Sponsors Link

12 Makanan Yang Dihindari Saat Flu dan Batuk

Sponsors Link

Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat di kategorikan sebagai jenis penyakit ringan maupun berat atau berbahaya. Penyakit flu yang berbahaya biasanya faktor penyebab utamanya yaitu infeksi virus yang dapat menimbulkan gejala demam tinggi dalam beberapa hari dan tak kunjung sembuh. Sedangkan pada jenis flu yang ringan tidak selalu dapat menimbulkan demam tinggi dan biasanya selalu di sertai dengan kemunculan gejala lainnya seperti batuk, pilek, sakit kepala, nyeri pada telinga dan pegal-pegal. Hal ini dapat terjadi akibat infeksi virus influenza yang menyerang tubuh ketika masuk ke dalam tubuh sehingga adakalanya membutuhkan cara herbal menghilangkan lendir pada bayi apabila flu ini terjadi pada bayi.

ads

Resiko tubuh terserang oleh penyakit flu akan semakin besar apabila kondisi daya tahan tubuh saat itu sedang melemah serta kondisi cuaca yang mudah berubah juga turut andil dalam memperbesar resiko penyakit ini menyerang. Pada musim hujan biasanya flu ini menjadi lebih mudah terjadi sehingga membuat produksi lendir pada rongga tenggorokan semakin aktif dan menyebabkan pilek, walaupun sebenarnya tak hanya pada musim hujan saja flu dapat dengan mudah terjadi namun pada musim panas juga.

Penyakit flu yang dapat menimbulkan gejala pilek dan batuk ini dapat diperparah apabila pasien penyakit ini tidak menjaga jenis makanan yang dikonsumsinya dan tidak melakukan pengobatan segera dengan meminum obat yang dapat menyembuhkan serta meredakan flu dan gejalanya. Ada baiknya saat sedang mengalami flu pasien menghindari beberapa jenis makanan yang dihindari saat flu seperti di bawah ini, yaitu :

  1. Makanan olahan berbahan karbohidrat

Mengkonsumsi jenis makanan yang di dalamnya terkandung kadar karbohidrat yang tinggi sebaiknya dihindari. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat sebenarnya dapat memperparah batuk yang diderita akibat penyakit flu apalagi jika makanan karbohidrat tersebut berupaa makanan olahan. Beberapa contoh makanan olahan karbohidrat yang harus di hindari ini seperti roti, kentang goreng dan pasta.

  1. Makanan yang memperparah alergi

Penyakit flu yang terjadi akibat dampak alergi pada umumnya tidak mungkin dapat terjadi pada semua tubuh. Namun bagi tubuh yang memiliki penyakit alergi terhadap makanan atau pun alergi terhadap sesuatu dapat berdampak dan menyebabkan munculnya penyakit flu. Oleh karena itu untuk tidak memperparah keadaan ini ada baiknya tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memperparah alergi yang sedang terjadi dengan demikian hal ini menjadi salah satu cara menghentikan batuk di malam hari akibat dampak makanan yang dikonsumsi.

  1. Makanan yang diolah dengan minyak bekas

Minyak bekas yang dipakai berkali-kali dapat memperparah keadaan batuk yang sedang diderita yang dapat menyebabkan gejala penyakit flu satu ini tak kunjung sembuh.

  1. Makanan yang di goreng

Makanan yang di hindari saat flu dan batuk selanjurnya adalah jenis makanan yang di goreng yang tentunya menggunakan minyak. Minyak baik jenuh dan tak jenuh apabila di konsumsi terus menerus akan memperparah batuk dan flu sehingga dapat menimbulkan peradangan pada tenggorokan.

  1. Makanan mengandung susu atau produk olahan susu

Jenis makanan yang satu ini terbukti apabila di konsumsi saat sedang mengalami flu akan membuat kelenjar lendir bekerja dengan lebih aktif yang dapat menyebabkan penumpukan sejumlah lendir pada organ paru-paru sehingga kemungkinan sesak nafas dapat terjadi.

Sponsors Link

  1. Memakan buah dengan kandungan asam sitrat

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah memberikan khasiat berupa peningkatan daya tahan tubuh agar lebih cepat pulih dari penyakit flu. Namun pada beberapa jenis buah yang memiliki kandungan zat asam sitrat dapat memperparah flu yang sedang dialami karena dapat menyebabkan kenaikan asam hingga ke saluran penafasan pasien hingga terjadinya penumpukan lendir pada bagian ini.

  1. Makanan dengan kadar gula tinggi

Makanan manis baik yang berasal dari gula asli atau pemanis buatan dapat berpengaruh memperburuk batuk yang di alami apabila di konsumsi saat sedang flu sehingga lendir pada tenggorokan menjadi lebih kental.

  1. Makanan dingin

Makanan yang dihindari saat flu selanjutnya yaitu berupa makana dingin, jenis makanan ini akan memperparah penyakit flu dan juga asma akibat batuk yang kian parah akibat keringnya lapisan saluran pernafasan sehingga menghasilkan lendir lebih yang menghalangi masuknya oksigen ke paru-paru.

  1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya diolah dengan tidak terlalu memerhatikan takaran gizi dan nutirisi bagi yang mengkonsumsinya. Jenis makanan yang dihindari saat flu ini sangat tidak dianjurkan untuk di konsumsi saat sedang sakit flu dan batuk.

  1. Makanan yang mengandung kafein

Beberapa jenis makanan yang mengandung kafein juga ada baiknya tidak di konsumsi karena kandungan kafein dapat membuat selaput pada tenggorokan menjadi kering sehingga akan mengganggu ketika menelan makanan.

Sponsors Link

  1. Makanan kemasan

Makanan kemasan dapat berupa cemilan seperti keripik merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya tidak di konsumsi pada saat sedang flu. Selain dapat memperburuk batuk, zat kimia yang terkandung di dalamnya juga dapat mempengaruhi kesehatan walaupun dalam jangka panjang baru akan terasa dampaknya.

  1. Makanan kalengan

Jenis makanan ini juga ada baiknya di hindari karena biasanya makanan seperti ini sudah tidak segar lagi dan telah di campur beberapa jenis bahan lainnya.

Penyakit flu yang disertai dengan gejala batuk dan pilek dapat di atasi dan dicegah untuk terjadi dengan melakukan beberapa hal di bawah ini :

  • Memenuhi asupan nutrisi dan vitamin setiap harinya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi batuk pilek pada anak secara efektif.
  • Rajin mengerakan tubuh dengan berolahraga ringan.
  • Minum air putih yang banyak setiap harinya dapat membantu dan menjadi solusi sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan saat menelan makanan.
  • Menghindari makanan yang di goreng dan yang dapat menyebabkan panas dalam.
  • Menggunakan masker ketika berada di luar ruangan.

Penyakit flu ringan akibat infeksi virus ini merupakan salah satu penyakit yang dapat di tularkan ke orang lain melalui udara. Mengkonsumsi asupan vitamin C dan jenis sayuran yang bagus untuk flu dapat menjadi salah satu cara penyembuhan yang efektif karena jenis vitamin ini dapat mengembalikan daya tahan tubuh seperti semula dalam mencegah tubuh menjadi mudah sakit.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman