Sponsors Link

30 Makanan Untuk Flu Berat dan Batuk

Sponsors Link

Flu berat memang sangat menyiksa. Seringkali ketika terserang flu berat juga muncul gejala batuk yang juga membuat kegiatan sehari-hari menjadi kurang nyaman. Walau flu dan batuk terlihat merupakan penyakit sepele dan bisa sembuh dengan sendirinya walau tidak diberi obat, namun yang namanya penyakit tentunya menjadi salah satu penyebab tidak bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Apalagi saat flu sedang menyerang, biasanya juga ada demam yang membuat tubuh menjadi lemas dan malas untuk melakukan kegiatan. Maka dari itu, berikut ini ada 30 makanan untuk flu berat dan batuk yang bisa dikonsumsi saat flu berat sedang menyerang agar tubuh menjadi kembali sehat sehingga lebih cepat sembuh. (baca juga: Gejala Influenza)

ads
  1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang cukup sehat untuk dikonsumsi saat flu sedang menyerang. Salmon memiliki daging yang berwarna merah atau oranye. Daging ikan salmon terkenal memiliki protein baik yang tinggi serta ada juga kandungan omega-3 yang dibutuhkan oleh otak. Protein di dalam daging ikan salmon ini rupanya baik untuk mendukung sistem imun tubuh, yaitu dengan cara mensintesis strukturnya, sehingga sel-sel antibodi menjadi lebih aktif. Hal ini dikarenakan sistem imun tubuh yang tidak memiliki kandungan protein yang cukup tidak akan bisa menyerang virus flu yang bersarang di tubuh. Dengan mengonsumsi ikan salmon yang cukup, tubuh akan mendapatkan protein yang baik untuk mendukung kegiatan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit sehingga bisa lebih cepat sembuh dari flu berat dan batuk. (baca juga: Cara Menghilangkan Dahak – Penyebab Batuk Berdarah)

  1. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan makanan hasil fermentasi susu sapi. Yogurt memang merupakan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi secara sehat setiap harinya. Ternyata yogurt juga baik untuk penderita flu berat dan juga batuk. Makanan yang bisa berbentuk krim ataupun cair ini memiliki kandungan bakteri probiotik yang baik. Probiotik itu sendiri lah yang mampu membantu mengobati segala macam gangguan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan probiotik bisa membantu melancarkan penyerapan sari-sari makanan di usus, sehingga segala nutrisi dari makanan bisa terserap sempurna. Nutrisi yang maksimal akan bekerja maksimal untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, sehingga fungsinya lebih kuat. Hal inilah yang menyebabkan tubuh akan lebih cepat membaik saat flu dan batuk. Selain itu, yogurt juga bisa mencegah infeksi saluran pernafasan kaerna probiotik juga akan membantu mencegah perkembangan bakteri jahat pada tubuh.

Artikel Terkait:

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang mungkin selalu ada di dapur masyarakat Indonesia. Bawang putih rupanya cukup ampuh untuk menjadi salah satu dari 30 makanan untuk flu berat dan batuk. Bawang putih memang menjadi salah satu sumber nutrisi dari quercetin. Zat ini bertugas untuk menekan rhinovirus sehingga flu dan masuk angin bisa diperkecil risikonya. Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik karena bersifat antijamur, antiinflamasi, dan juga antijamur. Maka, bawang putih bisa membantu mencegah segala macam infeksi pada tubuh, baik yang disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus. Bawang putih juga cukup sering dijadikan bahan makanan alami untuk penderita flu, sinusitis, dan juga batuk di masyarakat Eropa. Maka dari itu, mengonsumsi bawang putih akan bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia, dimana bawang putih bisa didapatkan dengan sangat mudah. (baca juga: Penyebab Sinusitis)

  1. Telur
Sponsors Link

Telur, mungkin telur juga selalu ada stoknya di dapur Anda. Jika memang benar demikian, maka gunakan telur saat flu berat dan batuk sedang menyerang. Hal ini dikarenakan telur merupakan salah satu bahan makanan yang cukup lengkap nutrisinya. Di dalam telur terdapat sejumlah kandungan protein. Seperti yang dijelaskan di atas, sistem imun tubuh selalu membutuhkan protein sebagai senjata dalam melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu protein dari telur bisa membantu meningkatkan kualitas sistem imun tubuh. Selain itu, di dalam telur juga ada sejumlah vitamin dan mineral, yang mana semua vitamin dan mineral akan berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, flu dan batuk bisa disembuhkan dengan lebih cepat. (baca juga: Cara Mengobati Tenggorokan Gatal – Obat Tradisional Batuk Kering)

  1. Kacang Brazil

Jenis kacang-kacangan yang satu ini juga merupakan salah satu bahan makanan yang cocok dikonsumsi saat sedang flu berat dan juga batuk. Kacang Brazil memiliki cukup protein yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, di dalam kacang Brazil juga terdapat kandungan zat selenium dan seng. Selenium dan seng ini bertugas untuk menjaga ketahanan dari sistem imun tubuh. Dengan demikian, sel antibodi akan bisa bekerja lebih baik dalam melawan virus flu yang menyebabkan flu berat dan juga batuk. (baca juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak – Cara Ampuh Mengatasi Batuk)

  1. Paprika
ads

Paprika merupakan salah satu jenis sayuran atau buah-buahan yang sering digunakan sebagai bahan masak di negara barat. Namun saat ini paprika juga cukup mudah ditemukan di Indonesia. Paprika memiliki rasa yang unik dan cukup pedas. Mengonsumsi paprika rupanya cukup baik bagi penderita flu berat dan batuk. Hal ini dikarenakan paprika mengandung cukup banyak vitamin C. Vitamin C itu sendiri akan membantu memperkuat sistem imun sehingga flu dan batuk bisa segera disembuhkan. Vitamin C juga bisa menjaga kestabilan metabolisme dalam tubuh, sehingga flu bisa lebih cepat sembuh.

Artikel Lainnya:

  1. Jahe

Seperti yang selama ini diketahui, jahe sangat sering dijadikan bahan herbal untuk membantu meredakan gejala dari berbagai penyakit di dalam tubuh. Selain itu jahe juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Hal inilah yang menjadikan jahe sebagai salah satu bahan makanan terbaik saat flu sedang menyerang. Jahe memiliki kandungan phytochemical yang berfungsi untuk membantu melawan virus yang menginfeksi tubuh, termasuk virus flu. Selain itu jahe juga bisa bersifat sebagai makanan antiinflamasi yang bisa mempercepat penyembuhan.

  1. Sup atau Kaldu Ayam

Salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi selama flu berat dan batuk menyerang adalah kaldu ayam atau sup ayam. Sup ayam atau kaldu ayam haruslah dikonsumsi selagi hangat agar bisa melegakan saluran pernafasan. Buatlah sup sehat yang berasal dari sayur-sayuran, ayam, bawang putih, lada, dan cukup air. Sup sehat tersebut akan membantu meredakan gejala flu. Selain itu, air dari sup juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang dehidrasi, terutama ketika flu dan batuk terjadi. (Baca juga: Cara Mengobati Asma – Penyebab Hidung Tersumbat)

  1. Teh Hijau

Teh hijau atau green tea merupakan salah satu jenis teh yang berfungsi baik untuk kesehatan. Teh hijau bisa dikonsumsi secara sehat ketika flu berat sedang menyerang. Hal ini dikarenakan teh hijau bisa menghambat kinerja dari virus flu di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga bisa dikonsumsi secara sehat dengan menambahkan sejumlah bahan lain seperti madu atau perasan jeruk lemon. Hal ini akan membuat teh hijau lebih berkhasiat. (baca juga: Penyebab Batuk Berdahak – Jenis-jenis Batuk)

  1. Selada Air

Jenis sayuran yang satu ini ternyata memiliki banyak nutrisi yang bisa bermanfaat untuk tubuh. Selada air ternyata juga sudah cukup lama digunakan sebagai salah satu bahan herbal yang berkhasiat untuk mengobati beberapa gejala masuk angin, flu, dan juga batuk. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh dan bisa segera sembuh dari flu yang menyerang. (baca juga: Cara Mengobati Pilek Pada Bayi)

Selain beberapa cara yang sudah disebutkan diatas ada beberapa makanan untuk menyembuhkan batuk dan pilek anda, ada juga beberapa makanan lainnya yang juga mempunyai khasiat yang sama bagusnya untuk penyakit flu dan juga batuk sebagai berikut:

  1. Brokoli, mengandung sejumlah vitamin dan mineral untuk mendukung kekebalan tubuh.
  2. Bayam, mengandung sejumlah vitamin dan mineral untuk mendukung kekebalan tubuh.
  3. Kubis, mengandung sejumlah vitamin dan mineral untuk mendukung kekebalan tubuh.
  4. Madu, mengandung vitamin C yang cukup dan kandungan senyawa yang bisa membantu menyembuhkan flu berat dan batuk.
  5. Kacang polong, mengandung zinc yang tinggi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.
  6. Kacang kedelai, mengandung zinc yang tinggi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.
  7. Air putih, dikonsumsi rutin secara cukup akan membantu meminimalisir risiko dehidrasi sata flu.
  8. Lemon, memiliki kandungan flavonoid dan juga vitamin C yang bertugas untuk membantu memperkuat sistem imun.
    Sponsors Link

  9. Stroberi, mengandung vitamin C yang bisa membantu mempercepat kesembuhan flu.
  10. Pepaya, mengandung vitamin C yang bisa membantu mempercepat kesembuhan flu dan membantu melancarkan proses penyerapan nutrisi di saluran pencernaan.
  11. Tomat, mengandung antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.
  12. Wortel, mengandung antioksidan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.
  13. Blueberry, mengandung aspirin yang dapat mempercepat penyembuhan dari flu dan juga batuk.
  14. Cabe rawit, bisa membantu melegakan hidung tersumbat karena flu.
  15. Daging sapi, mengandung protein yang bertugas untuk memperkuat sistem imun pada tubuh.
  16. Daging ayam, mengandung protein yang bertugas untuk memperkuat sistem imun pada tubuh.
  17. Pisang, mengandung vitamin B6 dan sejumlah mineral yang baik untuk penderita flu dan batuk.
  18. Jeruk, memiliki kandungan flavonoid dan juga vitamin C yang bertugas untuk membantu memperkuat sistem imun.
  19. Biskuit tawar, merupakan makanan yang mudah dicerna sehingga bisa menciptakan stamina yang lebih cepat pada tubuh agar flu segera hilang.
  20. Chestnut Jepang,  mengandung zinc yang tinggi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah 30 makanan untuk flu berat dan batuk yang bisa dikonsumsi saat flu berat sedang menyerang agar tubuh menjadi kembali sehat sehingga lebih cepat sembuh. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman