Sponsors Link

11 Makanan Penyebab Suara Serak Karena Batuk Harus Dihindari

Sponsors Link

Makanan yang kita makan memerlukan proses untuk masuk ke dalam tubuh. Proses tersebut diawali dari mulut ke kerongkongan terlebih dulu. Jika dalam keadaan normal, makanan akan masuk ke dalam tubuh melalui kerongkongan dan tidak menyebabkan keluhan apapun. Namun, jika seseorang sedang mengalami suara serak, akibat pita suara yang mengalami peradangan karena batuk, makanan yang dikonsumsi bisa menyebabkan suara serak semakin parah bahkan suara bisa menghilang.

ads

Jika Anda sedang mengalami batuk yang membuat suara menjadi berubah serak dan sakit di sekitar tenggorokan, sebaiknya mencari cara mengembalikan suara yang hilang karena batuk dan mengkonsumsi makanan dengan cukup berhati-hati. Pasalnya, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlebih dulu untuk sementara waktu ketika sedang batuk. Makanan-makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita suara serak atau parau, umumnya dapat mengakibatkan infeksi di pita suara menjadi semakin parah dan membuat tidak nyaman.

Penyebab Suara Serak Karena Batuk

suara serak karena batuk pilek atau suara parau dalam dunia medis disebut sebagai gejala laringitis. Kasus gangguan kesehatan ini banyak terjadi karena adanya infeksi virus yang menyerang area saluran pernafasan bagian atas. Namun, selain karena virus, beberapa hal berikut ini juga menjadi penyebab suara menjadi serak:

  • Mengalami iritasi di saluran nafas
  • Mengalami batuk kronis
  • Mengalami cedera di bagian laring dan pita suara
  • Mengidap kanker pita suara
  • Terdapat polip pada pita suara
  • Pita suara yang rusak
  • Memiliki riwayat penyakit GERD (gastroesofageal reflux)
  • Memiliki alergi makanan
  • Mengalami gangguan kelenjar tiroid
  • Mengalami riwayat penyakit stroke atau Parkinson

Selain itu, beberapa kondisi yang bersifat medis ini juga dapat menjadi penyebab munculnya suara serak atau parau, yaitu:

  • Terkena paparan zat beracun
  • Beteriak terlalu berlebihan untuk waktu yang lama
  • Kebiasaan konsumsi minuman berkafein dan beralkohol
  • Sedang dalam masa pubertas (pada pria)
  • Kebiasaan merokok yang tidak dihindari

Makanan Penyebab Suara Serak Karena Batuk

Suara yang keluar dari mulut kita sebenarnya berasal dari pita suara yang terletak pada bagian dalam tenggorokan kita. Letak pita suara memang tersembunyi dalam tenggorokan agar cara mengobati radang tenggorokan dengan jeruk nipis menjadi ampuh, namun tidak menutup kemungkinan bahwa dalam kondisi tertentu, pita suara juga bisa rusak sehingga menimbulkan suara yang serak. Beberapa faktor seperti faktor biologis, faktor udara dan suhu serta makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat membuat pita suara mengalami gangguan sehingga suara juga menjadi berubah.

Perlu Anda ketahui bahwa suara yang keluar dengan serak atau parau ketika batuk, diindikasikan karena adanya peradangan pada bagian tenggorokan, dimana pita suara yang menghasilkan suara ini juga terdapat di dalam tenggorokan. Ketika makanan atau minuman masuk ke dalam tenggorokan, tidak akan menyentuh bagian pita suara sama sekali. Namun, setelah makanan ini diolah dalam tubuh, barulah bisa berpengaruh pada kesehatan pita suara kita.

Makanan apa saja yang menjadi penyebab suara serak karena batuk, berikut ulasanya:

  • Makanan Berlemak Tinggi

Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa enak, namun mengandung kadar lemak yang tinggi. Makanan berlemak, seperti makanan-makanan yang mengandung santan, dapat membuat tenggorokan menjadi kurang nyaman, dapat diatasi dengan cara mengeluarkan dahak dengan daun sirih . Oleh sebab itu,  tanaman alami seperti bawang sebaikya dihindari dulu.

Sponsors Link

  • Makanan yang didinginkan

Makanan yang didinginkan seperti nugget, sosis, serta makanan olahan seafood dan jenis lainya yang sering kita temukan di swalayan, sebaiknya tidak dikonsumsi dulu ketika suara sedang serak. Makanan seperti itu, dapat menyebabkan hilangnya elastisitas pita suara, sehingga kondisinya menjadi kerang, lalu suara menjadi parau.

  • Makanan Produk Susu

Produk makanan dari olahan susu, sebaiknya juga tidak dikonsumsi terlebih dulu, jika sedang batuk dan bersuara serak. Produk susu ini menyebabkan lendir di area tenggorokan menjadi banyak, sehingga menimbulkan suara serak. Beberapa produk makanan dari olahan susu yang dihindari seperti es krim dan keju.

  • Makanan Asin dan Gurih

Beberapa snack camilan yang mungkin sering Anda konsumsi ketika dalam keadaan normal, biasanya memiliki rasa yang lebih gurih dan asin serta enak dikonsumsi. Namun, makanan jenis tersebut ternyata bisa membuat pita suara dan tenggorokan menjadi kering. Makanan asin dan gurih semacam itu juga menjadi penyebab dehidrasi lebih sering, karena zat garam banyak mencuri cairan tubuh kita.

ads
  • Makanan Kering

Bagi Anda yang cenderung percaya rambutan memperparah batuk dan jarang minum banyak, ketika kondisi sedang batuk akan rentan mengalami suara serak, jika sering makan makanan kering. Beberapa jenis makanan kering seperti kue kering, keripik, gorengan kering dapat menyebabkan tenggorokan mudah mengalami infeksi. Tanpa minum yang cukup, tentu saja pita suara juga akan lebih kering dan menyebabkan suara menjadi serak.

  • Makanan pedas

Siapa pecinta makanan pedas? Hampir sebagian besar orang suka dengan berbagai jenis makanan pedas, baik itu yang langsung disajikan maupun yang diolah terlebih dulu. Sayangnya, ketika sedang batuk karena influenza, biasanya makanan seperti ini harus dihindari terlebih dulu karena dapat mengakibatkan sakit tenggorokan dan suara serak. Alasan inilah yang membuat para penyanyi juga dilarang mengkonsumsi makanan pedas. Selain menyebabkan sakit tenggorokan, makanan pedas juga kurang baik untuk kelancaran pencernaan.

  • Jajanan Gorengan

Gorengan di tanah air sepertinya menjadi salah satu makanan favorit. Selain rasanya enak, harganya juga murah. Sarapan pagi saja bisa dengan gorengan semacam ini. namun, fakta gorengan untuk kesehatan rupanya kurang bersahabat. Gorengan yang mengandung kolesterol yang tinggi, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, terlebih jika dikonsumsi terlalu sering. Makan gorengan dapat membuat batuk semakin parah dan suara semakin serak.

  • Makanan yang Mengandung Kafein

Kafein ternyata dapat menyerap banyak cairan tubuh dan menyebabkan kita mengalami dehidrasi.kafein yang biasanya kita temukan dalam minuman kopi, kini banyak diolah menjadi bahan makanan juga, seperti cake yang dibuat dari kopi misalnya. Ketika sedang batuk dan mengkonsumsi makanan seperti ini, dikhawatirkan kita akan lebih cepat haus dan menyebabkan tenggorokan menjadi kering, pita suara menjadi kering dan akhirnya minum obat batuk sebelum makan akan mengurangi suara yang serak.

  • Makanan dari Kacang-kacangan

Jika seseorang sedang mengalami batuk, kemudian dia mengkonsumsi kacang-kacangan biasanya akan mengalami batuk yang semakin parah. Hal ini sebetulnya tidak dialami oleh semua orang yang sedang batuk, namun untuk menghindari suara yang serak karena terlalu sering batuk, sebaiknya makanan dari kacang-kacangan ini dihindari terlebih dulu.

  • Makanan Manis

Aneka rupa makanan yang rasanya manis, selalu menggoda selera kita. Tapi ketika sedang batuk sebaiknya konsumsi makanan ini harus dikurangi bahkan dihindari. Makanan manis juga dapat meningkatkan produksi lendir pada tenggorokan, sehingga batuk semakin berat dan terkadang membuat pita suara mengeluarkan suara yang serak.

  • Makanan Penyebab Alergi

Beberapa jenis makanan yang umumnya menyebabkan alergi, seperti makanan laut, telur serta jenis kacang-kacangan dapat memicu alergi yang menyebabkan batuk semakin parah. Batuk karena antibiotik untuk batuk pilek mengatasi alergi. Makanan tersebut membuat pita suara menjadi mengering dan suara berubah menjadi serak.

Kondisi pita suara yang menjadi sumber keluarnya suara kita, juga dapat rusak bukan hanya karena faktor makanan atau minuman yang dikonsumsi. Faktor lainya yang juga merusak pita suara sehingga menimbulkan suara yang menjadi parau, serak bahkan hilang adalah kebiasaan seperti berikut :

  • Kebiasaan berteriak ketika berbicara
  • Sering berdehem
  • Sering bernyanyi dengan teknik neck voice (bagi para penyanyi)
  • Membuat nada suara menjadi berat dengan disengaja
  • Reaksi refluks asam
Sponsors Link

Pengobatan dan Pencegahan Suara Serak Karena Batuk

Suara serak yang disebabkan oleh virus pada saluran pernafasan yang memicu batuk berlebihan, dapat diobati dengan cara cepat dan cukup mudah. Umumnya, suara serak juga dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Adapun pengobatan untuk suara serak seperti berikut:

  • Berisitirahat di rumah tanpa gangguan untuk sementara waktu. Usahakan tidak banyak bicara atau berkomunikasi terlebih dulu
  • Menghirup uap untuk membantu suara menjadi normal kembali
  • Dilarang merokok , hindari kebiasaan tersebut
  • Melakukan pembedahan, jika dirasa suara serak tersebut semakin parah dalam jangka waktu yang cukup lama

Adapun pencegahan suara serak, agar suara tetap terjaga dan dapat pulih secepatnya, juga dapat dilakukan seperti berikut:

  • Hindari berteriak-teriak secara berlebihan. Jika membutuhkan suara yang keras, gunakan bantuan seperti mikrofon atau pengeras suara
  • Menjalani terapi suara dengan guru penyanyi untuk membantu melatih suara agar tidak terlalu serak
  • Hentikan kebiasaan merokok agar dapat mencegah suara yang parau, bahkan dapat mencegah agar tidak terjadi gangguan yang lebih serius seperti kanker pita suara
  • Menghindari pola makan yang kurang baik, cukup mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Hal ini dapat dilakukan untuk penderita suara serak karena GERD lambung.

Saat terserang batuk dan suara serak, sebaiknya ketahui dulu apa yang menjadi penyebab suara tersebut menjadi parau. Jika faktor makanan penyebab suara serak karena batuk menjadi alasanya, sebaiknya hindari untuk sementara waktu makanan-makanan tersebut.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman