Sponsors Link

17 Makanan Untuk Sakit Tenggorokan yang Mudah Di Dapatkan

Sponsors Link

Sakit tenggorokan merupakan gangguan kesehatan yang membuat keadaan menjadi kurang nyaman, apa lagi di bagian saluran pernapasan. Sakit tenggorokan dan batuk umumnya di sebabkan karena infeksi virus yang menginfeksi bagian tenggorokan. Perasaan menganjal pada tenggorokan kemungkinan terjadi akibat adanya gejala radang tenggorokan. Faringitis atau tonsilofaringitis (dikarenakan tak jarang disertai adanya peradangan di bagian tonsil atau amandel) merupakan istilah dalam dunia medis yang menggambarkan peradangan pada tenggorokan.

ads

Penyebab infeksi radang tenggorokan terbanyak di karenakan virus dengan persentasi kurang lebih 40 hingga 60% dan kurang lebih 15% dikarenakan adanya bakteri streptoccus beta hemolyticus, streptococcus pyogenes, streptococcus viridians. Selain penyebab tadi, sakit tenggorokan juga bisa dikarenakan jamur. Gejala klinis yang ditimbulkan karena infeksi virus atau pun bakteri tak memiliki perbedaan yang mencolok, maka itu diperlukan adanya pemeriksaan kultur dari usap tenggorokan agar diketahui penyebabnya. Ciri adanya infeksi bakteri saat terjadinya sakit tenggorokan bila mana disertai lendir berwarna  hijau atau kekuningan. Berikut merupakan obat untuk ingus berwarna kuning.

Penggobatan sakit tenggorokan yang disebabkan karena infeksi bakteri berbeda dengan faringitis karena infeksi virus. pengobatan sakit tenggorokan karena infeksi bakteri diperlukan tambahan pengobatan dengan menggunakan antibiotik minimal kurang lebih selama 5 hari. Sedangkan radang yang dikarenakan infeksi virus biasanya dapat sembuh secara sendirinya tanpa harus diberikan pengobatan alias bersifat self-limiting. Kunci utamanya yaitu tetap menjaga daya tahan tubuh dengan baik, misalnya makanan untuk sakit tenggorokan dan batuk seperti memakan makanan bergizi serta melakukan pola istirahat yang cukup. Bila batuk disertai demam  tinggi maka bisa membasuhkan air hangat, minum banyak air, atau bila diperlukan bisa menggunakan bantuan obat penurun panas.

Makanan Untuk Sakit Tenggorokan

Gangguan kesehatan ini tak melulu disebabkan karena adanya infeksi, faringitis bisa juga disebabkan karena alergi atau iritan seperti halnya asap rokok, polutan, dan substansi kimia lainnya. Akan tetapi, hingga kini belum ditemukan penelitian yang menyebutkan serta membuktikan jika penggunaan handphone bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Kebanyakan, kasus sakit tenggorokan bisa menjadi suatu kondisi yang berdiri secara sendiri atau bisa saja menjadi bagian dari gejala penyakit lainnya. Sakit tenggorokan yang dikarenakan adanya infeksi kuman tertentu bisa disertai batuk atau penyebab influenza (pun pilek). Selain itu faringitis bisa menjadi awal dari gejala umum dari beberapa penyakit berbeda (penyakit yang disebabkan karena penyakit lainnya) misalnya mononucleosis alias demam kelenjar.

Sakit tenggorokan tak jarang disertai dengan batuk yang cukup meyiksa, baik itu batuk berdahak atau pun batuk kering (Ini dia : cara ampuh mengatasi batuk, cara mengetahui sakit tenggorokan karena flu, obat batuk herbal untuk bayi), seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa disarankan untuk menjaga kondisi tubuh atau daya tahan tubuh degan salah satu caranya menjaga pola istirahat dan memakan makanan bergizi, sebab faringitis dapat dengan cepat dan mudah sembuh, berikut minuman serta makanan untuk sakit tenggorokan dan batuk yang aman dikonsumsi serta mampu membantu proses peyembuhan, berikut di antaranya :

  1. Air Putih

Makanan untuk sakit tenggorokan dan batuk pertama ialah minum air yang cukup, langkah sederhana dapat meredakan faringitis. Fungsi air putih yaitu menjaga kelembapan serta kebersihan tenggorokan, dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh supaya tak terjadi dehidrasi.

  1. Sup Ayam

Sup ayam, dalam penelitian disebutkan kemungkin memiliki sifat anti-inflamasi alias anti peradangan, yang membantu membersihkan saluran pernapasan. Bukan itu saja, sup ayam juga memiliki fungsi anti-inflamasi dan mencegah infeksi virus masuk dalam tubuh.

Sponsors Link

  1. Pisang

Buah pereda radang tenggorokan satu ini mempunyai teksut lembut dan mudah sekali untuk ditelan. Buah pisang ini mempunyai kandungan B6, vitamin C, dan kalium, yang bisa membantu meredakan sakit di bagian tenggorokan.

  1. Telur

Telur terkenal kaya akan protein tinggi, protein di dalam terlur itu bisa membantu meredakan peradangan serta sakit tenggorokan. Untuk mempermudah saat menelannya bisa dengan cara mengolahnya menjadi orak-arik, sebab olahan dari telur ini akan terasa lunak dan lembut saat dimakan.

  1. Jahe atau Teh Madu

Sediakan saja satu cangkir jahe atau bisa juga menggunakan teh madu. Makanan untuk sakit tenggorokan dan batuk satu ini dapat berfungsi untuk membuat tenggorokan yang sedang teriritasi dan terasa gatal. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum teh atau jahe dengan cara menyesap saat masih dalam kondisi beruap, sebab langkah ini berguna untuk melonggarkan dahak yang bersarang pada bagian tenggorokan dan juga bisa mengatasi sesak dalam dada. Selain itu madu juga berguna untuk melapisi tenggorokan supaya terhindar dari iritasi, umumnya batuk terjadi karena adanya iritasi pada tenggorokan.

ads
  1. Jus Lemon dan Madu

Menggunakan jus lemon dan madu dengan cara mencampurkannya menjadi sala satu cara alternatif dalam menangani sakit tenggorokan yang menyiksa. Bukan hanya itu saja, cara ini juga mampu untuk mendinginkan tenggorokan serta mengurangi rasa sakit saat faringitis melanda.

  1. Rebusan Wortel

Wotel menjadi makanan untuk sakit tenggorokan dan batuk selanjutnya, rebusan wortel menjadi ampuh saat digunakan sebagai obat faringitis. Akan tetapi jangan sekali kali mencoba memakan wortel saat masih mentah ketika mengidap sakit tenggorokan, bukannya menjadi sembuh, justru memakan wotel dalam keadaan masih mentah berisiko memperburuk kondisi tenggorokan.

Merebus wotel dan mengkonsumsinya sangat baik untuk sakit tenggorokan karena sayuran ini memiliki kandungan yang baik untuk meringankan sakit saat faringitis menyerang, kandungan dalam wortel yang dimaksut yaitu seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, serat dan juga potassium.

  1. Jus Delima

Delima dapat berfungsi untuk mencegah infeksi dan mengurangi peradangan akibat sakit tenggorokan. Manfaatkan kebaikan delima dengan cara membuatnya menjadi jus agar dapat lebih mudah menelannya.

  1. Peppermint

Peppermint dikenal dapat menyegarkan napas, namu begitu kandungan mentol di dalamnya juga berguna untuk membantu meredakan gejal sakit tenggorokan dan batuk. Peppermint mempunyai berbagai khasiat antara lain antibakteri, antivirus, dan antiradang yang mampu mempercepat proses penyembuhan.

  1. Garam

Garam bisa digunakan untuk berkumur, saat sakit tenggorokan lalu berkumur menggunakan larutan garam dapat membunuh bakteri, mengurangi pembangkakan pada tenggorokan, dan meringankan gejala yang ditimbulkan dari faringitis. Gunakan cara ini tiga jam sekali dalam setiap harinya atau sesuai kebutuhan, selain larutan garam, sari cuka apel dan bubuk soda kue juga mempunyai fungsi serupa.

  1. Akar Marshmallow dan Akar Manis

Akar marshmallow memiliki kandungan zat seperti lendir yang mampu meringankan faringitis dan melapisi tenggorokan. Untuk memperoleh manfaat dari akar marshmallow cukup dengan cara menyedunnya dengan air panas atau bisa menggunakan air mendidih, kemudian minum. Selain itu, akar manis juga memiliki khasiat dalam meredakan sakit tenggorokan, lakukan cara hampir serupa dengan yang diatas yaitu dengan menyeduh akar licorice (akar manis) dengan air hangat kemudian gunakan air seduhannya tandi untuk berkumur.

  1. Bawang Putih

Bawang putih diketahui memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan juga antijamur yang baik untuk meredakan gejala radang tenggorokan. Penggunaan bawang putih sebagai makanan sakit tenggorokan dan batuk terbilang mudah serta sederhana, yaitu cukup mengunyahnya atau menghisap baunya selama kurang lebih 15 menit.

Bila ingin memakanya dan tak kuat dengan rasa getirnya, bisa menambahan madu atau minyak zaitun. Atau bisa juga mencampurkan bawang putih sebagai tambahan jus sayuran. Poin pentingnya adalah memakannya saat kondisi mentah atau pasca dihancurkan, karena khasiat paling tertinggi bawang putih sebagai obat sakit tenggorokan ada pada kondisi mentah.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu antiradang dan juga antibakteri. Alhasil dapat menjadi salah satu obat sakit tenggorokan dan batuk. Gunakan jahe sebagai wedang hangat atau bisa juga mencampurkannya dengan teh hangat.

  1. Teh Chamomile
Sponsors Link

The chamomile memiliki kandungan zat antioksidan, anti-inflamasi, serta zat astrigen, dan dipercaya sangat baik dalam meredakan gejala sakit tenggorokan dan batuk. Kandungan tersebut bisa merangsang daya tahan tubuh yang membantu melawan adanya infeksi penyebab fartingitis.

  1. Belimbing

Buah satu ini juga dapat mengatasi faringitis dan batuk, belimbing berguna dalam mengurangi peradangan serta sensasi panas dalam tenggorkan. Manfaatkan kebaikan belimbing dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau bisa memilih mengolahnya menjadi jus.

  1. Nanas

Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi hingga dapat mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas itu berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Disarankan untuk tidak memakannya secara langsung, sebab buah satu ini memiliki tekstur cukup kasar. Maka itu, jus terlebih dahulu kemudian langsung beristirahat selama kurun waktu 1 hingga 2 jam supaya manfaat buah nanas bisa bekerja dengan baik.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam mengobati sakit tenggorokan dan juga batuk. Banyak yang memanfaatkan buah ini sebagai alternatif obat pereda faringitis, sebab buah ini kaya akan vitamin C yang tinggi hingga mampu menaikan sistem kekebalan tubuh, mengurangi adanya pembengkakan pada bagian kelenjar tenggorokan, serta memberikan perasaan lega di tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis berikan bahan tambahan berupa madu murni, cara pembuatannya pun mudah. Cukup peras jeruk nipis yang sudah disiapkan, lalu campurkan perasannya dengan madu murni sebanyak satu sendok makan, aduk hingga rata, kemudian minum.

Setelah mengetahui minuman serta makanan untuk sakit tenggorokan dan batuk, tambah wawasan dengan mengetahui makanan penyebab radang tenggorokan.

, , , ,