Sponsors Link

12 Manfaat Daun Sirih Untuk Sinusitis yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Daun sirih mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Daun sirih juga sudah menyebar dimana-mana dan dapat kita miliki. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata daun sirih juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan, terutama pada bidang kesehatan. Pada kali ini, daun sirih ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan sinusitis, baik sinusitis kronis hingga sinusitis berulang.

ads

Manfaat daun sirih untuk sinusitis ini akan sangat berguna bukan hanya mencegah dan mengurangi tapi juga dapat menyembuhkan sinusitis itu sendiri. Bahkan hingga pada gejala-gejala dan efek samping yang dihasilkan oleh sinusitis. Berikut ini beberapa penjelasan tentang manfaat daun sirih untuk sinusitis yang baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Daun Sirih Untuk Sinusitis

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang kaya akan khasiatnya, karena mengandung berbagai zat baik bagi kesehatan kita. Seperti hidroksikavicol, kavibetol, kavicol, astisi, estagol, dan sebagainya. Dengan zat seperti ini yang mendukung daun sirih untuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama pada pengobatan sinusitis. Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk sinusitis karena alergi:

  1. Daun sirih ternyata mengandung tannin, alkaloid, gula dan minyak esensial yang berguna untuk meringankan dan mengatasi berbagai gejala-gejala sinusitis.
  2. Daun sirih juga dipercaya untuk mengatasi mimisan yang terjadi akibat luka sinusitis yang menyebabkan pendarahan. Ini didukung dengan zat dari sinusitis seperti eugenol, estragol, terpennnena, cadinene, diastase dan kandungan gula dan pati yang bekerja menghentikan pendarahan.
  3. Daun sirih juga dapat bekerja menyembuhkan peradangan yang terjadi pada tenggorokan Anda. Peradangan ini dapat terjadi sebagai efek samping atau gejala yang timbul akibat sinusitis.
  4. Sinusitis juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada mulut, dengan menggunakan sinusitis dengan benar akan membantu menghilangkan bau tidak sedap di mulut Anda. Juga dapat membersihkan kuman-kuman yang bersarang pada area mulut yang dekat dengan sinus.
  5. Selain itu, sinusitis yang berulang dapat menyebar hingga ke area mata dan menyebabkan iritasi. Anda dapat mengonsumsi daun sirih untuk menyembuhkan gejala ini.
  6. Daun sirih dapat pula bekerja untuk mengobati batuk yang terjadi karena sinusitis. Batuk ini dapat muncul kapan saja dan dua kali lebih sering pada malam hari. Segera atasi dengan mengonsumsi daun sirih.
  7. Sebagai obat herbal, daun sirih juga dapat menggantikan anti inflames, anti septic dan pendingin kulit yang mampu mengatasi sinusitis tanpa operasi.
  8. Anda juga dapat mrnggunakan daun sirih merah, yang akan menyembuhkan gusi berdarah karena sinusitis. Gusi berdarah yang Anda alami juga akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.
  9. Selain menggunakan daun sirih merah, Anda juga dapat menggunakan daun sirih hijau. Daun sirih hijau ini mampu mengobati luka yang disebabkan dari buah penyembuh sinusitis kronis maupun sinusitis berulang.
  10. Daun sirih hijau ini juga mampu meredahkan rasa nyeri, mengobati gangguan pencernaan serta menurunkan berat badan. Hal ini didukung oleh daun sirih yang dapat bekerja sebagai analgenesik alami atau penawar rasa sakit.
  11. Selain itu, daun sirih hijau mampu bekerja sebagai anti-kanker yang mencegah virus ataupun bakteri dari perbedaan sinusitis akut dan kronis yang berkembang menjadi kanker.
  12. Ketika sinus menyebar ke area mata, seperti yang dijelaskan sebelumnya – daun sirih ini juga mampu mengobati secara keseluruhan penyakit yang terjadi pada mata bukan hanya sinus, tapi juga penyakit seperti iritasi karena debu ataupun benda luar yang menyentuh mata.

Selain manfaat daun sirih untuk sinusitis di atas, Anda juga perlu tau cara mengonsumsi daun sirih yang baik agar sinusitis yang Anda alami dapat segera teratasi.

Pengobatan dengan daun sirih

Ini dimaksudkan agar Anda dapat mengetahui cara mengonsumsi daun sirih untuk menyembuhkan sinusitis yang wajib anda coba ramuan tradisional sinusitis akut yang telah lama Anda alami. Berikut penjelasannya.

  • Siapkan 7 lembar daun sirih apa saja,
  • 7 butir cengkeh
  • 3 buah jeruk nipis
  • 2 ruas jari jahe
  • Dan, 5 batang sereh
Sponsors Link

Cara menggunakannya, adalah seperti berikut:

  • Cuci semua bahan lalu tumbuk batang sereh namun diusahakan untuk tidak hancur, setelah itu tumbuk halus jahe.
  • Belah jeruk nipis menjadi 4 bagian, lalu rebus semua bahan dengan air sebanyak 6 gelas.
  • Setelah mendidih, tunggu hingga air rebusan tersebut tersisa hingga menjadi 3 gelas.

Hal ini dimaksudkan, rebusan tersebut perlu Anda konsumsi 3 kali sehari setelah makan. Namun, untuk sekali minum cukup setengah gelas saja.

Tips lain untuk menggunakan daun sirih ialah seperti dibawah ini:

  1. Meredakan pendarahan cukup masukan selembar gulungan daun sirih merah ke dalam hidung tersumbat setelah operasi sinusitis.
  2. Untuk mengobati gusi yang berdarah, cukup merebus 10 lembar daun sirih dan gunakan untuk kumur 3 kali sehari.
  3. Pada pengobatan batuk, cukup dengan merebus 5 lembar daun sirih dan minum 2 kali sehari.
  4. Dalam mengatasi bau mulut, kumur dengan rebusan daun sirih merah selama pagi dan sore hari. Ini juga dapat mengatasi nyeri yang Anda alami.
  5. Untuk melancarkan pencernaan, cukup dengan meminum rebusan daun sirih hijau dan gunakan minyak daun sirih hijau untuk mengurapi perut yang akan berguna untuk memperlancar pencernaan.
  6. Untuk pengobatan mata, rebus 20 lembar daun sirih hijau atau daun sirih merah lalu saring. Hasil saringannya dapat Anda gunakan untuk mencuci mata selama 10 menit.

Demikianlah manfaat daun sirih untuk sinusitis yang tidak hanya menyebuhkan sinusitis tapi juga mengatasi gejala-gejala yang timbul karena sinusitis. Selain itu, tetap berkonsultasi pada dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal