Sponsors Link

5 Makanan Penyebab Batuk Berdahak Yang Harus di Waspadai

Sponsors Link

Anda perlu mengetahui bahwa pada dasarnya terdapat beberapa jenis makanan yang harus anda hindari karena makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan anda mengalami batuk. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga perlu anda hindari jika pada waktu itu anda sedang dalam proses penyembuhan batuk yang sedang anda alami, baik ketika anda sedang mengalami batuk kering atau batuk tidak berdahak maupun juga ketika anda sedang mengalami batuk berdahak atau yang disebut dengan batuk basah. Baca tentang makanan yang dilarang saat batuk.

ads

Sebenarnya kondisi batuk yang sedang anda alami adalah disebabkan oleh hal – hal yang buka berkaitan dengan makanan, misalnya saja disebabkan oleh serangan virus, bakteri, maupun juga bisa disebabkan oleh alergi. Namun, terdapat beberapa zat yang terkandung di dalam makanan yang mana jika zat – zat tersebut masuk ke dalam tubuh anda, maka bisa menyebabkan anda mengalami batuk atau bisa memperparah kondisi batuk yang sedang anda alami.

Di antara makanan – makanan tersebut diketahui bisa menyebabkan tubuh anda memproduksi lendir dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan kondisi normal yang mana hal ini bisa menyebabkan anda mengalami batuk berdahak atau batuk basah.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi yang sangat penting tentang makanan penyebab batuk berdahak yang harus anda waspadai.

  1. Makanan yang terlalu pedas

Makanan penyebab batuk berdahak yang pertama dan harus anda waspadai adalah makanan yang terlalu pedas. Siapa sih orang yang tidak suka makan makanan pedas? Tentu kebanyakan dari anda akan menjawab iya. Jika anda makan makanan yang terlalu pedas maka tentunya bisa menyebabkan tenggorokan anda semakin mengalami iritasi sehingga akan menyebabkan batuk berdahak yang anda alami semakin parah.

Selain itu, jika batuk berdahak yang anda alami disertai dengan flu maupun pilek dan kemudian anda memakan makanan yang terlalu pedas, maka bisa menyebabkan lendir yang terdapat di dalam hidung anda akan mencair sehingga kemudian akan menyebabkan anda mengeluarkan lendir atau batuk alias mengalami hidung meler.

2. Mangga

Makanan penyebab batuk berdahak yang kedua yang harus anda waspadai adalah mangga. Mangga merupakan salah satu buah yang sangat disukai dan menjadi buah favorit bagi banyak orang, terlebih lagi bagi mereka yang tidak menyukasi rasa pahit atau sepat.

Mangga memiliki rasa manis dan juga banyak khasiat yang akan anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi mangga. Akan tetapi anda juga harus tahu bahwa mangga merupakan salah satu makanan yang menjadi pantangan bagi seseorang yang mengalami batuk berdahak dan juga mangga juga termasuk ke dalam makanan yang dihindari saat flu.

Di dalam mangga mengandung asam sitrat yang mana jika sampai masuk ke dalam tubuh anda, maka tentunya bisa menyebabkan batuk berdahak yang anda alami semakin dalam kondisi buruk. Hal inilah yang menyebabkan anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi mangga ketika anda masih dalam tahap penyembuhan batuk berdahak maupun bagi anda yang baru sembuh dari batuk berdahak.

3. Yogurt

Makanan penyebab batuk berdahak yang ketiga yang harus anda hindari adalah yogurt. Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang sangat terkenal dan banyak orang yang menyukai makanan ini karena bisa digunakan sebagai makanan pengganti bagi wanita yang menjalani proses diet. Yogurt merupakan jenis makanan olahan yang baik untuk kesehatan anda selain memang memiliki kadar gula yang tidak terlalu banyak. Baca tentang pantangan makanan saat batuk berdahak.

Sponsors Link

Namun siapa tahu bahwa yogurt menjadi makanan yang harus anda hindari ketika anda mengalami batuk berdahak. Mengapa demikian? Karena produk olahan susu ini akan menyebabkan dahak atau lendir yang anda punya semakin mengental sehingga kemudian akan menyebabkan lendir yang anda punya semakin banyak dan menyumbat saluran pernapasan anda. Hal inilah yang menyebabkan yogurt harus dihindari ketika batuk berdahak.

4. Biskuit

Biskuit juga merupakan salah satu makanan yang harus anda hindari ketika anda dalam kondisi batuk berdahak. Biskuit merupakan sebuah cemilan yang sangat cocok untuk dikonsumsi di pagi hari bersama dengan kopi atau susu maupun juga dengan teh. Namun siapa sangka bahwa seseorang yang mengalami batuk berdahak harus menghindari untuk mengkonsumsi batuk bedahak.

Sponsors Link

Alasan mengapa anda harus menghindari mengkonsumsi biskuit ketika batuk berdahak adalah karena biskuit termasuk makanan kering dan makanan kering akan menyebabkan tenggorokan anda menjadi gatal sehingga kemudian akan menyebabkan anda mengalami batuk secara terus – menerus, selain itu dengan mengkonsumsi biskuit bisa menyebabkan produksi lendir anda semakin meningkat. Baca juga minuman penghilang batuk berdahak.

5. Ice cream

Makanan penyebab batuk berdahak yang terakhir yang harus anda hindari adalah ie cream. Ice cream memang makanan yang sangat enak karena memiliki rasa yang manis, terlebih jika anda mengkonsumsi ice cream di siang hari dibawah teriknya matahari. Namun, hal ini tidak berlaku bagi anda yang sedang dalam kondisi mengalami batuk berdahak.

Anda harus menghindari mengkonsumsi ice cream karena ice cream yang terlalu dingin bisa menyebabkan produksi dahak anda semakin bertambah yang mana kondisi ini akan semakin membuat anda mengalami peradangan di saluran pernapasan. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menghindari mengkonsumsi ice cream ketika anda mengalami batuk berdahak. Baca makanan yang menyebabkan batuk.

, , ,