Sponsors Link

3 Manfaat Obat Batuk Grantusif yang Sayang Dilewatkan

Sponsors Link

Grantusif merupakan salah satu obat yang menjadi cara ampuh mengatasi batuk, batuk adalah sebuah mekanisme alami pertahanan tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari adanya iritasi, kuman, dan juga benda asing.

ads

Batuk merupakan penyakit yang kerapkali menyerang manusia, baik anak-anak, remeja, hingga orang dewasa pun bisa dipastikan pernah mengalami batuk. Jenis-jenis batuk memang beraneka ragam, namun umunya batuk yang sering terjadi ialah batuk kering, dan batuk berdahak.

Batuk tergolong kedalam salah satu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, batuk yang tak berbahaya dapat sembuh kurang dari satu minggu. Meskipun tergolong penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya, disarankan untuk tak menyepelekan batuk yang Anda diderita. Selain mengganggu, batuk yang terjadi lebih dari satu minuggu bisa menjadi salah satu penyebab penyakit lain yang berbahaya, misanya bronkitis, bronkitis astemik, dan lainnya.

Untuk mengatasi batuk dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari menggunakan buah apel menghilangkan batuk, khasiat obat batuk Epexol dan menggunakan manfaat obat batuk grantusif. Gantusif sendiri memiliki kadungan berupa Dextromethorphan HBr, Glycerilguaiacolat, dan Diphenhydramine HCl.

Manfaat Obat Batuk Grantusif

Selain mampu mengatasi salah satu masalah pernapasan, batuk. Manfaat obat batuk Grantusif akan dijelaskan sebagai berikut, antara lain adalah :

  1. Mengatasi Batuk

Manfaat obat batuk Grantusif yang pertama adalah mengatasi batuk, kandungan Dextromethorphan HBr merupakan salah satu penyebabnya. Cara kerja Dextromethorphan HBr yaitu dengan menekan keinginan untuk batuk yang langsung berasal dari otak.

Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati batuk kering yang disertai pilek dan juga flu. Obat Grantusif tidak dapat digunakan untuk mengatasi penyebab batuk berdahak dan batuk yang dikarenakan kondisi tertentu, contohnya kebiasaan merokok dan asma.

  1. Meredakan Batuk

Glycerilguaiacolat atau juga disebut dengan nama guaifenesin memiliki peran dalam meredakan batuk. Obat ini seperti melengkapi Dextromethorphan HBr yang tak bisa mengatasi dahak. Selain berfungsi untuk meredakan batuk, Glycerilguaiacolat merupakan jenis espektoran yang dikenal sebagai cara mengobati batuk berdahak.

Kendati mempunyai manfaat obat batuk grantusif dalam mengatasi batuk berdahak, zat aktif ini tidak dianjurkan digunakan bagi penderita batuk dengan waktu yang lama.

  1. Mengatasi Gejala Flu

Manfaat obat batuk grantusif berikutnya adalah mengatasi gejala flu dan alergi, misalnya bersin-bersin, gatal-gatal pada tenggorokan, hidung gatal, hidung mampet, mata gatal, mata berair, mata merah, dan gejala lainnya.

Dosis obat batuk Grantusif

Obat batuk grantusif tergolong sebagai obat bebas terbatas, yang memiliki arti dapat digunakan tanpa harus menggunakan resep dokter dengan jumlah tertentu dan masih dapat dibeli di apotik maupun toko obat resmir. Berikut merupakan dosis yang umumnya digunakan :

  • Bagi dewasa dan anak diatas usia 12 tahun yaitu 1 – 2 kalpet diberikan 3 kali sehari.
  • Untuk anak usia 6 -12 tahun, berikan ½ (setengah) hingga 1 kaplet, diberikan 3 kali sehari.

Agar memperoleh manfaat obat batuk grantusif, patuhi dosis yang harus digunakan. Serta menghindari makanan yang dilarang saat batuk dan makanan yang dihindari saat flu.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan