleh :