Sponsors Link

Benarkah Makan Telur Saat Batuk? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Setiap makanan pasti bermanfaat bagi tubuh manusia, namun apabila kondisi tubuh manusia yang menderita penyakit tertentu maka akan sulit bagi penderita mengkonsumsi beberapa makanan karena akan berdampak buruk bahkan memperparah kondisi penyakitnya. Batuk adalah kondisi tubuh yang sering dialami oleh setiap orang terutama bagi Anda yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Batuk memang mudah tertular dan mudah pula untuk disembuhkan, namun jangan anggap sepele batuk ini, karena batuk merupakan pintu utama masuknya penyakit lainnya yang lebih berbahaya.

ads

Dalam kondisi batuk, setiap orang pasti menginginkan agar segera sembuh karena batuk membuat tidak nyaman dalam beraktifitas sehari – hari. Berbicara masalah penyebuhan batuk, hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah menghindari makanan yang dipercaya mampu memperparah kondisi batuk Anda. Seperti salah satunya dengan mengkonsumsi telur. Artikel ini akan membahas tentang benarkah makan telur saat batuk? apakah berbahaya?.

Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi dan mampu memperlancar metabolisme. Beragam cara masakan olahan telur agar telur memiliki citra rasa serta daya tarik agar lebih mudah untuk dikonsumsi. Namun, kondisi ini malah menjadi bomerang bagi penderita penyakit tertentu seperti batuk dalam mengkonsumsi makanan telur dengan jenis olahan masakan telur tertentu.  (baca juga: Cara Mengobati Batuk Berdahak – Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

Kandungan yang terdapat pada telur

Setiap makanan pasti memiliki kandungan gizi masing – masing yang disesuaikan dengan ukuran makanan tersebut. Menurut pusat penelitian, kandungan dalam 100 gram telur mengandung nutrisi seperti energi 154 kkal, protein 12,4 gram, karbohidrat 0,7 gram, lemak 10,8 gram, kalsium 86 miligram dan zat besi 3 miligram. Kandungan gizi yang beragam tersebut memang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, dalam 100 gram telur juga mengandung vitamin A dan vitamin B1.

Makanan yang dilarang saat batuk ?

Ada beberapa jenis makanan dilarang atau disarankan agar tidak dikonsumsi suapaya batuk Anda cepat sembuh. Beberapa makanan tersebut antara lain:

  • Makanan yang digoreng

Apapun makanannya apabila digoreng maka akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda terutama apabila Anda mengalami batuk. Makanan yang digoreng atau yang dikenal dengan gorengan adalah makanan yang digoreng dengan minyak, dimana minyak ini merupakan lemak jenuh ini sulit terurai didalam darah sehingga apabila dikonsumsi terus menurus akan membawa penyakit yang parah. Namun, makanan yang iguruk juga sangat mengganggu tenggorokan bisa mengakibatkan radang tenggorokan serta batuk berdahak.  Selain itu, makanan gorengan juga membuat batuk kering Anda susah diobati.

  • Makanan yang memicu timbulnya alergi

Beragam makanan yang mampu menimbulkan alergi tergantung orang yang mengkonsumsinya. Seperti halnya flu dan pilek, batuk juga dapat disebabkan oleh alergi. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami batuk karena alergi sebaiknya Anda hindari makanan pemicu alergi tersebut. Salah satu makanan yang dapat menimbulkan alergi seperti telur, susu, roti dan sebagainya.

  • Makanan yang bersuhu dingin

Makanan yang dingin selain menganggu kesehatan gigi juga dapat memperburuk batuk Anda. Makanan yang bersuhu dingin dipercaya mampu mengurangi kinerja sistem pernapasan dimana makanan dingin ini akan membuat lapisan pada saluran pernapasan sehingga membuat oksigen tidak masuk sempurna ke dalam tubuh. Makanan dingin juga akan membuat tenggorokan menjadi kering dan berakibat batuk tidak kuncung sembuh. (baca juga: Cara Menghilangkan Dahak – Cara Mengobati Pilek Pada Bayi)

Sponsors Link

  • Makanan dalam kemasan

Salah satu jenis makanan ini memang harusnya dihindari karena memang tidak baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering. Makanan dalam kemasan ini pasti memiliki bahan pengawet, mayoritas bahan pengawet ini tidak alami sehingga secara tidak langsung akan berdampak kurang baik bagi kesehatan Anda. Mengkonsumsi makanan dalam kemasan yang terlalu sering dan banyak akan berdampak pada tak kunjung sembuhnya batuk Anda.

  • Makanan olahan

Makanan olahan ini sebaiknya Anda kurangi karena berdasarkan riset kandungan karbohidrat makanan olahan ini sangat itu. Apabila Anda mengkonsumsi terlalu sering dan berlebihan maka Anda akan mudah terkena diabetes. Selain itu bagi sistem pencernaan juga tidak baik terutama dapat menimbulkan radang tenggorokan dan batuk akibat mengkonsumsi makanan olahan. Apabila Anda ingin mengobati batuk Anda sebaiknya Anda hindari dari konsumsi makanan olahan dan sebaiknya makan makanan yang mengandung serat dan kaya akan vitamin karena baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Sponsors Link

Artikel lainnya:

Benarkah makan telur saat batuk, berbahaya?

Pertanyaan diatas memang sering dilontarkan oleh sebagian besar masyarakat. Kenyataannya telur sangat bermanfaat bagi kesehatan asal dikonsumsi secara tepat dan benar. Artinya Anda tidak sering mengkonsumsi telur dan membuat olahan telur yang tidak berbahaya bagi tubuh. Namun, keadaan ini berbanding terbalik apabila Anda membuat telur dengan beragam olahan masakan yang sangat merugikan kesehatan terutama memperparah batuk Anda.

Seperti yang dijelaskan diatas, batuk dapat berbahaya apabila mengkonsumsi telur dengan olahan seperti digoreng, di dinginkan dan telur dalam kemasan. Kondisi olahan telur seperti itu sangat tidak baik untuk proses penyembuahn batuk Anda. Selain itu, Apabila Anda memang secara genetik memiliki alergi terhadap telur dimana setelah Anda mengkonsumsi telur maka Anda akan batuk, sebaiknya Anda hindari untuk tidak mengkonsumsi telur. (baca juga: Cara Mengobati Batuk Berdahak)

Demikian penjelesanan secara rigkas namun mendalam tentang benarkah makan telur saat batuk? apakah berbahaya? Apabila pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan yang ada di pikiran Anda maka sebaiknya Anda perhatikan informasi diatas agar Anda mendapatkan pemahaaman serta mendapatkan manfaat tentang bahaya telur bagi penyembuhan batuk.

, , ,