Sponsors Link

6 Makanan Penyembuh Flu Dan Batuk Yang Mudah Disajikan

Sponsors Link

Penyakit influenza bisa saja diobati dengan mengonsumsi makanan penyembuh flu dan batuk. Hanya saja tidak banyak orang yang mengetahui jenis makanan apa saja yang cocok diberikan untuk mengatasi kondisi tersebut. Sebagian orang memilih obat batuk karena amandel herbal maupun pengobatan medis untuk mempercepat pemulihan batuk akibat influenza. Padahal ada alternatif lain yang ternyata dapat dipilih serta aman bagi kondisi kesehatan tubuh. Salah satunya dengan mengatur pola makan serta menyajikan menu yang dapat membantu mempercepat pemulihan kondisi seseorang yang sakit flu.

ads

Sejak dulu kala memang berbagai macam jenis makanan yang baik untuk menyembuhkan penyakit influenza digunakan oleh banyak orang di berbagai negara. Termasuk di Indonesia ada berbagai variasi jenis makanan yang dipercaya sangat tepat diberikan pada penderita flu. Jika penasaran apa saja jenis makanannya, simak berikut ini beberapa makanan penyembuh flu dan batuk yang mudah dibuat atau diperoleh di sekitar kita.

1. Buah-Buahan

Tentunya bukan lagi rahasia bahwa berbagai macam jenis buah mengandung vitamin yang berguna bagi daya tahan tubuh. Terutama buah yang kaya kandungan vitamin C seperti jambu merah, jeruk, strawberry maupun anggur. Dengan memberikan menu buah yang kaya akan kandungan vitamin C, maka tubuh akan membentuk imun atau daya tahan yang lebih kuat dalam melawan penyakit yang menyerang.

Termasuk serangan virus penyakit influenza yang dapat menimbulkan ciri-ciri batuk menahun ataupun pilek. Karena itu selalu sajikan berbagai macam buah yang bervariasi setiap hari. Supaya membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam memulihkan diri dari penyakit yang diderita.

2. Sop Hangat

Merupakan tradisi sejak jaman nenek moyang jika sedang terserang flu sebaiknya konsumsi makanan berkuah yang hangat di perut. Misalnya yang paling sering diberikan sebagai menu untuk seseorang yang sakit flu yaitu sop hangat, baik sop daging sapi, sop ayam ataupun sop ikan.

Dengan kandungan protein yang tinggi di dalam lauk sop, maka penyakit influenza disertai badan ngilu dapat segera pulih dan tubuh akan sehat lebih cepat. Apalagi hangat merica sebagai bumbu dalam sop akan membantu menurunkan demam secara alami. Sehingga sebaiknya segera makan sop sesaat sesudah masak dalam keadaan panas dan hangat. Dengan begitu maka gejala flu seperti batuk atau pilek akan segera reda dan teratasi dengan cepat.

3. Tumis Sayuran

Berbagai macam tumis sayuran juga bermanfaat membantu menyembuhkan sakit flu. Karena berbagai macam sayuran pada dasarnya kaya akan mineral yang diperlukan tubuh terutama yang sedang tidak enak badan. Dengan kandungan mineral yang tinggi, maka tubuh akan bekerja lebih cepat dalam mengatasi maupun menyembuhkan penyakit.

Terutama penyakit batuk pilek disertai bintik merah yang sebenarnya dapat sembuh secara alami tanpa bantuan obat-obatan dari dokter. Oleh sebab itu disarankan untuk selalu menyajikan tumis sayuran hijau seperti capjay atau tumis kangkung pada penderita influenza.

4. Tim Ayam

Makanan penyembuh flu dan batuk berikutnya yang dikenal sangat berkhasiat adalah tim ayam lunak. Ini adalah makanan yang merupakan tradisi dari negeri Cina untuk mengatasi penyakit flu yang mengganggu. Dengan kandungan protein yang tinggi maka dapat membantu mempercepat pemulihan penyakit.

Sponsors Link

Selain itu tim yang lunak dan mudah dicerna membuat tubuh lebih mudah dalam menyerap asupan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut. Oleh karena itu jika sedang batuk ketika tidur telentang sebaiknya pertimbangkan untuk memasak tim ayam lunak yang sedap dan gurih.

5. Jus Vegetarian

Selain makanan dapat pula dengan bantuan beberapa jenis minuman sehat yang mudah dibuat sendiri. Cobalah membuat berbagai macam jenis jus vegetarian kombinasi berbagai macam buah dan sayuran yang kaya akan berbagai nutrisi untuk tubuh. Contohnya dengan juice kurma yang dicampur seledri, wortel dan perasan jeruk lemon. Selain menambah energi juga kaya akan vitamin C dosis tinggi.

Sehingga campuran bahan baku tersebut paling tepat untuk mempercepat kesembuhan penyakit flu seperti batuk pilek panas malam hari. Hanya saja pastikan agar jenis campuran yang dibuat memiliki takaran yang cukup dan tidak perlu gula tambahan agar tidak beresiko mengidap penyakit diabetes yang berbahaya. Buatlah berbagai macam juice vegetarian yang alami dan jangan lupa mencuci buah dan sayuran terlebih dahulu untuk menghindari sakit perut.

Sponsors Link

6. Bubur

Makanan selanjutnya yang favorit bagi para penderita flu maupun batuk pilek yaitu bubur. Sangat cocok jika sedang sakit maka nafsu makan menurun dan hanya selera untuk makan makanan yang mudah dicerna seperti bubur. Baik bubur ayam maupun bubur udang ataupun bubur sapi, semua cocok dibuat sebagai bahan masakan bubur selama mudah didapat dan mudah dicerna oleh penderita. Pastikan tidak menyediakan bubur dengan lauk pencetus alergi seperti seafood, supaya dapat meminimkan resiko bertambah parahnya penyakit yang diderita.

Itulah beberapa jenis makanan penyembuh flu dan batuk yang dapat diberikan untuk mempercepat pemulihan penyakit batuk pilek karena terserang influenza. Pastikan memilih jenis makanan yang aman bagi lambung dan tidak menimbulkan alergi. Dengan demikian alternatif pemulihan sakit flu tidak harus dengan obat-obatan. Melalui pemberian menu makanan yang tepat, maka berangsur-angsur sesak nafas karena batuk berdahak dan pilek karena flu akan dapat sembuh dengan segera dan tanpa efek samping berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman