Sponsors Link

5 Makanan Yang Baik Untuk Batuk Rejan Dan Mudah Didapat

Sponsors Link

Kita sebaiknya mengetahui jenis-jenis makanan yang baik untuk batuk rejan. Batuk rejan atau pertusis adalah infeksi bakteri pada saluran pernafasan atau paru-paru. Bakteri yang menginfeksi saluran pernafasan atau paru-paru ini sangat mudah untuk menjangkiti orang lain melalui udara.

ads

Vaksin partusis sebaiknya diberikan pada bayi agar bakteri penyebab ciri-ciri batuk rejan ini tidak membahayakan jiwa bayi. Menurut survey, batuk rejan mampu membahayakan jiwa penderita jika tidak diobati khususnya para lansia dan anak-anak. Agar infeksi tidak semakin parah, pemilihan makanan perlu dilakukan. Beberapa makanan yang baik untuk batuk rejan antara lain:

1. Kacang Brasil

Kacang brasil merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang cocok untuk dikonsumsi saat menderita sakit batuk rejan. Kandungan protein dalam kacang ini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem imun tubuh juga dapat diperkuat oleh kacang basil karena kandungan selain protein kacang ini, yaitu zat selenium dan seng. Karena penyebab batuk rejan merupakan infeksi dari bakteri, sel antibodi bertindak untuk melawan bakteri jahat.

2. Ikan Salmon

Ikan salmon, merupakan salah satu makanan yang mudah untuk dikonsumsi dan berprotein tinggi. Ikan salmon yang berasal dari laut mempunyai protein yang tinggi dan omega-3 dimana dibutuhkan oleh otak. Sistem imunitas tubuh yang membutuhkan protein untuk memperkuat sel-sel antibodi dapat didukung oleh protein dari salmon. Untuk cara penyajian dari ikan salmon lebih baik dipanggang atau direbus. Digoreng juga dapat dilakukan, akan tetapi minyak yang digunakan lebih baik minyak yang bagus dan rendah lemak karena lemak dapat memperburuk penyakit batuk ketika tidur telentang.

3. Telur

Siapa yang tidak tahu bahwa telur merupakan salah satu makanan berprotein. Selain protein, telur juga mengandung beberapa vitamin dan mineral dimana sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk meningkatkan sistem mereka. bagi yang tidak batuk akibat alergi susu terhadap telur atau protein, pengonsumsian telur dapat dilakukan beberapa butir dalam sehari asal tidak memakai nasi, makanan, atau minuman yang mengandung gula. Hal ini dikarenakan protein yang berlebih dalam sistem pencernaan akan dilarutkan keluar dari tubuh jika tidak diikat oleh gula pada makanan dan minuman.

4. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah makanan yang baik untuk batuk rejan dengan vitamin dan mineral paling banyak diantara semua makanan yang ada. Kadar air yang banyak yang biasanya dikandung oleh buah-buahan membuat makanan ini mudah untuk diambil sari vitamin dan mineral tersebut. selain kandungan air yang dapat diperas, daging pada buah sendiri mengandung vitamin yang tidak kalah banyaknya. Jika dirasa pengonsumsian buah terlalu banyak, tidak perlu kuatir, karena kelebihan mineral dan vitamin akan dikeluarkan bersama cairan lainnya melalui saluran pembuangan. Dengan demikian batuk pilek panas malam hari dapat segera sembuh.

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan, atau bisa disebut dengan bumbu dari berbagai macam makanan. Bawang putih sangat bagus untuk dikonsumsi bagi penderita batuk rejan. Senyawa dari bawang putih seperti quercetin sangat membantu meredakan batuk karena masuk angin dan pilek. Senyawa quercetin juga mampu mencegah perkembangan bakteri dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Makanan yang baik untuk batuk rejan ternyata mudah untuk didapatkan di pasar atau di swalayan. Selain mengkonsumsi makanan yang tepat, minum air, dan beristirahat yang cukup merupakan langkah tepat untuk mempercepat penyembuhan penyakit batuk keluar lendir putih. Semoga lekas sembuh dan beraktifitas kembali.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman