Sponsors Link

8 Manfaat Kencur Untuk Batuk Berdahak Langsung Sembuh

Sponsors Link

Batuk berdahak adalah kondisi dimana seseorang akan memproduksi lebih banyak lendir ketika batuk. Baik berupa batu kering maupun batuk berdahak, keduanya memang akan sangat menggangu dimana anda akan terkendala dengan adanya penyakit dan gangguan batuk tersebut. batuk berdahak sendiri bisa terjadi oleh beragam hal seperti batuk berdahak hijau yang terjadi akibat infeksi. Ketika mengalami kondisi ini akan banyak orang yang melakukan cara pengobatan termasuk mencari tahu cara alami menyembuhkan batuk berdahak. Ramuan herbal dari dulu memang telah di percaya dalam mengatasi batuk. Tanpa terkecuali jenis batuk berdahak, salah satu jenis tanaman obat yang sering digunakan manfaat kencur untuk batuk berdahak dalam penanganan batuk berdahak adalah kencur.

ads

Batuk sendiri bisa di redakan dan disembuhkan denganbeberapa obat-obatan yang di jual bebas di apotik dan di toko. Ada beberapa jenis obat batuk yang memiliki beberapa mekanisme kerja sebagai berikut :

  • Adanya kandungan zat pelumas yang akan melunakan batuk hingga tidak menyebabkan tenggorokan kering.
  • Zat yang melarutkan dahak hingga akan lebih mudah di keluarkan dan nama zat tersebut adalah mukolitika.
  • Zat ekspektoransia yang nantinya berperan dalam pengenceran dahak dan akan memudahkan pengeluaran dahak dan mengatasi keluhan dahak yang kental.
  • Efek sedatif yang bersifat menenangkan dan meredakan berasa dari antihistamin
  • Anestetika lokal yang akan menghambat penerusan dari ransangan batuk yang di jalarkan menuju pusat batuk.

Namun penggunaan obat-obat batuk yang bersifat kimiawi akan menimbulkan beberapa efek tertentu. Biasanya efek negatif yang umum menyertai sembuhnya gejala batuk dikarenakan penggunaan obat kimiawi adalah timbulnya rasa kantuk yang berlebihan hingga akan menggangu aktifitas sehari-hari anda tentunya. Walaupun penggunaan obat-obatan tersebut akan mempercepat meghilangkan gejala dan menyembuhkan batuk lebih cepat. Selain hal tersebut, penggunaan obat batuk yang berlebihan dan terlampau sring akan menyebabkan penurunan konsentrasi dan menyebabkan reaksi mual, pusing hingga muntah.

Khasiat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah di jelaskan diatas bahwa salah satu obat alami yang bisa mengatasi batuk berdahak dan cara mengobati tenggorokan gatal adalah dengan menggunakan kencur. Kencur memiliki beberapa manfaat kesehatan antara lain:

  • Meredakan Kembung

Kencur memang terkenal sebagai bahan makanan yang berkhasiat sebagai penghangat tubuh. Inilah mengapa kencur menjadi ramuan yang sering digunakan sebagai pengatasi masuk angin maupun perut kembung.

  • Mengatasi batuk

Jika anda menggunakan kencu sebagai obat batuk, maka manfaat kencur untuk batuk berdahak sebagai kandungan senyawa di daam kencur akan membantu dalam melegakan pernafasan dan membantu dalam mengencerkan dahak.

  • Mengobati Terkilir atau Keseleo

Karena senyawa di dalam kencur bia berfungsi sebagai penghangat alami, maka otot atau urat yang tegang bisa diatasi dengan penggunaan kencur tersebut.

  • Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan juga bisa di redakan dengan bantuan kencur ini. Tidak terbukti ampuh dalam melegakan penafasan dan mengobati batuk berdahak saja, loh!

Sponsors Link

  • Pengobatan Sakit Maag

Agar seorang penderita maag bisa mendapatkan keadaan lambung yang lebih sehat maka di sarankan untuk menggunakan ramuan kencur ini.

  • Pereda Diare

Ramuan alami yang sering digunakan untuk meredakan gejala diare adalah dengan menggunakan ramuan kencur dan terbukti efektif.

  • Penghilang Rasa Nyeri

Minyak asitri yang terkandung didalam kencur ini efektif manfaat kencur untuk batuk berdahak sebagai obat penghilang rasa nyeri. Bahkan anda bisa mengatasi keluhan pegal-pegal dengan menggunakan ramuan kencur tersebut.

  • Antooksidan
ads

Kencur merupakan salah satu sumber penyedia zat anti oksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Ramuan Kencur Untuk Batuk Berdahak

Selain mengetahui pantangan makan saat batuk berdahak dan menghindari makanan yang dilarang saat batuk, tnetunya anda juga harus mencari solusi dalam meredakan dan mengobati gejala batuk tersebut. Sejak dahulu, kencur yang merupakan salah satu rempah asli indonesia memang di percaya ampuh dalam mengatasi keluhan batuk berdahak. Berikut beberapa tips meredakan batuk berdahak menggunakan kencur yang bisa anda lakukan di rumah:

  • Menggunakan Kencur Mentah

Anda bisa meredakan gejala batuk berdahak hanya dengan cara mengunyah kencur mentah tersebut. kunyahlah kencu secara halus dan kemudian menelannya sebanyak 2 hingga 3 siung mentah. Ini di percaya amouh mengatasi keluhan batuk berdahak walaupun rasanya mungkin agak aneh.

  • Kencur dan Jahe

Kombinasi 2 jenis rempah ini akan menghasilkan sebuah ramuan efektif dalam menangani batuk berdahak. Rebus air dengan campuran kedua rempah tersebut dan kemudian minumlah air perasnnya.

  • Perasan Kencur

Selain mengkombinasikan kencur dengan jahe, anda bisa merek=dakan batuk hanya dnegn menggunakan ramuan air kencur. Haluskan kencur dan kemudian saring airnya. Anda bisa mencampurkan air saringan tersebut dengan air hangat agar lebih terasa hangat di tenggorokan dan kemudian memberikan efek menenagkan.

  • Kencur dan Madu

Anda bisa mebgkombinasikan kencur dan madu agar  air perasan kencur dapat berkhasiat secara optimal dan nantinya rasa dari perasan tersebut tidak terlalu aneh. Minumlah air perasan kencur yang dicampurkan dengan beberapa tetas madu secara rutin saat batuk berdahak

Demikianlah beberapa tips dalam penggunaan kencur sebagai obat batuk alami yang bisa menyembuhkan batuk berdahak. Kebanyakan orang akan lebih suka menggunakan penggunaan obat herbal daipada menggunakan obat-obatan medis. Selain lebih aman, menggunakan obat dan ramuan herbal lebih mudah dan praktis, bukan?

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal